Pembahasan soal uji kompetensi teknologi ramah lingkungan kelas 9

Pembahasan Soal Uji Kompetensi Teknologi Ramah Lingkungan Mapel IPA Kelas 9 Tingkat SMP/MTs

Bismillahirrahmanirrahiim

Hai, apa kabar pembaca situs IPA MTs ? Mudah-mudahan kalian senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat dan mood yang bagus. Aamiin.

Postingan kali ini berusaha mencari jawaban dari soal-soal yang terdapat dalam uji kompetensi materi teknologi ramah lingkungan. Materi ini terdapat pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas IX semester 2 edisi revisi 2018 halaman 245-247. Jawaban dari soal-soal tersebut disertai pula dengan pembahasan agar kalian dapat memahami materi tersebut.

Perlu kalian ingat, jawaban dan pembahasan belum tentu benar. Jadi kalian sebaiknya mencari referensi dari buku atau situs lain yang relevan juga berdiskusi dengan guru atau orang yang memahami materi teknologi ramah lingkungan. Ok, berikut pembahasan dari soal uji kompetensi teknologi ramah lingkungan. Bacalah dengan santai dan tenang. Selamat membaca.

A. Pembahasan soal pilihan ganda uji kompetensi teknologi ramah lingkungan

1. Sumber energi yang paling aman bagi lingkungan adalah....

  • A. Nuklir
  • B. Batu bara
  • C. Matahari
  • D. Minyak bumi

Pembahasan :

Sumber energi yang aman bagi lingkungan setidaknya memiliki dua kriteria yaitu ketersediaan sumber energi yang terus menerus ada (melimpah dan terbarukan) serta tidak menimbulkan bahaya bagi lingkungan atau kehidupan manusia dalam proses pembuatan dan penggunaannya. Untuk lebih lengkapnya mengenai teknologi ramah lingkungan dan prinsipnya dapat kamu baca di artikel Pengertian dan prinsip teknologi ramah lingkungan.

Saat ini sumber energi yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia yaitu minyak bumi dan batu bara. Akan tetapi, ketersediaan minyak bumi dan batu bara semakin menipis karena termasuk ke dalam sunber energi tidak terbarukan. Selain itu, dalam proses pembuatan dan pemanfaatannya memberikan beberapa dampak bagi lingkungan dan kehidupan manusia seperti pencemaran udara, air dan tanah.

Adapun nuklir, walaupun efektif sebagai sumber energi dan tidak memiliki efek samping ketika berhasil memanfaatkannya, tetapi dalam prosesnya membutuhkan kehati-hatian yang sangat ketat karena apabila terjadi kesalahan seperti kebocoran reaktor nuklirnya dan menyebar ke lingkungan maka menimbulkan kerusakan yang parah bagi ekosistem.

Nah, berdasarkan pembahasan di atas, kamu tentu sudah mengetahui jawabannya. Yups, sumber energi yang aman bagi lingkungan adalah matahari karena ketersediaannya yang akan terus ada selama kehidupan ini berlangsung dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya saat penggunaannya. Walaupun masih membutuhkan penelitian dan biaya yang besar agar dapat sepenuhnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi manusia serta menggantikan sumber energi fosil dan nuklir. (C)

2. Minyak mentah dapat diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, avtur, kerosin serta aspal. Prinsip dasar dalam pengolahan minyak mentah tersebut adalah....

  • A. Penyaringan berdasarkan ukuran molekul
  • B. Penyaringan berdasarkan berat jenis molekul
  • C. Pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih
  • D. Pemisahan berdasarkan kelarutannya pada pelarut tertentu

Pembahasan :

Minyak bumi merupakan cairan berwarna hitam, lengket dan terdiri dari senyawa hidrokarbon, sulfur, oksigen dan nitrogen. Minyak bumi dapat diolah sebagai bahan baku bensin, avtur, kerosin, aspal dan LPG. Pengolahan minyak bumi dilakukan melalui penyulingan atau destilasi. Penyulingan atau destilasi dilakukan dengan pemanasan dan pemisahan berdasarkan titik didih. (C)

3. Pembakaran batu bara sebagai sumber energi dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. Berikut ini yang merupakan dampak negatif pembakaran batu bara adalah....

  • A. Menyebabkan polusi udara
  • B. Menghasilkan zat radioaktif
  • C. Menghasilkan natrium klorida
  • D. Menyebabkan pencemaran tanah

Pembahasan :

Batu bara merupakan bahan bakar yang mengandung karbon (C) dan sulfur (S). Ketika batu bara dibakar, karbondioksida dan sulfur dioksida dilepas ke udara. Kedua senyawa tersebut merupakan polutan karena mudah berikatan dengan ozon dan uap air di udara sehingga menimbulkan pencemaran atau polusi udara. (A)

4. Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari....

  • A. Bioteknologi
  • B. Bioremediasi
  • C. Teknologi modern
  • D. Teknologi ramah lingkungan

Pembahasan :

Berikut ini pengertian dari pilihan-pilihan di atas.

Bioteknologi adalah pemanfaatan organisme (seperti jamur dan bakteri) maupun  bagian dari organisme untuk menghasilkan produk atau jasa yang berguna bagi kesejahteraan manusia.

Baca juga : Pengertian bioteknologi konvensional dan modern serta perbedaannya

Bioremediasi adalah pemanfaatan mikroorganisme seperti bakteri, fungi, alga, yeast dan enzim yang dihasilkan mikroorganisme untuk menguraikan bahan kimia atau limbah yang mencemari lingkungan.

Teknologi modern adalah suatu cara atau alat untuk memudahkan manusia dalam memecahkan masalah atau membuat produk yang berguna dengan memanfaatkan pengetahuan terkini.

Teknologi ramah lingkungan adalah bentuk aplikasi teknologi dengan tujuan memberi kemudahan bagi aktivitas dan pemenuhan kebutuhan manusia dengan memperhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Prinsip dari teknologi ramah lingkungan antara lain tidak menghasilkan limbah berbahaya dan menggunakan sumber energi yang dapat diperbaharui. (D)

5. Berikut ini bukan merupakan prinsip-prinsip teknologi yang tetap menjaga kelestarian lingkungan adalah....

  • A. Menjaga keberlangsungan lingkungan di masa depan
  • B. Memperhatikan keseimbangan lingkungan, sosial dan ekonomi
  • C. Menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui
  • D. Menggunakan bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang

Pembahasan :

Berdasarkan penelusuran kami di beberapa laman, teknologi ramah lingkungan memiliki 8 prinsip antara lain :

  1. Refine yang berarti memanfaatkan bahan atau proses yang ramah lingkungan.
  2. Reduce yang berarti mengurangi penggunaan bahan yang sulit terurai (tidak ramah lingkungan) dan mengurangi limbah yang berbahaya dari sebuah teknologi.
  3. Reuse yang berarti menggunakan kembali teknologi, bahan atau limbah seperti fungsi awal atau berbeda.
  4. Recycle yang berarti menggunakan teknologi, bahan atau limbah dengan bentuk dan fungsi yang berbeda dari awal.
  5. Recovery yaitu pemakaian material tertentu dari limbah yang diproses untuk keperluan lain.
  6. Retrieve energy merupakan penghematan energi ketika menggunakan teknologi (teknologi hemat energi).
  7. Sumber energi yang dapat diperbarui yang berarti teknologi  tersebut memanfaatkan sumber energi yang dapat diperbarui seperti angin, air, dan sinar matahari.
Berdasarkan uraian di atas, kamu dapat mengetahui bahwa yang bukan merupakan prinsip teknologi ramah lingkungan yaitu menggunakan bahan-bahan yang tidal.dapat didaur ulang. (D)

6. Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecuali ....

  • A. Biofuel 
  • B. Geotermal
  • C. Panel surya
  • D. Osmosis balik

Pembahasan :

Untuk menjawab soal nomor 6, minimal kamu mengetahui pengertian dari masing-masing teknologi tersebut. Berikut pengertian dari masing-masing teknologi pada tiap-tiap pilihan :

  • Biofuel adalah jenis bahan bakar yang berasal dari bahan-bahan organik dan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui seperti tumbuhan.
  • Geotermal adalah sumber energi yang berasal dari panas bumi yang terdapat di dalam tanah, lapisan dasar bumi dan cairan dalam kerak bumi.
  • Panel surya adalah teknologi yang mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik.
  • Osmosis balik adalah teknologi untuk menghilangkan garam dan zat-zat lain yang tercampur dengan molekul air. Teknologi ini digunakan untuk memperoleh air minum dari air laut melalui proses osmosis.

Berdasarkan uraian di atas, apakah kamu sudah dapat mengetahui jawabannya? Yup, teknologi ramah lingkungan yang bukan teknologi dalam bidang energi adalah teknologi osmosis balik. (D)

Baca juga : Penerapan teknologi ramah lingkungan

7. Teknologi penyediaan energi alternatif dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui berupa tumbuh-tumbuhan disebut....

  • A. Biofuel
  • B. Biogas
  • C. Fuel cell
  • D. Biopori

Pembahasan :

Supaya kamu dapat mengetahui jawabannnya, akan dijelaskan pengertian dari biofuel, biogas, fuel cell dan biopori.

  • Biofuel sudah dibahas pada soal nomor 6, silahkan baca kembali
  • Biogas merupakan jenis bahan bakar alternatif yang diperoleh dari proses fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri anaerob yang akan menghasilkan gas metana. Gas metana ini yang digunakan sebagai bahan bakar.
  • Fuel cell yaitu teknologi yang memanfaatkan reaksi antara hidrogen dan air yang menghasilkan uap air dan panas. Panas inilah yang digunakan sebagai sumber energi.
  • Biopori merupakan teknik untuk membuat wilayah resapan air hujan dengan membuat lubang-lubang kecil.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka jawabannya yaitu biofuel (A).

8. Keunggulan dari penggunaan panel surya untuk menghasilkan energi listrik adalah sebagai berikut, kecuali ....

  • A. Tidak menghasilkan gas SO₂
  • B. Mudah dipasang dan dikembangkan
  • C. Tidak menghasilkan emisi rumah kaca
  • D. Menghasilkan listrik meskipun di malam hari

Pembahasan :

Keunggulan penggunaan panel surya untuk menghasilkan energi listrik antara lain :

  1. Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida, nitrogen dioksida, metana, dan gas freon
  2. Mampu menghasilkan energi cukup besar
  3. Mudah dipasang, dipindahkan atau dikembangkan
  4. Mengurangi ketergantungan penggunaan sumber energi fosil
  5. Mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik, sehingga jika malam hari tentu panel surya tidak dapat menghasilkan listrik karena tidak ada energi panas matahari. (D)

9. Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan dalam bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan....

  • A. Geologi
  • B. Geopower
  • C. Geotermal
  • D. Geoelektrik

Pembahasan :

Berikut ini beberapa teknologi ramah lingkungan dalam penyediaan energi listrik :

  1. Biofuel yang memanfaatkan bioetanol dan biodiesel sebagai bahan bakar.
  2. Biogas yang memanfaatkan gas metana hasil fermentasi limbah organik.
  3. Solar cell yang memanfaatkan energi panas sinar matahari untuk diubah menjadi energi listrik.
  4. Hidropower yang memanfaatkan arus air untuk menghasilkan energi listrik.
  5. Ocean power yang memanfaatkan arus pasang dan surut air laut untuk menggerakkan turbin sehingga menghasilkan listrik.
  6. Wind power yang memanfaatkan angin untuk menghasilkan listrik.
  7. Geotermal yang memanfaatkan panas bumi untuk menghasilkan listrik.
  8. Fuel cell / hidrogen power yang memanfaatkan panas dari reaksi hidrogen dan air.
Berdasarkan contoh teknologi di atas. jawaban yang tepat yaitu geotermal (C).

10. Kendaraan-kendaraan berikut yang paling ramah lingkungan adalah....

  • A. Bus dengan mesin diesel
  • B. Bus dengan mesin motor listrik
  • C. Pesawat dengan bahan bakar avtur
  • D. Motor dengan bahan bakar minyak bumi

Pembahasan :

Selama kendaraan menggunakan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi maka kendaraan tersebut belum termasuk kendaraan ramah lingkungan karena masih menghasilkan gas emisi seperti karbon dioksida. Adapun kendaraan yang bebas gas emisi merupakan kendaraan yang bahan bakarnya tidak menggunakan bahan bakar fosil, contohnya antara lain : kendaraan hidrogen, mobil surya dan mobil listrik.(B)

B. Pembahasan soal essai uji kompetensi teknologi ramah lingkungan

1. Biopori dapat dibuat di sekitar rumah kita. Jelaskan manfaat biopori bagi lingkungan!

Pembahasan :

Manfaat biopori bagi lingkungan antara lain :

  • Mencegah banjir pada musim hujan
  • Menjamin ketersediaan air pada musim kemarau
  • Mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh genangan air
  • Menjaga kesuburan tanah dan kelestarian organisme tanah
  • Dapat dijadikan sebagai tempat pembuatan kompos
  • Mengurangi sampah organik

2. Kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi? Berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan :

Penghematan penggunaan energi perlu dilakukan oleh tiap individu agar ketersediaan sumber energi dapat terjaga dan mengurangi kerusakan alam. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Menggunakan teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan listrik, panel surya dan lain-lain.
  • Membudayakan penggunaan sepeda atau berjalan kaki untuk kegiatan sehari-hari
  • Mematikan kendaraan jika sedang tidak digunakan dan jangan terlalu lama dalam memanaskan kendaraan
  • Mematikan lampu saat tidur dan siang hari
  • Membangun rumah dengan banyak ventilasi udara agar ketika siang hari rumah mendapatkan penerangan dari sinar matahari
  • Jika menggunakan pompa air listrik untuk mengalirkan air, maka penuhilah bak mandi atau penampung air dalam sekali waktu
  • Membuat jadwal mencuci dan menyetrika pakaian secara teratur
  • Jika menggunakan kendaraan sebaiknya berangkat lebih pagi agar terhindar dari kemacetan. Kemacetan dapat membuang bahan bakar secara percuma
  • Menggunakan alat-alat listrik rumah tangga yang hemat energi seperti lampu LED
  • Menggunakan air secukupnya saat mandi, mencuci pakaian dan mencuci kendaraan.

Itulah beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menghemat energi, walaupun masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya.

Baca juga : Perilaku hemat energi dalam keseharian

3. Sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, menurutmu teknologi manakah yang lebih baik dikembangkan antara teknologi pengolaham minyak bumi atau batu bara dengan teknologi pengubahan energi angin atau air menjadi energi listrik? Jelaskan!

Pembahasan :

Teknologi yang baik untuk masa yang akan datang adalah tenologi energi angin atau air menjadi energi listrik karena ketersediaan air dan angin yang melimpah dan dapat diperbaharui. Air akan selalu tersedia selama siklus air masih terjadi dan angin akan selalu ada selama ada bumi masih berputar. Selain ketersediaannya yang melimpah, penggunaan angin dan air sebagai sumber energi listrik tidak menghasilkan gas emisi yang berbahaya bagi lingkungan dan manusia atau termasuk teknologi ramah lingkungan. Adapun teknologi pengolahan minyak bumi dan batu bara termasuk teknologi tidak ramah lingkungan. Apa saja teknologi yang tidak ramah lingkungan selain pengolahan minyak bumi dan batu bara, silahkan kamu baca di artikel Contoh Teknologi Tidak Ramah Lingkungan.

4. Bagaimana teknik pemurnian air secara sederhana? Buatlah skema alatnya dan beri penjelasan!

Pembahasan :

Pemurnian air bertujuan untuk memisahkan air dari campuran partikel yang terlarut seperti pasir, tanah dan partikel lainnya agar diperoleh air bersih. Ada dua cara teknik pemurnian air yaitu destilasi dan filtrasi. Destilasi dilakukan dengan memanaskan air sehingga menjadi uap, kemudian uap air tersebut didinginkan sampai menjadi butiran air lalu butiran tersebut ditampung. Filtrasi dilakukan dengan membuat alat penyaring yang dapat menahan partikel-partikel yang tercampur dengan air seperti pada gambar di bawah ini

alat filtrasi sederhana, alat pemurnian air, pembahasan soal uji kompetensi teknologi ramah lingkungan kelas 9
Teknik pemurnian air sederhana

Berdasarkan gambar di atas, bahan yang diperlukan untuk membuat alat teknik pemurnian sederhana antara lain botol air mineral, kapas, arang, kerikil dan pasir. Botol air mineral ukuran 600 ml dipotong bagian dasarnya, kemudian masukkan secara berurut kapas, arang, pasir dan kerikil dengan ketinggian 2-3 cm. Usahakan dalam keadaan padat agar partikel yang tercampur dengan air dapat tertahan sehingga dihasilkan air yang jernih. Semakin banyak komponen penyaringnya semakin bagus hasilnya.

5. Jelaskan potensi energi alternatif di Indonesia dan berikan contohnya!

Pembahasan :

Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang dikelilingi lautan, pegunungan dan terletak di garis khatulistiwa. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia mempunyai sumber energi alternatif yang beragam dan melimpah.

Gelombang air laut, pasang surut air laut dan angin pantai dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Selain itu arus air sungai juga dapat dijadikan tenaga untuk menggerakkan turbin pembangkit energi listrik.

Angin dari daerah pegunungan juga dapat dijadikan energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik. Selain anginm juga terdapat uap panas (geothermal) dari dalam bumi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.

Sinar matahari sepanjang tahun pada daerah khatulistiwa juga dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik. Selain itu, beragam hewan dan tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas.

Demikian pembahasan soal uji kompetensi teknologi ramah lingkungan untuk kelas 9, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat yang baik dan menambah pengetahuan pembaca blog IPA MTs. Penulis berharap agar kalian dapat membagikannya kepada siapa saja yang membutuhkan.

Baca juga :

Pembahasan soal uji kompetensi tanah dan keberlangsungan kehidupan kelas 9 

Bagikan artikel :

Alih Bahasa

Pencarian