Cara Format Flashdisk Error

Format Flashdisk

Siapa yang punya flashdisk?. Kayaknya di era sekarang flashdisk sangat dibutuhkan sebagai penyimpanan walaupun penyimpanan bersifat cloud juga banyak. Akan tetapi flashdisk juga rentan terhadap kerusakan atau virus atau salah dalam menggunakannya sehingga flashdisk tiba-tiba tidak terbaca di komputer atau tidak dapat diakses, bahkan saat diformat dengan format bawaan windows atau software lain ternyata tidak terbaca di file explorernya.

Ketika hal tersebut terjadi tentu sangat mengesalkan. Data di dalam flashdisk hilang, flashdisknya juga tidak dapat digunakan kembali. Jadi harus beli lagi donk... mana uang sedang tipis lagi,,,,😭😭😭

Kejadian flashdisk yang error atau minta diformat sering saya alami. Tetapi jika flashdisk yang tidak terbaca di file explorer baru saya temui. Waktu itu saya bersama teman saya sedang berusaha menginstal laptop yang tidak terbaca hardisk internalnya atau disk drivenya dan saya punya instalasi windowsnya di flashdisk yang saya instal dari microsoftnya.

Karena kami masih amatiran..😃😃😃, kami kesulitan untuk instal windowsnya karena tempat penginstalannya tidak terbaca di lapotop. Jika harddisknya ke baca saja di laptop maka insya Allah, instal windsows akan sangat mudah.... 

Akhirnya kami searching di google..kemudian kami menemukan cara yaitu mengubah format hardisnya dari gpt ke mbr atau sebaliknya.. Jadi sebelum di instal harus diformat seperti itu dulu agar bisa diakses kembali... Cara format tersebut menggunakan command prompt (cmd). Setelah mengikuti panduan dari mbah google. Kami melihat ada dua disk yang terbaca di cmd nya. Kami bingung pilih yang mana, akhirnya kami memilih disk yang terdapat isinya..ternyata yang kami convert adalah flashdisk instalan windowsnya..waaaaaaaaaaa...ga akan bisa instal windows lagi. Lantas, saya coba hubungan flashdisk yang format tidak sengaja itu ke laptop saya..ternyata....FLASHDISK TIDAK TERBACA oleh laptop saya..ohhh nooooo...

Nah, pada postingan kali ini, kami ingin berbagi cara bagaimana memformat flashdisk yang ketika dihubungkan ke laptop tidak terbaca di file explorernya maupun tidak dapat diakses walaupun terbaca di file explorernya.

Resiko dan keuntungan Format Flashdisk

Sebelum kalian akan melakukan format flashdisk, kalian sebaiknya mengetahui akibat atau resiko dan keuntungan yang diraih saat kalian memformat flashdisk kalian agar kalian bisa tegar dan menerima hasil dari kegiatan kalian..

Apa saja resiko dari memformat flashdisk? Berikut adalah beberapa resiko berdasarkan pengalaman pribadi.

  1. Data kalian akan terhapus semuanya sehingga kalian akan kehilangan data yang kalian simpan di flashdisk.
  2. Jika kalian salah memformat sistemnya, maka flashdisk kalian akan pergi untuk selamanya. It will be gone forever.
  3. Jika kalian sering memformat flashdisknya maka itu juga akan mengakibatkan flashdisknya akan rusak permanen dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Selain resiko, ada juga keuntungan yang akan kalian raih saat kalian memformat flasdisk kalian. Keuntungannya antara lain :

  1. Flashdisk kalian seperti baru lagi
  2. Bersih dari virus yang mengkontaminasi
  3. Dapat digunakan kembali.

Tahapan Memformat Flashdisk

Sekarang mulai ke intinya. Format flashdisk di sini tidak menggunakan atau menginstal software tetapi menggunakan fitur bawaan windows, karena saya tidak suka banyak menginstal software di laptop saya kecuali yang sering saya gunakan aplikasinya. 

Langkah atau tahapan memformat flashdisk antara lain :

  • Hubungkan flashdisk ke laptop atau pc
  • Jika laptop atau pc menggunakan windows 10 maka klik ikon search yang bergambar bulatan dan dekat ikon start
  • Ketik disk management lalu akan muncul create and format hardisk partitions kemudian tekan enter, maka akn muncul kotak dialog seperti di bawah ini.
memanfaatkan disk management pada windows untuk memformat flashdisk
Cara Format Flashdisk Error
  • Setelah muncul kotak dialog disk management, lalu klik kiri pada area nama flashdisk yang terlihat lalu klik kanan sehingga muncul piilihan seperti di atas kemudian klik format lantas klik ok dan tunggu prosesnya. nanti taraaa..flashdisk kalian bersih dan dapat digunakan kembali. Jika flashdisk kalian tidak muncul di disk management, berarti saatnya untuk beli kembali..hehe.

Alhamdulillah, akhirnya panduan memformat flashdisk dapat selesai, jika ada kekurangan atau tambahan terhadap postingan ini, silahkan beri tanggapan melalui kolom komentar atau hubungi kami melalui form yang sudah kami sediakan. Terima kasih sudah membaca postingan ini, mudah-mudahan bermanfaat..

Baca postingan lainnya :

Cara membuat tabel dan setting format tabel di microsoft excel

Cari Artikel

Subscribe

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *