Pembahasan soal uji kompetensi sistem organisasi kehidupan mahluk hidup kelas 7

PEMBAHASAN SOAL UJI KOMPETENSI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN MAHLUK HIDUP

Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di situs IPA MTs. Postingan kali ini akan membahas uji kompetensi sistem organisasi kehidupan mahluk hidup. Materi ini merupakan materi pelajaran IPA kelas 7 di semester 2.

Tujuan pembahasan ini yaitu memberi informasi mengenai pembahasan soal uji kompetensi BAB 1 tentang sistem organisasi kehidupan mahluk hidup sehingga peserta didik mampu memahami materi sistem organisasi kehidupan mahluk hidup. Ok selamat membaca.

1. Perhatikan gambar di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya.

soal uji kompetensi sistem organisasi kehidupan mahluk hidup tentang bagian-bagian sel tumbuhan
Soal nomor 1 tentang Sel Tumbuhan

Pembahasan :

Gambar sel di atas merupakan sel tumbuhan karena terdapat dinding sel dan kloroplas. Dinding sel dan kloroplas merupakan ciri utama dari sel tumbuhan dan membedakannya dengan sel hewan. Sel tumbuhan pada gambar di atas termasuk sel eukaruotik karena memiliki membran inti sel.

Baca juga : Struktur Sel Kelamin dan Sel Tubuh Manusia serta Pembelahan Selnya - IPA MTs

Bagian-bagian sel tumbuhan sebagai berikut :

A. Inti sel (nukleus), merupakan bagian terpenting yang mengatur seluruh kegiatan sel dan pembawa sifat keturunan (gen).

B. Kromatin, merupakan kompleks DNA yang memadat di dalam inti sel. Fungsi kromatin antara lain memperkuat DNA selama pembelahan sel, mencegah kerusakan DNA, mengatur ekspresi gen dan replikasi DNA.

C. Anak inti sel (nukleolus) berperan dalam sintesis protein dan produksi ribosom.

D. Membran inti sel merupakan selaput tipis ganda yang membungkus inti sel. Fungsinya yaitu mempertahankan bentuk inti sel dan mengatur pertukaran zat antara nukleus dan sitoplasma melalui pori-pori membran inti sel, serta memisahkan antara inti sel dengan sitoplasma sehingga materi genetik (DNA dan RNA) tidak tercampur dengan sitoplasma dan organel sel lainnya.

Baca juga : Materi Genetik Kromosom dan Gen - IPA MTs

E. Retikulum endoplasma kasar, yang berfungsi sebagai tempat melekatnya ribosom, pengeluaran dan transportasi protein hasil produksi ribosom ke bagian sel lainnya.

F. Retikulum endoplasma halus, yang berperan dalam pembentukan lemak dan steroid, metabolisme karbohidrat, penyimpanan ion kalsium (Ca), penawar obat-obatan dan racun.

G. Vakuola, yang berperan dalam turgiditas dan bentuk sel serta penyimpanan bahan kimia yang dapat memecah makromolekul yang mana memiliki peran dalam pertumbuhan tanaman, serta menyimpan senyawa organik yang dihasilkan tanaman.

H. Sitoskeleton, berperan sebagai rangka (tulang) bagi sel, dan menpertahankan posisi organel-organel sel, serta pergerakan sel.

I. Kloroplas. Organel ini berperan dalam fotosintesis. Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai fotosintesis pada artikel Pengertian, bahan, proses, hasil dan manfaat fotosintesis pada tumbuhan.

J. Dinding sel, yang berfungsi memberi bentuk pada sel, melindungi bagian-bagian di dalam sel, menjaga keseimbangan cairan sel melalui regulasi osmotik, dan mencegah sel kehilangan air.

K. Membran plasma, yang berfungsi melindungi komponen sel di dalamnya dan cairan yang masuk ke dalam sel melalui sifatnya yang semipermeabel.

L. Mitokondria, yang berfungsi sebagai tempat pembentukan energi bagi sel dalam bentuk ATP melalui oksidasi hasil metabolisme karbohidrat dengan oksigen.

M. Lisosom (Masih ragu), silahkan bila ada yang mengetahuinya, hubungi kami melalui fitur hubungi kami agar kami dapat memperbaikinya. Terima kasih. Adapun fungsi lisosom yaitu mengendalikan pencernaan intraseluler karena mempunyai enzim hidrolik.

N. Badan golgi, yang berfungsi untuk membentuk kantung (vesikula) sekresi, membentuk membran plasma, membentuk dinding sel tumbuhan, membentuk lisosom dan memodifikasi protein yang berasal dari retikulum endoplasma.

2. Apa yang terjadi dengan sistem organ tertentu, jika salah satu organ penyusunnya mengalami kerusakan? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?

  • a. Bagian sel manakah yang menjadi penentu sel tersebut menjadi sel hidup atau mati?
  • b. Apa yang terjadi apabila organ yang ditunjuk huruf (I) pada gambar soal nomor 1 tidak berfungsi dengan baik?
  • c. Bagian manakah yang disebut dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel ? Jelaskan

Pembahasan :

Jika salah satu organ penyusun dari sistem organ mengalami kerusakan maka akan mengganggu kerja organ penyusun lainnya sehingga sistem organ tersebut tidak berfungsi dengan baik. Sebagai contoh yaitu organ hidung yang merupakan salah satu organ penyusun sistem organ pernafasan. Bila hidung terkena infeksi virus influenza yang membuat flu, maka terjadi produksi mukosa (cairan) yang berlebihan sehingga menutupi rongga hidung. Hal tersebut menghambat masuknya oksigen ke paru-paru dan pengeluaran karbondioksida, sehingga terkadang menimbulkan sesak nafas atau kesulitan bernafas, dan hal tersebut membuat tubuh menjadi lemas karena jumlah energi yang diproduksi menurun sebagai akibat berkurangnya oksigen yang masuk.

  • a. Bagian sel yang merupakan penentu sel tersebut hidup atau mati adalah inti sel karena inti sel yang mengendalikan seluruh kegiatan organel-organel sel.
  • b. Organel sel pada huruf I yaitu kloroplas. Bila terjadi kerusakan pada kloroplas maka sel tumbuhan tidak mampu berfotosintesis sehingga tidak terjadi pembentukan makanan bagi sel tersebut.
  • c. Bagian yang disebut dinding sel yaitu bagian J. Dinding sel tumbuhan tersusun dari selulosa saat usia sel muda dan terjadi penumpukan lignin saat usia dewasa sehingga membuat sel tumbuhan menjadi keras dan kaku serta bentuknya tetap. Dinding sel tersebut membantu melindungi bagian dalam sel dari pengaruh lingkungan, memberi bentuk sel tumbuhan dan menjaga sel tumbuhan tidak pecah karena masuknya air secara terus menurus akibat penyerapan air oleh akar. Dengan sel-sel tumbuhan memiliki dinding sel yang keras maka tumbuhan dapat berdiri walaupun tidak mempunyai tulang.

3. Perhatikan gambar sistem pencernaan di bawah ini. Sebutkan bagian-bagian yang diberi tanda dengan huruf a sampai dengan r.

soal nomor tiga uji kompetensi sistem organisasi mahluk hidup tentang organ penyusun sistem pencernaan manusia
Soal nomor 3 sistem pencernaan manusia

Pembahasan :

Sistem pencernaan merupakan serangkaian organ-organ yang berperan dalam mencerna makanan dan menyerap zat yang terkandung di dalam makanan tersebut. Berikut ini organ-organ penyusun sistem pencernaan manusia.

  • a. Mulut
  • b. Kerongkongan (esofagus)
  • c. Lambung
  • d. Hati
  • e. Ekor pankreas
  • f. Kantung empedu
  • g. Duodenum (usus 12 jari)
  • h. Kepala pankreas
  • i. Kolon asenden
  • j. Kolon transversum
  • k. Jejenum (usus kosong)
  • l. Kolon desenden
  • m. Ileum (usus penyerapan)
  • n. Sekum
  • o. Apendiks (umbai cacing)
  • p. Kolon sigmoid
  • q. Rektum
  • r. Anus

Organ-organ pencernaan di atas memiliki fungsi tertentu yang terkait dalam proses pencernaan makanan. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat membacanya di artikel Mengenal sistem organ pencernaan makanan utama dan tambahan pada manusia beserta fungsinya.

Baca juga : Mekanisme pencernaan makanan secara mekanik, kimiawi dan biologis serta alurnya

4. Mengapa mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan

Pembahasan :

Sel adalah bagian terkecil dari tubuh mahluk hidup. Sel memiliki ukuran yang sangat kecil. Sebagian sel berdiameter 1-100 𝛍m (mikroneter). Berdasarkan hal tersebut, untuk mempelajari sel dan strukturnya, perlu alat untuk memperbesar penglihatan ketika mengamati sel. Alat yang memiliki kemampuan tersebut yaitu mikroskop.

Demikian pembahasan soal uji kompetensi sistem organisasi kehidupan mahluk hidup kelas 7. Jawaban dan pembahasannya mungkin berbeda dengan guru di sekolah kam. Jadi tetap berusaha mencari referensi lain. Pengetahuan akan lebih berkesan bila diraih melalui usaha sendiri. Jadi, tetaplah semangat dan senang hati dalam mencari dan meraih ilmu dan pengetahuan.

Jika pembahasan ini bermanfaat, silahkan bagi ke teman-temanmu agar mereka memperoleh manfaat yang sama dengan yang kamu peroleh. Baca juga postingan lainnya di www.ipamts.com atau cari postingan lainnya dengan menggunakam fitur pencarian dengan mengetik kata kunci dari apa yang ingin kamu cari di kolom pencarian.

Bagikan artikel :

Alih Bahasa

Pencarian