Memahami Beberapa Fungsi Count Excel

FUNGSI COUNT, COUNTA, COUNTBLANK DAN COUNTIF

Bissmillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr wb.

Postingan kali ini kita akan membahas tentang fungsi count, counta, countblank dan countif saat kita menggunakan excel.

Secara umum keempat fungsi tersebut memliki kesamaan yaitu menghitung jumlah data, perbedaannya terletak pada jenis data yang ingin kita ketahui jumlah datanya.

FUNGSI COUNT, COUNTA, COUNTBLANK DAN COUNTIF

Sekarang, kita bahas dulu masing-masing fungsi dari count, counta, countblank dan countif. 

  • Count : menghitung banyaknya data berdasarkan numerik atau angka.
  • Counta : menghitung banyaknya data berdasarkan huruf, kata maupun kalimat.
  • Countblank : menghitung banyaknya data yang tidak terisi dalam suatu tabel.
  • Countif : menghitung banyaknya data berdasarkan huruf atau angka yang dijadikan kriterianya.

Baris, Kolom dan Sel

Sekarang coba kita perhatikan tabel di bawah ini.

  A B C
 1 No Nama JK
 2 1 Ade L
 3 2 Irma P
 4 3 Novi 

Ingat! Excel itu terdiri dari sel. Sel tersebut merupakan pertemuam antara kolom dan baris. 
Kolom itu dinyatakan dengan huruf, contohnya A,B,C dan seterusnya. Arahnya dari kiri ke kanan.
Baris itu dinyatakan dengan angka, arahnya dari atas ke bawah. Contoh baris 1, 2, ,3 dan seterusnya.

Sekarang perhatikan tabel di atas, angka 1 terletak di sel A2, Ade di sel B2 dan L di sel C2.
Kenapa diingatkan tentang sel ini? Karena nanti ketika menulis formula excelnya, yang ditulis itu adalah letak sel nya..

Ok, sekarang kita akan menghitung jumlah data berdasarkan angka, nama dan jenis kelaminnya. Kalau tabelnya seperti diatas, tidak perlu rumus, tapi jika datanya ratusan, ribuan, kita harus menggunakan formula, masa dihitung satu persatu..ga ada kerjaan itu mah..hehe. Rumus yang akan dibahas ini digunakan di ms excel 2013, tapi excel versi sebelumnya tidak jauh berbeda.

Formula Count

Fungsi count ini hanya dapat menghitung banyaknya data yang selnya berupa angka. Sintaks dari fungsi count yaitu =(sel ke-1:sel ke-n). Sekarang perhatikan kolom A yang selnya berisi nomor urut. Banyaknya data pada tabel ada 3 data. Jika ingin menggunakan rumus, maka gerakkan kursor lalu klik pada sel A5 kemudian isi formulanya yaitu : "=count(A2:A4)" tanpa tanda petik kemudian tekan enter dan hasilnya adalah 3.

Formula Counta

Fungsi counta digunakan untuk menghitung banyaknya data berdasarkan huruf atau kata seperti nama, jenis kelamin dan lain-lain, yang terpenting data tersebut berupa huruf atau kata. Sintaks dari fungsi counta yaitu =(sel ke-1:sel ke-n). Perhatikan kolom B yang berisi nama-nama. Cara menghitung banyaknya nama di tabel tersebut adalah dengan menggerakkan kursor di sel B5 lalu ketik di sel tersebut formulanya yaitu : "=counta(B2:B4)" lalu tekan enter maka akan tertulis 3.

Formula Countblank

Countblank di meicrosoft excell berguna untuk menghitung banyaknya sel yang kosong dalam sebuah tabel. Sintaks dari countblank adalah =countblank(range) atau =countblank(sel ke-1:sel ke-n). Sekarang coba kalian gerakkan kursor di komputer kalian lalu klik di sel A6 kemudian ketikkan formula nya yaitu: "=countblank(C2:C4)" lalu tekan enter maka akan didapat 1, karena sel yang kosong hanya 1.

Formula Countif

Countif berguna untuk menghitung banyaknya data berdasarkan kriteria tertentu misalnya banyaknya laki-laki atau perempuan. sintaks dari countif yaitu =countif(range;criteria). Perhatikan tabel, kita akan coba menghitung banyaknya laki-laki dan perempuan. Cara menghitung banyaknya laki-laki dapat kalian klik di sel C7 lalu ketik formulanya yaitu =countif(C2:C4;"L") maka hasilnya adalah 1, adapun untuk menghitung banyaknya perempuan dengan klik di sel C8 lalu ketika formulanya yaitu =countif(C2:C4;"P") maka hasilnya adalah 1.

Nah, pembahasannya sudah selesai, silahkan kalian bisa coba sendiri. Bila ada pertanyaan bisa lewat koment. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi kalian untuk memahami fungsi count, counta, countblank dan countif. Jangan lupa subscribe, follow dan share artikel ini ya. Terima kasih banyak atas kunjungan kalian.

Wassalamualaikum wr wb.

Baca juga postingan IPA MTs lainnya :

Cara format flashdisk error

Cara membuat tabel dan setting format di excel

Alih Bahasa

Pencarian