Puasa dan Manfaatnya bagi Fisik dan Psikis

DEFINISI DAN MANFAAT PUASA


di larang makan dan minum saat berpuasa

Assalamualaikum wr wb.

Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat islam di manapun. Apakah kalian sudah berpuasa hari ini? yups tentunya. Apakah ada yang batal puasanya? Oh tentu tidak, tapi kalau saya batal tiap hari, saat magrib hehee.

Kita tahu, jika puasa di bulan Ramadhan, dalam agama islam, merupakan salah satu syariat islam yang wajib. Tujuan berpuasa menurut Islam adalah agar umat Islam yang melaksanakan puasa dapat menjadi orang-orang bertaqwa kepada Allah SWT.

Orang-orang bertaqwa itu seperti apa?. Ada yang bilang taqwa itu takut kepada Allah, dan taqwa itu adanya di hati. Menurut apa yang saya ketahui, taqwa itu taat kepada Allah baik pikiran, hati dan perbuatannya.

Pikiran yang taqwa maka akan berusaha berdzikir kepada Allah, maksudnya memikirkan ciptaan Allah, menggali hikmah dari peristiwa sehari-hari sehingga melalui pengetahuan dan hikmah yang diperoleh dapat membentuk kepribadian yang baik sesuai perintah agama. Coba ya biasakan memikirkan ciptaan Allah yang dilihat sehari-hari atau pun peristiwa-peristiwa yang dialami untuk mengambil hikmah atau pelajaran yang baik.

Hati yang bertaqwa maka, akan dipenuhi dengan prasangka baik, ikhlas, tawakal, tawadhu dan sifat-sifat baik lainnya yang tidak bertentangan dengan agama Islam.

Perbuatan taqwa perbuatan-perbuatan baik dalam perkara agama maupun kehidupan bermasyarakat seperti membantu saudara, tetangga dan teman, di niatkan karena Allah dan seperti yang dicontohkan nabi Muhammad saw. Karena di dalam pribadi nabi Muhammad terdapat teladan yang baik bagi orang yang beriman.

Nah itulah tujuan puasa, yakni agar kita dapat menjadi orang yang bertaqwa melalui puasa menurut pandangan saya.

PUASA

1. Definisi Puasa

Puasa merupakan usaha menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Hal-hal yang membatalkan puasa antara lain : makan, minum, berhubungan suami istri (jima’), muntah di sengaja, keluar sperma disengaja, haid/nifas, gila dan murtad. Selain itu, ada juga hal-hal yang dapat merusak puasa, maksudnya puasanya tidak batal tapi pahala/kebaikan puasanya berkurang, yaitu : membicarakan keburukan orang lain, memfitnah, berbohong, berprasangka buruk dan lainnya. Hati-hati ya, jangan sampai puasanya cuma dapat lapar dan haus saja.

2. Waktu Puasa

Puasa di mulai dari ketika subuh sampai maghrib, yang sebelumnya di niatin terlebih dahulu. Puasa wajib dikerjakan selama bulan Ramadhan, sedangkan di lain bulan Ramadhan biasanya puasa Sunnah kecuali puasa nazar atau membayar puasa yang ditinggalan. Tapi hati-hati, ada waktu-waktu kita diharamkan puasa. Waktu-waktu tersebut yaitu : hari raya idul fitri, hari raya idul adha, hari tasyrik (11,12,13 dzulhijah), hari yang diragukan apakah sudah Ramadhan atau belum, saat haid/nifas (bagi wanita). So hati-hati, karena kita semangat berpuasa sampai hari-hari itu dilanggar, jadi bukan pahala tapi dosa.

Puasa di awali dengan sahur dulu, kira-kira 30 sampai 15 menit (itu sih bebas aja ya, yang penting jangan saat subuh) sebelum subuh setelah itu bersihkan mulut lalu niat. Doa niat puasa dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Doa niat berpuasa dan berbuka puasa

Setelah niat, maka laksanakan puasa sampai magrib kecuali bagi anak-anak yang belum baligh boleh buat latihan saja, jadi puasanya sampai dzuhur atau ashar atau maghrib jika mampu. Insya Allah jika sudah terbiasa akan mampu menahan lapar dan haus dari pagi sampai magrib. Selama berpuasa, lakukan saja aktivitas sehari-hari, tapi mungkin kadarnya dikurangi. Jangan lupa tetap shalat lima waktu.

Ketika terdengar suara adzan magrib, maka segeralah berbuka. Seperti hadits di bawah ini.

“Tiga (perkara) termasuk akhlak kenabian (yaitu): menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dalam shalat.” (HR. ath-Thabarani, lihat Shahihul Jami’ish Shaghir, 1/583 no. 3038).

Saat berbuka, usahakan dengan buah dulu atau minum air putih.

MANFAAT PUASA

A. Bagi Fisik

Maksud manfaat fisik yaitu manfaat yang diperoleh tubuh ketika atau setelah melaksanakan puasa. Puasa hanya mengubah waktu makan, biasanya pagi sampai sore, diganti menjadi dari magrib sampai sebelum subuh, jadi kebutuhan energi tubuh tetap dapat dipenuhi.

Puasa membuat pola makan seseorang menjadi teratur selama satu bulan. Biasanya, orang yang tidak teratur makannya, sehari bisa makan 5 sampai 6 kali. Biasanya jam 6 pagi makan, nanti jam 9 makan, jam 11 makan, jam 12 makan, jam 3 sore makan, jam 5 sore makan. Coba dalam 12 jam makan sudah 6 kali, padahal perut itu mampu menyimpan makanan selama 5-6 jam. Jadi seharusnya 2 kali makan cukup terutama yang mengandung kalori atau karbohidrat. Pola makan yang teratur maka kerja organ pencernaan juga teratur. Pengeluaran asam lambung juga teratur, sehingga mengurangi resiko atau gangguan magh.

Adapun manfaat puasa lainnya bagi fisik seseorang yaitu:

  1. menurunkan kadar glukosa dalam darah
  2. menurukan kadar kolesterol jahat yaitu LDL dan trigliserida
  3. mengurangi resistensi insulin
  4. menurunkan berat badan
  5. meningkatkan kesehatan organ tubuh
  6. meredakan peradangan
  7. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  8. menjaga tekanan darah tetap normal

D. Bagi Psikis

Psikis adalah kondisi mental seseorang yang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti cara berpikir, pengaruh lingkungan, pendidikan, dan lain sebagainya. Kenyataannya, psikis seseorang sangat berperan dalam menentukan kepribadian orang tersebut.

Selain menentukan kepribadian, kondisi psikis dapat mempengaruhi kerja organ tubuh. Bila psikis seseorang sehat maka kerja organ tubuhnya juga akan bekerja secara normal sehingga kondisi tubuhnya sehat. Bila psikis seseorang terganggu, maka kerja organ tubuhnya juga akan terganggu sehingga kesehatan tubuhnya juga terganggu.

Coba perhatikan ketika seseorang marah atau kaget maka jantung akan berdenyut lebih kencang, sehingga aliran darah juga semakin cepat akibatnya kerja organ lain juga semakin cepat. Bila itu terjadi terus menerus maka akan terjadi kerusakan terhadap organ-organ tubuh tersebut.

Penyebab gangguan psikis seseorang bermacam-macam, berikut ini adalah penyebabnya, yaitu :

  1. Sosial Budaya dan Lingkungan
  2. Emosi yang Berlebihan
  3. Trauma akan Penolakan
  4. Masalah Keluarga
  5. Pengalaman Menyakitkan dan Kekecewaan Mendalam
  6. Stress Berkepanjangan
  7. Pendidikan
  8. Kesenjangan Antara Harapan dan Kenyataan
  9. Ekonomi yang Rendah
  10. Merasa Dikucilkan oleh Lingkungan
  11. Berkepribadian Introvert atau Tertutup
  12. Pribadi yang Sempurna dan Ambisius

Melalui puasa, gangguan-gangguan psikis tersebut dapat diatasi atau diminimalisir. Perhatikan kegiatan apa saja yang dikerjakan saat puasa. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain:

1. Menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa maupun merusak pahala puasa. Hal-hal yang merusak pahala puasa antara lain : marah, benci, ghibah, iri, dengki, fitnah, berbohong dan hal-hal buruk lainnya. Saat mengerjakan puasa, hal-hal seperti itu dijauhi lalu lama-kelamaan menjadi kebiasaan.

2. Berbuka puasa bersama dengan keluarga ataupun dengan teman.

Kegiatan tersebut dapat mempererat rasa kekeluargaan, bisa saling cerita dan hal positif lainnya sehingga dapat mengurngi beban yang ditanggungnya.

3. Memperbanyak ibadah.

Melalui ibadah seseorang akan ingat kepada Tuhannya, ketika ingat akan tuhannya maka hatinya akan tentram, sehingga dia akan menyadari kelemahan dirinya, lalu memaafkan dirinya sendiri, menerima kejadian atau peristiwa yang sudah menimpanya sehingga dia bisa bangkit dan tersenyum kembali.

4. Bermaaf-maafan dengan keluarga, tetangga dan teman.

Saling memaafkan akan menumbuhkan ketentraman dan menghilangkan kebencian atau kemarahan, tentunya memaafkannya dari hati ya, juga mengingatkan agar tidak melakukan kesalahan kepada orang lain serta mengatakan atau mengerjakan hal baik kepada keluarga, tetangga dan teman.

5. Mengeluarkan zakat

Kegiatan zakat akan membersihkan harta yang dimiliki seseorang, juga dapat menumbuhkan kepedulian terhadap sesama serta mau berbagi dengan orang lain.

PENUTUP

Demikian pendapat kami mengenai puasa dan manfaatnya bagi fisik dan psikis, bila ada kesalahan dalam tulisan kami, bisa beri tahu kami melalui contast us.. so berpuasalah dengan senang hati, ga usah menghitung hari-hari puasa nanti juga akan selesai seperti bulan-bulan yang lain..just enjoying what you do.

Terima kasih

Wassalammualaikum wr wb.

Silahkan baca postingan lainnya di :

Daftar isi