Pendekatan saintifik untuk blog web

Pendekatan Saintifik Untuk Blog/Web

penjelasan pembuatan blog atau web dengan pendekatan saintifik

Kali ini kami belum bisa share materi IPA ataupun yang berkaitan dengan pendidikan IPA karena sedang sibuk buat e learning madrasah. biasa tuntutan kerja hehe.

Kami cuma mo bagi cerita aja, kenapa blog ini dibuat.(pede ya, kayak ada yg mau baca kisahnya aja, hehe). Sebenarnya dulu ga tertarik buat blog, udah puyeng lihat langkah-langkahnya. Tapi ketika wabah corona ini datang dan kegiatan pembelajaran dikerjakan di rumah, dan saya iseng-iseng searching di google, melihat artikel-artikel tentang blog atau website kemudian tertariklah buat blog.

Kenapa bisa tertarik buat blog? banyak artikel yang membuat seseorang tergiur membuat blog atau website. hayuu, kira-kira apa? yups jawabanya adalah uang, ternyata blog/website bisa menghasilkan uang bahkan bisa dalam jumlah yang besar, tetapi niatnya diluruskan dulu supaya tidak terfokus dengan uang saja.

wah, kok bisa ya, ga tau juga caranya, hehehe. tar klo blog ini dah berhasil dan memberikan tambahan penghasilan, akan share pengalamannya, doain aja ya.  tapi klo dipiikir-pikir, blogger yang sukses itu pasti melalui lika liku yang ga sebentar dan butuh pengorbanan baik, uang, pikiran dan tenaga, serta ga mungkin juga semua yang buat blog/website berhasil, yakin banget deh banyak yang gagal, klo mudah pasti banyak yang akan membuat blog/website. iya ga ?.

selama searching, belum pernah ada artikel yang lengkap mengenai perjalanan blogger yang berhasil dari awal sampai akhir beserta trik-trik dalam membangun blog/webnya sampai berhasil. Coba aja kalian tanya ke pedagang yang sukses seperti padagang bakso. kira-kira ketika kalian tanya pak gimana sih bisa sukses dan buat bakso yang enak, saya kira dia akan cerita garis besarnya aja tapi resepnya ga akan dikasih tau. jadi ketika kalian mencoba berdagang bakso yang ada kita sering gagal, jika mental kalian lemah, bisa jadi langsung ga jualan lagi..heheh kira-kira begitu analoginya. jadi jangan ikut-ikutan aja. bekali dulu kitanya dengan pengetahuan dan pengalaman.

Jadi jangan tertarik lalu langsung buat blog/website apalagi niatannya buat cari penghasilan. sebaiknya sih punya pekerjaan dulu yang bisa mencukupi kebutuhan pokok, baru bikin blog/web untuk menunjang pekerjaan. hehe, itu pendapat pribadi sih.

Yups, akhirnya, blog ini dibuat untuk menunjang pekerjaan sebagai guru IPA, agar ada arsip tentang bahan ajar (mgkin suatu saat bisa dijadikan buku), soal-soal, pembahasan soal-soal, aplikasi, berita-berita tentang dunia pendidikan serta kisah-kisah yang menarik dalam pembelajaran, juga bisa buat membantu dalam pembelajaran di kelas. jadi niatnya, ya untuk itu. adapun bila berguna buat orang lain, ya alhamdulillah. makanya santai aja dalam mengelola blog itu.

Walaupun kami sudah memakai domain sendiri, ya tetap mematuhi peraturan dari google salah satunya adalah tidak copas artikel dan dan tidak membuat artikel yang berisi ujaran kebencian, pornografi, ga boleh nipu lewat artikel atau hal-hal lain yang melanggar hukum. hmm, tapi benar dan baik aturannya, jadi gpp deh, so, kami berusaha mematuhi peraturan dari google karena kami menggunakan produk mereka. hehe, tau diri alias sadar diri. jika melanggar tanpa sengaja ya, akunnya bisa ditutup..ya wis terima nasib..hehehe

Baca juga postingan IPA MTs lainnya :

Puasa dan manfaatnya bagi fisik dan psikis

PENDEKATAN SAINTIFIK

Pendekatan ilmiah merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang merujuk sebuah teori bahwa pembelajaran merupakan proses ilmiah. Pendekatan ini terdiri dari serangkaian kegiatan yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

A. Mengamati

Kegiatan ini mengajak seseorang agar melakukan pengamatan terhadap suatu objek yang akan dipelajarinya. Pengamatan dikerjakan dengan menggunakan indra-indra yang dimilikinya. Proses yang termasuk dalam mengamati antara lain : membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya baik itu menggunakan alat ataupun tanpa alat bantu.

B. Menanya

Kegiatan menanya dimaksudkan agar seseorang membuat pertanyaan dan mengajukan pertanyaan tersebut kepada orang yang berkompeten terhadap bidang yang ditanyakannya. Selain bertanya, kegiatan lainnya adalah berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami atau informasi tambahan yang ingin diketahui atau juga sebagai klarifikasi atas pengetahuan yang diperoleh sebelumnya.

C. Mengumpulkan Informasi

Pada tahap mengumpulkan informasi merupakan tindak lanjut dari bertanya dengan menggali dan mengumpukan informasi dari berbagai sumber seperti membaca buku, searching di internet, memperhatikan objek atau fenomena yang terkait dengan pertanyaannya, bahkan dapat dikerjakan dengan melakukan percobaan sehingga diperoleh pengetahuan dasar bagi tahap selanjutnya.

D. Mengasosiasi

Mengasosiasi atau bernalar merupakan suatu kegiatan yang memproses atau mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk kategori atau menghubungkan informasi atau fenomena yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola kemudian menyimpulkannya.

E. Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan merupakan suatu kegiatan untuk menyajikan suatu laporan dalam bentuk bagan, diagram atau grafik. Kegiatan komunikasi juga dapat disampaikan dalam bentuk laporan baik secara tertulis maupun lisan. Perlu dicatat, dalam mengkomunikasikan hasil kegiatan hendaknya dilandasi dengan kejujuran dan objektifitas.

Membuat Blog/Web Melalui Pendekatan Saintifik

membuat blog, web, situs, saintifik

Di era digitalisasi sekarang, hampir semua kegiatan dikerjakan dengan menggunakan internet termasuk pendidikan. Oleh karena itulah, mau tidak mau, seseorang harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, sehingga membuat kami berfikir bagaimana punya penunjang untuk memudahkan melakukan pembelajaran. Seperti yang disinggung di awal, akhirnya terbentuklah blog IPA MTs ini. Alhamdulillah, IPA MTs, ternyata dapat memberikan kemudahan bagi kami dalam menyiapkan bahan ajar yang sesuai harapan, dan mudah-mudahan bermanfaat juga buat peserta didik, guru dan mahasiswa serta orang lain. Ok, sekarang, akan dijelaskan bagaimana membuat blog/web melalui pendekatan saintifik.

Silahkan baca postingan ini :

Pertumbuhan dan perkembangan manusia ketika di dalam rahim 

Tahap pertama : mengamati

Sebelum kalian membuat blog, cobalah kalian searching di google untuk melihat dan mengamati blog atau web yang tersebar sangat banyak. Perhatikan desain blognya dari penempatan judul, postingan dan lain-lain, karena hal tersebut dapat dijadikan referensi untuk kalian dalam mendesain blog/web kalian nanti sehingga kalian dapat mendesain sendiri sesuai selera kalian.

Tahap kedua : menanya

Setelah kalian melakukan pengamatan, cobalah buat pertanyaan yang berkaitan dengan pembuatan blog/web, seperti "Apa tujuan membuat blog, Konten apa yang akan dibuat untuk blog, dan Apa yang dibutuhkan untuk membuat blog".

Setelah membuat pertanyaan, lalu buatlah jawaban kalian sendiri berdasarkan pengetahuan atau pengamatan kalian. Contoh pengalaman pribadi, tujuan kami membuat blog untuk memudahkan pekerjaan sebagai guru IPA, jadi kontennya lebih banyak berupa postingan tentang materi-materi yang akan diajarkan kepada peserta didik, ditambah dengan informasi lainnya yang berguna buat diri dan orang lain. Adapun hal yang dibutuhkan dalam membuat blog adalah akun gmail dan domain. Akun gmail dapat kalian buat gratis di google, sedangkan domain kalian dapat membelinya di google domain atau penyedia domain lainnya. Adapun platform web yang saya pakai adalah Blogger. Blogger itu simple dan mudah dalam membuat postingan dan tentunya sudah terintegrasi dengan google.

Tahap ketiga : mengumpulkan informasi/mencoba

Tahap berikutnya yaitu kalian mengumpulkan informasi atau langsung membuat akun gmail, lalu belilah domain. Domain merupakan nama yang akan digunakan sebagai alamat blog kalian. Pilihlah nama yang mudah diingat, unik dan sesuai nama blog yang akan kalian buat (sebenarnya bebas saja sih, kalian mau namanya apa saja). Oleh karen itulah, kami memilih nama domain ipamts.com dengan alasan ingin membuat blog tentang sains atau ilmu pengetahuan alam karena bidang dikuasai yaitu tentang ilmu pengetahuan alam, dan IPA MTs dijadikan sebagai nama blog.

Akun gmail sudah ada lalu carilah platform blog kemudian buatlah blog melalui platform tersebut. Bila berhasil pilihlah tema blog kalian yang cocok dengan selera kalian supaya kalian semangat merawat blog dan membuat konten yang unik bukan jiplakan.

Jika kalian sudah pnya domain maka segeralah pasanag domain tersebut ke dalam blog kalian sehingga alamat url blog kalian sesuai domain kalian.

Tahap keempat : mengasosiasi

Menurut pengamtan kami, blog itu terdiri dari dua yaitu template dan konten. Template untuk tampilan dan performa blog dan konten merupakan isi dari blog tersebut.

Cobalah kalian lakukan perbandingan dengan blog lain yang setipe dengan blog kalian tetapi bukan untuk iri atau pesimis melainkan agar kalian menunjukkan keahlian dan kelebihan kalian dalam mengelola blog dan membuat konten.

Tahap kelima : mengkomunikasikan

Konten sudah kalian buat, saatnya mengenalkan blog kalian kepada orang lain tapi bukan untuk pamer atau riya tetapi agar blog kalian dikenal dan konten kalian bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, blog juga dapat menjadi brand bagi kalian. Jadi blog itu merupakan usaha jangka panjang, oleh karena itu bersabar dan istiqamah dalan mengelola blog kalian.

Baca juga postingan :

Teknologi reproduksi tumbuhan dan hewan

Penutup

Demikian pembahasan tentang pendekatan saintifik dalam membuat blog/web. Saya hanya ingin menginformasikan bahwa pendekatan pembelajaran di sekolah dapat diterapkan di aspek lain dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam membuat blog. Ingat, ini berdasarkan pengalaman saya ya. jika kalian punya teman yang pengalaman dan berhasil di blog/website lebih baik kalian tanya dan belajar dari mereka.

Cari Artikel

Subscribe

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *