7 Ciri mahluk hidup

ciri-ciri mahluk hidup : bernafas, bergerak, berkembang biak, memerlukan makanan dan minuman, tumbuh dan berkembang, menyesuaikan diri dengan lingkungan serta peka terhadap rangsangan
7 Ciri Mahluk Hidup

Bismillahirrahmaanirrahiim

Secara garis besar, benda di alam semesta ini terdiri dari benda tak hidup dan benda hidup (mahluk hidup). Dalam biologi, benda tak hidup disebut dengan abiotik dan mahluk hidup disebut dengan biotik. Contoh abiotik antara lain air, udara, batu, cahaya matahari, kendaraan dan lain-lain. Adapun contoh biotik yaitu manusia, hewan, tumbuhan, mikroba dan lain-lain.

Pengelompokkan abiotik dan biotik didasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki oleh benda tersebut. Ciri-ciri yang dimiliki oleh biotik seperti memiliki kemampuan bereproduksi, bergerak, peka terhadap rangsang dan lainnya. Bila suatu benda tidak memiliki salah satu dari ciri biotik, maka benda tersebut dikelompokkan ke dalam abiotik.

Apa kamu mengetahui seluruh ciri-ciri dari dari biotik atau mahluk hidup ? Pada mahluk hidup terdapat 7 ciri. Apa saja 7 ciri mahluk hidup tersebut. Artikel ini akan menjelaskan 7 ciri dari mahluk hidup sehingga membedakannya dengan mahluk tidak hidup. Baca sampai tuntas ya...

Ciri-ciri Mahluk Hidup

Suatu benda dapat digolongkan ke dalam mahluk hidup karena memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan mahluk tidak hidup. Ciri-ciri tersebut antara lain : mampu bernafas, memerlukan makanan dan minuman, bergerak, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, peka terhadap rangsang dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berikut ini penjelasan dari masing-masing ciri mahluk hidup.

1. Bernafas

Setiap mahluk hidup akan bernafas. Selama kamu hidup, kamu akan bernafas setiap saat bahkan ketika kamu tidur. Ketika bernafas, kamu akan memasukkan oksigen (O₂) dan mengeluarkan karbondioksida (CO₂). Coba kamu tahan nafas selama 30 detik. Kira-kira apa yang kamu rasakan? Yups, kamu akan merasakan dadamu sesak. Hal tersebut membuktikan bahwa ketika tubuh kekurangan oksigen maka dadamu akan sesak.

Baca juga : Sistem pernafasan manusia dan fungsinya

Oksigen yang masuk ketika bernafas akan digunakan untuk mengubah zat makanan menjadi energi. Jadi zat makanan berupa glukosa dalam tubuh akan diurai menjadi molekul yang lebih kecil menjadi karbondioksida dan air (H₂O) dengan melepaskan energi. Proses pemecahan molekul glukosa yang kompleks menjadi molekul sederhana (karbondioksida dan air) disebut katabolisme.

Tubuhmu dapat melakukan kegiatan bernafas karena memiliki sistem pernafasan. Sistem pernafasan terdiri atas organ-organ pernafasan seperti hidung, paru-paru dan lainnya. Hidung akan berusaha menghalau benda asing yanf masuk bersama udara dan menyesuaikan suhu udara yang masuk ke dalam tubuh. Adapun paru-paru berperan sebagai tempat pertukaran gas. Gas oksigen akan akan diserap ke sel darah, dan karbondioksida akan dilepas ke paru-paru untuk dikeluarkan melalui hidung.

Organ-organ pernafasan tersebut akan terus bekerja agar tubuhmu cukup memperoleh oksigen dan membersihkan tubuhmu dari zat sisa pernafasan. Bila ada satu organ yang terganggu atau rusak maka akan menpengaruhi kerja organ pernafasan lainnya. Jadi, jagalah organ pernafasanmu dengan baik agar selalu sehat sehingga dapat bekerja dengan baik.

Mahluk tidak hidup tidak mempunyai kemampun bernafas walaupun benda tersebut memililki saluran pembuangan karena tidak memiliki organ pernafasan sehingga tidak memiliki kemampuan untuk memasukkan oksigen dalam tubuhnya. Contohnya adalah motor. Di dalam mesin motor terjadi pembakaran bahan bakar dan menghasilkan karbon dioksida dan air serta energi, kemudian karbondioksida akan dikeluarkan melalui knalpot.

2. Memerlukan makanan dan minuman

Setiap mahluk hidup memerlukan makanan dan minuman, termasuk kamu (jika kamu termasuk mahluk hidup..hehe). Tujuan kamu makan dan minum, untuk memperoleh nutrisi yang terkandung dalam makanan dan memenuhi kebutuhan air. Nutrisi seperti karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat akan digunakan sebagai bahan pembentuk energi melalui proses metabolisme. Energi tersebut akan digunakan sebagai penggerak organ tubuhmu sehingga kamu dapat belajar, berjalan, berbicara, berfikir dan lain-lain. Bayangkan bila tubuhmu kurang energi, maka yang akan terjadi adalah tubuhmu akan lemas dan tidak mampu melakukan aktivitas. Selain itu, energi juga dipakai untuk memelihara organ-organ tubuhmu sehingga organ tubuhmu tetap awet dan bertahan lama. Adapun air dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah dehudrasi dan memudahkan metabolisme tubuh.

Agar dapar mengolah makanan, tubuhmu dilengkapi dengan organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan. Organ-organ pencernaan tersebut akan menyusun sistem pencernaan. Kegiatan organ pencernaan tersebut meliputi pemecahan makanan, penguraian zat makanan dan pembusukan makanan. Hasil dari pencernaan makanan berupa nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

3. Bergerak

Salah satu ciri mahluk hidup adalah bergerak. Bergerak merupakan kegiatan yang membuat mahluk hidup berubah kedudukannya (berpindah tempat). Manusia, hewan dan tumbuhan bergerak dengan tujuannya masing-masing. Hewan dan tumbuhan bergerak untuk mencari makan, menghindari musuh, mempertahankan diri dan mencari pasangan. Adapun tujuan manusia bergerak yaitu untuk kesehatan, ekonomi, sosial dan lain-lain.

Kamu dapat bergerak karena tubuhmu mempunyai organ gerak yang membentuk sistem gerak. Organ yang menyusun sistem gerak manusia tulang, otot dan sendi. Tulang berfungsi sebagai alat gerak pasif, sendi berfungsi sebagai penyambung atau penghubung antar tulang dan otot berfungsi sebagai alat gerak aktif melalui kontraksi serta relaksasi otot.

Coba kamu bayangkan bila salah satu organ gerakmu bermasalah seperti terkilir, maka kamu tidak dapat bergerak bebas dan nyaman. Apalagi jika sampai patah tulang, maka kamu tidak dapat menggerakkan bagian tubuh tersebut. Jadi, jagalah dan pelihara organ-organ gerakmu dengan baik supaya kamu dapat tetap bergerak bebas dan nyaman.

4. Tumbuh dan berkembang

Coba kamu perhatikan kondisi tubuhmu saat bayi sampai sekarang. Apakah ada perubahan ukuran dan bentuk? Jika tidak ada, maka tubuhmu harus diperiksa. Hehe. Bila ada perubahan ukuran dan bentuk, maka kamu sudah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hal itu menunjukkan bahwa tubuhmu sehat. Jadi perhatikan tubuhmu ya..

Pertumbuhan merupakan bertambahnya jumlah dan ukuran sel yang menyebabkan perubahan ukuran dan bentuk fisik dari tubuh. Pertumbuhan bersifat kuantitatif dan irreversibel. Kuantitaif artinya dapat diukur dengan alat ukur seperti bobot badan dan tinggi badan. Irreversibel artinya tidak dapat kembali ke bentuk semula.

Perkembangan merupakan bertambahnya kemampuan organ dalam menjalankan fungsinya. Perkembangan seseorang menunjukkan kedewasaan organ tubuhnya. Contohnya adalah ketika kamu mengalami pubertas, maka akan terjadi perubahan terhadap bentuk tubuh dan suarmu. Perubahan tersebut dikarenakan oleh organ reproduksimu sudah menghasilkan hormon testosteron pada laki-laki dan estrogen pada perempuan.

5. Berkembang biak

Berkembang biak merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh keturunan sehingga mahluk hidup dapat mempertahankan jenisnya. Dalam biologi, kemampuan berkembang biak dikenal dengan reproduksi. Manusia dapat bereproduksi karena dalam tubuhnya terdapat sistem reproduksi yang tersusun atas organ-organ reproduksi.

Baca juga : Definisi dan struktur serta fungsi sistem organ reproduksi manusia pada laki-laki dan wanita

Jika kamu laki-laki, sistem reproduksimu terdiri dari testis, epididimis, vas deferens, vesikula seminalis, kelenjar cowper, kelenjar prostat dan penis. Sistem reproduksi laki-laki akan menghasilkan sel sperma yang dibentuk melalui proses spermatogenesis.

Bila kamu perempuan, sistem reproduksimu tersusun atas ovarium, tuba falopi, uterus dan vagina. Organ-organ reproduksimu akan menghasilkan sel telur yang dibentuk dari proses oogenesis, sebagai tempat perkembangan janin, dan tempat fertilisasi.

Baca juga : Bagaimana Spermatogenesis dan Oogenesis Terjadi - IPA MTs

Sistem reproduksi akan menentukan kemampuanmu dalam menghasilkan keturunan dan sifat dari keturunanmu kelak. Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat orang yang sudah lama menikah tetapi belum dikaruniai anak. Hal tersebut dapat saja disebabkan oleh kondisi sel sperma dan sel telurnya yang kurang baik sehingga tidak terjadi pembuahan. Jadi, kamu jaga dan pelihara organ reproduksimu dari makanan dan minuman serta perilaku atau tindakan yang buruk. Patuhilah norma agama, masyarakat dan negara.

Selain manusia, hewan dan tumbuhan juga dapat bereproduksi. Reproduksi hewan dilakukan dengan dua cara yaitu secara seksual dan aseksual. Pada tumbuhan seperti lumut dan paku, bereproduksi secara metagenesis. Jadi, bereproduksi merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh mahluk hidup.

Baca juga : Reproduksi Tumbuhan Paku dan Lumut - IPA MTs

6. Peka terhadap rangsang

Apa yang kamu lakukan ketika matamu disenteri cahaya oleh temanmu? Biasanya kamu akan memejamkan mata, menoleh atau menutupi mata dengan tanganmu. Hal tersebut menunjukkan bahwa matamu peka terhadap rangsangan berupa cahaya. Bukan kamu saja yang peka terhadap rangsang, hewan dan tumbuhan juga peka terhadap rangsang yang mengenai bagian tubuh hewan dan tumbuhan. Contohnya adalah ketika kamu berteriak ke kucing yang membuat kucing lari dan ketika kamu menyentuh daun putri malu yang membuat daun tersebut menutup. Jadi, peka terhadap rangsang merupakan ciri mahluk hidup.

Pada manusia, kemampuan peka terhadap rangsang disebabkan adanya sel saraf yang terdapat di kulit, mata, hidung atau telinga. Sel saraf tersebut akan merespon rangsangan dari luar tubuh seperti cahaya, bunyi, zat kimia, sentuhan, tekanan dan panas, yang mengenai tubuh. Rangsangan tersebut akan dibawa ke otak dan diproses sehingga menghasilkan respon terhadap rangsang.

7. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan

Ketika cuaca dingin, kira-kira apa yang kamu lakukan ? Pilih jawabannya di bawah ini.

  1. Memakai jaket
  2. Memakai selimut
  3. Mekakai kaus kaki dan sarung tangan
  4. Meminum air hangat
  5. Makan mie instan
  6. Menggerakkan tubuh
  7. Menyalakan penghangat ruangan
  8. Semua dilakukan..

Ketika cuaca dingin atau tubuhnya kedinginan biasanya seseorang akan melakukan salah satu kegiatan di atas. Kegiatan tersebut menunjukkan bahwa seseorang sedang menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan. Dalam biologi, kemampuan menyesuaikan diri terhadap lingkungan disebut adaptasi.

Baca juga : Memahami pengertian adaptasi pada mahluk hidup dan jenisnya serta seleksi alam - IPA MTs

Apakah kamu tahu, jika hewan dan tumbuhan juga melakukan adaptasi? Yups, hewan dan tumbuhan juga melakukan adaptasi, contohnya kerbau yang akan berkubang di lumpur saat cuaca panas agar mengurangi panas pada tubuhnya atau tumbuhan yang menggugurkan daunnya saat musim kemarau agar mengurangi keluarnya air dari tubuhnya. Hewan dan tumbuhan berdaptasi agar dapat melangsungkan hidupnya.

Penutup

Berdasarkan uraian di atas, mudah-mudahan kamu dapat memahami bahwa suatu benda dapat digolongkan sebagai mahluk hidup harus memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan di atas. Ketika benda tersebut tidak memiliki salah satu ciri tersebut, maka tidak dapat masukkan ke dalam mahluk hidup, contohnya adalah mobil. Mobil dapat bergerak, mengeluarkan karbondioksida, membutuhkan makanan berupa bahan bakar tetapi mobil tidak dapat berkembang biak, beradaptasi dan tidak peka terhadap rangsang, maka mobil bukan termasuk mahluk hidup.

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri mahluk hidup. Mudah-mudahan dapat menambah pengtahuan dan pemahaman mengenai ciri-ciri mahluk hidup. Kami berharap, kamu dapat saling berbagi dengan membagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka memperoleh manfaat juga. Baca juga artikel lainnya di www.ipamts.com.

Bagikan artikel:

Translate

Pencarian