Pengaruh Emosi Terhadap Kerja Jantung - IPA MTs

PENGARUH EMOSI TERHADAP KERJA JANTUNG

Bismillahirrahmaniirahiim

Selamat datang di IPA MTs

Be smart with science

Setiap orang pernah mengalami depresi atau stress dalam kehidupannya. Setiap orang juga pernah mengalami bahagia dalam hidupnya. Yupa, dua hal itu silih berganti datang menghampiri seseorang selama seseorang tersebut masih hidup.

Jika kalian memperhatikan tubuh kalian sendiri saat bahagia atau depresi, maka kalian akan menemukan bahwa kondisi kejiwaan akan mempengaruhi kerja organ tubuh kalian.

Coba perhatikan saat kalian marah, apa yang terjadi dengan detak jantung kalian. Jantung kalian akan berdetak lebih kencang, begitu pula saat kalian tegang seperti takut disuntik, atau ketemu dengan orang asing. Hal tersebut terjadi tanpa kalian sadari.

Sekarang bandingkan detak jantung kalian bila kalian tersenyum atau bahagia. Apakah ada perbedaannya?. Yups, tentu ada perbedaanya. Jantung kalian akan berdetak dengan normal dan teratur. Apakah hal tersebut akan memberi pengaruh bagi kesehatan fisik kalian?

Nah, artikel sekarang akan membahas bagaimana pengaruh emosi seseorang terhadap kerja jantungnya. So, baca dengan tenang, relaks dan sampai selesai agar kalian dapat memahami apa yang kalian baca. Artikel ini dapat kamu akses di www.ipamts.com

Baca juga :

Penyakit Reproduksi dan Pola Hidup Sehat

Pengertian Emosi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), emosi merupakan luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat atau keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis seperti kegembiraan, kesedihan, keharuan dan kecintaan. Emosi juga dapat didefinisikan sebagai kegiatan perasaan, pikiran, nafsu atau keadaan mental yang hebat dan meluap. Emosi merujuk kepada keadaan kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas terhadap keadaan biologis dan psikologis dari serangkaian kecenderungan untuk bertindak.

Seperti yang ditulis oleh gurupendidikan.co.id emosi dikelompokkan ke dalam 4 kelompok yaitu :

  1. Emosi senang. Emosi ini merupakan gambaran rasa senang yang dialami seseorang, contohnya bahagia, riang, gembira dan cinta.
  2. Emosi sedih. Emosi memberikan gambaran rasa tidak senang terhadap apa yang dialaminya. Contoh emosi sedih antara lain : duka, kecewa, merana, putus asa dan lain-lain.
  3. Emosi takut. Emosi takut merupakan gambaran perasaan tidak senang terhadap objek dari dalam diri maupun dari luar dirinya. Contohnya yaitu cemas, cemburu, ngeri, malu, ragu-ragu, khawatir dan lain-lain.
  4. Emosi marah. Emosi marah merupakan gambaran perasaan seseorang terhadap suatu objek seperti peristiwa, perilaku, hubungan sosial dan lain-lain. Contoh dari emosi marah antara lain :  jengkel, jijik, dendam, kesal, sebal, benci dan lain-lain.  

Bagian-bagian Jantung dan Fungsinya

Jantung manusia terdiri dari empat ruang, yaitu ventrikel kanan dan kiri, dan atrium kanan dan kiri. Ventrikel kiri akan mengalirkan darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh. Ventrikel kanan akan mengalirkan darah yang kaya karbondioksida ke paru-paru untuk ditukar dengan oksigen. Atrium kiri merupakan bagian jantung yang akan mengalirkan darah kaya oksigen ke ventrikel kiri, dan atrium kanan akan mengalirkan darah yang kaya karbondioksida ke bagian ventrikel kaman.

Jantung tersusun atas otot-otot jantung. Otot-otot jantung merupakan otot yang kuat dan istimewa karena memiliki inti sel lebih dari satu dan bentuknya seperti otot lurik. Perlu kalian ketahui, otot lurik merupakan otot yang menempel pada rangka tubuh dan digunakan dalam aktivitas sehari-hari, makanya otot lurik itu kuat.

Cara kerja otot jantung itu secara tidak sadar, maksudnya kerja jantung tidak harus menunggu perintah dari otak. Jadi seperti otot polos gitu.. Jantung itu akan bekerja setiap saat sampai kalian hilang dari peredaran..hehe

Fungsi jantung adalah memompa darah dan plasma darah ke seluruh sel di tubuh kalian dari ujung rambut sampai ujung kaki setiap saat di sepanjang hidup kalian. Bahkan ketika kalian tidur, jantung akan tetap memompa darah. Bayangkan jika jantung kerjanya menuruti perintah otak, nanti jika tidur maka jantung kalian ikut tidur pula..

Darah yang dipompa oleh jantung dapat berisi oksigen atau karbondioksida. Oksigen sangat vital bagi keberlangsungan hidup sel tubuh dan kalian tentunya. Oksigen akan membakar glukosa dalam darah untuk menghasilkan energi. Energi akan digunakan untuk aktivitas dan memelihara organ-organ tubuh kalian. Adapun karbondioksida merupakan hasil dari pembakaran glukosa dan okaigen. Bila darah kalian kebanyakan karbondioksida, kalian akan lemas dan mengantuk. Seperti kebiasaan kalian yang tidur saat jam pelajaran. Iya ga...hehe. Tahukah kalian ternyata jantung memompa darah sebanyak 100 ribu kali sehari (alodokter.com)

Ketika jantung memompa darah, maka akan timbul detak atau denyutan. Denyut jantung dapat kalian rasakan dengan memegang dada sebelah kiri kalian atau dengan menekan urat nadi di pergelangan tangan kalian.

Denyut nadi atau jantung tiap orang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis kelamin, aktivitas, kondisi kesehatan dan bobot tubuh kalian. Denyut nadi normal rata-rata 60-100 kali per menit.

Denyut nadi seseorang dapat menentukan tekanan darahnya. Bila denyut jantung tinggi maka tekanan darahnya juga tinggi. Tekanan darah normal sebesar 120/80 mmHg. Angka 120 menunjukkan tekanan sistolik atau sistole dan angka 80 menunjukkan tekanan diastolik atau diastole. Sistole adalah tekanan darah saat jantung berdenyut dan berkontraksi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Diastole adalah tekanan darah saat darah dari atrium masuk ke ventrikel yang mana kondisi ventrikel tersebut dalam keadaan istirahat atau relaksasi.

Hubungan Emosi dengan Kerja Jantung

emosi marah, sedih, kesal dan senang dapat mempengaruhi kerja jantung seseorang
Emosi mempengaruhi kerja jantung

Seperti yang ditulis di health.detik.com, emosi seseorang memiliki kaitan dengan organ-organ vital manusia. Kemarahan berkaitan dengan kesehatan hati, kebahagiaan berkaitan dengan jantung, ketakuktan dan kesedihan berkaitan dengan kesehatan jantung dan paru-paru. Hal tersebut menunjukkan bahwa jantung memiliki hubungan yang erat dengan sebagian besar emosi, sehingga jantung dianggap sebagai pusat pikiran dan emosi.

Bagaimanakah emosi mempengaruhi kerja jantung?. Penjelasan ini, diambil dari artikel halodoc.com. Ketika seseorang emosi yang meledak-ledak maka tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dan kortisol sehingga mempercepat detak jantung dan pernafasan sehingga hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah dapat menimbulkan penebalan dinding arteri, pembekuan pembuluh darah dan pengerasan pembuluh darah arteri. Jika hal tersebut sering terjadi dapat menimbulkan keausan pada dindin arteri. Selain itu tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga dapat menyebabkan darah yang kaya oksigen dan plasma darah yang mengandung nutrisi tidak dapat tersampaikan dengan secara penuh ke sel-sel dan mengakibatkan sel tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi yang berperan dalam pembentukan energi bagi tubuh. Tekanan darah yang tinggi dapat menjadi pemicu serangan jantung, gagal jantung dan stroke. Orang sehat yang sering marah memiliki resiko terkena serangan jantung 19% lebih tinggi dari orang yang dapat mengontrol emosinya. So, kalian sebaiknya tidak marah terhadap diri, orang tua, lingkungan dan apa yang kalian alami.

Selain marah, stress dan depresi berkepanjangan dapat mempengaruhi organ jantung. Ketika stress maka pola hidup dan karakter seseorang akan berubah yang menyebabkan kondisi tubuh berubah. Perubahan kondisi tubuh inilah berpotensi mengganggu jantung.

Emosi senang atau bahagia juga mempengaruhi kesehatan jantung kalian. Ketika seseorang bahagia, tubunya akan mengsekresi hormon dopamin, oksitosin, serotonin, endorfin. Kalian dapat membaca lebih lengkap fungsi dari hormon-hormon tersebut di tirto.id dengan judul Bagaimana Menjadi Bahagia dan Menghilangkan Stress.

Baca juga artikel :

Meraih Kebahagiaan Sebenarnya

Saat kalian bahagia, detak jantung kalian akan tetap stabil dan terkendali sehingga aliran darah di dalam darah tetap mengalir dengan lancar sehingga oksigen dan nutrisi dapat tersampaikan di seluruh bagian sel tubuh dan membuat sel tubuh terpenuhi kebutuhan energinya. Cara menjadi bahagia dapat ditempuh dengan banyak bersyukur kepada Allah, mengingat Allah, berpikiran positif atau husnudzon, berbuat baik kepada sesama, hidup teratur dan sehat, serta hal-hal baik kecil lainnya.

Penutup

Setelah kalian membaca uraian di atas, apakah kalian lebih memilih marah dan stress atau kalian lebih memilih untuk bahagia. Jika kalian memilih bahagia sebaiknya kalian dapat mengontrol emosi kalian bukannya dikendalikan oleh emosi kalian. Jika kalian dapat mengontrol emosi, maka usaha kalian positif. Tetapi jika kalian dikendalikan emosi, maka usaha kalian ingin bahagia bernilai negatif. Untuk memahami usaha positif dan negatif, kalian dapat membaca artikel IPA MTs di bawah ini :

Definisi, Rumus dan Hikmah Usaha dalam Fisika

Terima kasih, kalian sudah berkunjung ke IPA MTs dan membaca artikel ini, baca artikel-artikel lainnya yang ada di IPA MTs. Mudah-mudahan kalian mendapatkan informasi dan pemahaman yang baik. Kalian juga dapat membagikan artikel-artikel tersebut ke media sosial atau whatsapp kalian melalui ikon berbagi di bawah artikel, agar saudara, teman dan orang lain juga memperoleh manfaat dan kebaikan melalui artikel yang kalian bagikan.

Cari artikel di situs IPA MTs

Terjemahkan Artikel

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe