Cara membuat tabel dan setting format tabel di microsoft excell - IPA MTs

CARA MEMBUAT TABEL DAN SETTING FORMAT DI MICROSOFT EXCELL

Microsoft excell merupakan aplikasi buatan microsoft yang fungsinya lebih ditekankan untuk penghitungan. Penghitungan dapat berupa statistika, akuntansi, penilaian dan lain-lain.

Software ini masih kurang digunakan seperti software microsoft word, padahal jika kita mau mempelajarinya, insya Allah banyak manfaatnya dan kemudahan yang diperoleh.

Bagi seorang guru, penggunaan ms excel ini, sangat berguna seperti membuat analisis butir soal maupun konversi nilai harian dan PAS yang pernah saya posting di situs ini.

Tujuan postingan kali ini adalah sebagai panduan untuk membuka excel, membuat tabel dan menyetting format tabel sehingga tabel terlihat rapih dan ketika dicetak juga rapih.

Membuka Microsoft Excell

Bagi orang awam, membuka software di komputer atau laptop itu membingungkan. Seperti pengalaman sendiri saat mau membuka ms word, karena tidak tahu, jadi bingung cara membukanya. hehe.

Berikut tampilan desktop di laptop atau komputer (laptop saya pake windows 10, mungkin agak berbeda dengan laptop kalian, tapi intinya sama)

tampilan desktop, klik icon excel
Gambar 1 Tampilan Desktop

Cara membuka microsoft excell ada tiga cara :

1. Klik kanan pada ikon excell (X) pada desktop. Lihat gambar di atas. Setelah klik kanan akan muncul kotak dialog, seperti gambar di bawah.

klik kanan icon excel
Gambar 2 Membuka Excel dengan Klik Kanan

Setelah kotak dialog muncul, lalu klik open. Ketika berhasil maka tampilannya seperti gambar di bawah.

lembar kerja excel
Gambar 3 Tampilan Awal Ms Excell

Tampilan ms excell, terdiri dari kolom (A,B,C dst) dan baris (1,2,3 dst). Pertemuan kolom dan baris disebut cell (sel) ditandai di kotak hitam pada gambar. Sel inilah tempat pengetikan nantinya.

2. Double Klik pada ikon Excel dengan cepat sehingga terdengar klik klik bila pakai mouse dan ketuk mouse pad bila menggunakan laptop atau notebook.

3. Membuka dengan ikon penelusuran (search ikon). Ikon ini letak dan bentuknya bisa dilihat pada gambar 1 lalu klik ikon tersebut setelah itu ketik Excel kemudian tekan enter. nanti akan muncul tampilan excelnya.

Membuat Tabel

hasil setelah tabel di format
Gambar 4 Contoh Print Preview Hasil Tabel

Worksheet ms excell sudah terbuka. Berikut langkah-langkah membuat tabel.

Langkah pertama: membuat judul

Ketik di sel A1 (kolom A baris 1) Daftar Nilai Peserta Didik, di sel A2 ketik MTs Negeri 2 Kota Cirebon lalu di sel A3 ketik Tahun Pelajaran 2019/2020, lalu biarkan saja dulu apa adanya.

Langkah kedua: membuat informasi

Ketik di A6 Kelas, di A7 ketik semester lalu di A8 ketik KKM. Lalu ketik di D6, D7 dan D8 titik dua (:), kemudian di sel E6 ketik 9A, di E7 ketik 2 dan di E8 ketik 75. Setelah itu biarkan apa adanya.

Langkah ketiga : membuat heading tabel

Heading tabel pada contoh terdiri dari No, Nama, Nilai (1,2,3), Jumlah, Rata-rata dan Keterangan (Lulus atau remedial). No diketik di sel A10, Nama diketik di B10, Nilai diketik di F10, angka 1, 2 dan 3 di ketik di sel F11, G11 dan H11. Jumlah diketik di sel I10, Rata-rata diketik di J10 dan Keterangan diketik di sel K10. Jika sudah selesai maka blok dari dari A10 (letak No) sampai K14, kemudian buat border tabel.

Langkah keempat : membuat isi tabel

Isi tabel ini maksudnya adalah membuat formula dari jumlah, rata-rata dan keterangan lulus atau remedial. Formula jumlah diisi dengan klik di kolom I12 lalu ketik =SUM(F12:H12), F12:H12 merupakan kolom yang berisi nilai ke-1 sampai nilai ke-3 dari satu peserta didik.

Formula rata-rata ditulis di sel J12 dengan rumus =AVERAGE(F12:H12) lalu tekan enter atau tab. Adapun mengisi kolom keterangan adalah dengan cara =IF(J12>=$E$8;"LULUS";"REMEDIAL") setelah itu tekan Enter. untuk memahami IF, saya akan uraikan dengan kalimat formula tersebut. Jika (IF) rata-rata nilai peserta didik A (J12) lebih besar atau sama dengan nilai KKM (E8) maka akan LULUS, jika tidak maka akan REMEDIAL.

Pada E8 terdapat tulisan $, peletakkan $ sebelum Kolom dan Baris ditujukan agar ketika di Copy Paste, sel tersebut tidak berpindah (nilai Mutlak). Caranya adalah ketik E8 lalu tekan F4 pada Keyboard.

Langkah keempat : membuat footer tabel

Footer tabel berisi titimangsa, dan area tanda tangan guru mata pelajaran.

Setting Tabel

A. Setting Judul Tabel

Tulisan judul tabel jika belum disetting maka masih ada di kiri, supaya letaknya berada di tengah-tengah tabel maka ada beberapa langkah yang harus dikerjakan. Langkah-langkah tersebut antara lain:

  1. Blok sel A1 sampai A3 tempat tulisan judul berada, kemudian geser untuk memblok sampai sel K3 (batas tabel yang sudah dibuat).

  2. Klik Menu Home, lalu klik pojok kanan bawah alignment (tanda panah kecil) sehingga mucul kotak dialog Format Cells.

  3. Klik menu Alignment lalu pada kotak Horizontal klik tanda panah ke bawah pilih Center Across Selection, kemudian klik Ok atau tekan Enter pada keyboard.

B. Setting Informasi Tabel

Cara settingnya cuma menyesuaikan lebar kolom, yaitu dengan mengarahkan kursor ke kolom A, B atau yang lainnya, kemudian letakkan kursor di batas antar kolom sehingga kursornya berubah bentuk menjadi tanda panah kanan kiri  dan garis vertikal. setelah berubah bentuk, tinggal klik kiri dan tahan kemudian gerakkan mouse nya ke kanan untuk melebarkan dan ke kiri untuk menyempitkan.

Pada gambar 4, kolom B, C, dan D diperkecil lebarnya dan kolom E diperbesar agar nama peserta didik bisa muat secara keseluruhan.

C. Setting Heading Tabel

Setting sel berisi No dengan cara blok sel A10 sampai A11 lalu klik Merge & Center. Sel berisi nama, disetting dengan cara memblok B10 sampai E11 lalu klik Merge & Center. Sel Nilai (F10) diblok sampai H10 kemudian klik Merge & Center. Kolom Jumlah disetting dengan blok  I10 sampai I11 lalu klik Merge & Center. Kolom Rata-rata dan keterangan, disetting sama dengan settingan kolom jumlah.

Jika semuanya sudah disetting, supaya rapih maka blok sel A10 (berisi tulisan No) sampai K11 kemudian klik Middle Align, klik Center, lalu Klik Bold (ikonnya B).

Middle Align merupakan perintah untuk membuat isi sel berada di tengah-tengah sel, Center sebagai perintah untuk rataan tengah tulisan, adapun Bold untuk menebalkan tulisan. Perintah bold dapat diberikan dengan perintah Ctrl+B.

D. Setting Kertas

Settingan kertas menurut saya penting agar hasil cetakan bisa rapih dan disesuaikan dengan ukuran kertas yang akan digunakan. Setting kertas ada di menu PAGE LAYOUT.

Klik menu PAGE LAYOUT lalu perhatikan area Page Setup. Pada Page Setup terdapat perintah Margin, Orientation, Size, Print Area, Breaks, Background, dan Print Titles.

Contoh tabel di gambar 4, setting kertasnya hanya menggunakan perintah Size, Orientation, Margin dan Print Area. Perintah Size adalah untuk menentukan jenis kertas apa yang akan dipakai dan mencetak file. Caranya adalah dengan klik tanda panah bawah pada Size maka akan ditampilkan beberapa ukuran kertas, tabel di atas menggunakan ukuran kertas A4, jadi klik A4.

Kertas sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan orientasi kertas apakah bentuk portrait (Vertikal) atau bentuk Landscape (Horizontal). caranya adalah dengan klik tanda panah kecil di Orientation lalu klik Portrait atau Landscape. Contoh tabel menggunakan orientasi Portrait, jadi klik saja Portrait.

Langkah berikutnya adalah menentukan margin/batas tulisan di kertas. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik Margin lalu pilih Custom Margin lalu akan muncul kotak dialog Page Setup.

  2. Klik menu Margin, bagian Left (kiri) dan Right (kanan) diisi dengan angka 0,3, bagian Top (atas) diisi dengan angka 1,4 dan bagian Bottom (bawah) diisi dengan angka 0,9.

  3. Setelah diisi lalu lihat Center on page, centang di bagian Horizaontally. Horizontally akan membuat seluruh naskah berada di tengah-tengah kertas bagian kiri dan kanannya. Adapun Vertically akan membuat naskah terletak di tengah-tengah atas dan bawah.

Hikmah

Ternyata membuat tabel yang sederhana di excell, hal pertama adalah punya gambaran tentang tabel yang akan dibuat, lalu sambil mengerjakan, belajar memahami perintah-perintah di ms excell dan tidak boleh melanggar perintah-perintah tersebut, karena hasilnya akan berbeda bahkan error. Selain itu, butuh ketekunan dan kesabaran dalam mengerjakannya.

Bagaimana dengan hidup dan pekerjaan kita yang luas, tentunya kita harus mempunyai gambaran yang jelas dari hidup dan pekerjaan kita sendiri kemudian kita memahami hidup dan pekerjaan kita serta kita tekun dan sabar dalam menjalankan hidup dan pekerjaan tersebut. Tidak boleh melanggar nilai-nilai kebaikan atau hukum-hukum yang berlaku selama menjalani hidup dan pekerjaan kita.

Penutup

Demikian panduan membuat tabel dengan menggunakan ms. excell, mudah-mudahan bermanfaat dan memberikan wawasan baru. Bila ada penjelasan yang kurang dipahami bisa ditulis di kolom komentar. Saya kira, panduan tadi membingungkan, hehehe. Panduan pembuatan tabel juga saya buatkan dalam bentuk videonya. anda bisa lihat videonya di bawah ini:

Jika kalian merasakan manfaatnya, bisa kalian share artikel ini ke teman-teman kalian, sehingga teman kalian juga mendapatkan manfaat yang sama. Terima kasih sudah berkunjung di www.ipamts.com, silahkan baca artikel-artikel lainnya. Kalian juga bisa subscribe ke situs ini, dengan klik subscribe lalu isi email kalian, kemudian muncul notifikasi, kemudian verifikasi di email kalian.

Baca juga postinga IPA MTs lainnya :

Memahami beberapa fungsi count excel

Meraih kebahagiaan sebenarnya