Aplikasi laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil

APLIKASI LAPORAN CAPAIAN KINERJA HARIAN DAN BULANAN PEGAWAI NEGERI SIPIL

laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil
Aplikasi laporan capaian kinerja harian

Bismillahirrahmaanirrahiim

Sebagai seorang pegawai di pemerintahan termasuk guru, sudah sepatutnya mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan dalam melaksanakan pekerjaannya, salah satunya adalah membuat laporan capaian kinerja harian dan bulanan.

Laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negera merupakan catatan atau laporan kegiatan-kegiatan kedinasan yang dikerjakan setiap hari kerja serta sesuai tugas pokok dan fungsi dari seorang pegawai. Laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil merupakan salah satu administrasi yang harus dipenuhi untuk menjadi bukti ketercapaian sasaran kinerja yang sudah direncanakan juga menjadi syarat administrasi untuk memperoleh tunjangan kinerja pegawai.

Seorang guru PNS dalam melaksanakan tugasnya diharuskan menyusun dua macam administrasi yaitu administrasi sebagai guru dan administrasi sebagai PNS. Administrasi sebagai guru, diharuskan menyusun 4 buka kerja yaitu buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Adapun sebagai pegawai PNS, administrasi yang harus dipenuhi salah satunya adalah menyusun laporan capaian kinerja harian dan bulanan ketika melaksanakan tugas keguruannya.

Begitu banyaknya tugas administrasi yang harus dipenuhi seorang guru, maka saya berusaha menyusun sebuah aplikasi berbasis excel untuk memudahkan kerja seorang guru agar dapat memenuhi tanggung jawabnya sebagai pegawai dalam memenuhi administrasi laporan capaian kinerja harian dan bulanan. Aplikasi ini diberi nama APLAPKIN. Jika anda tertarik dan berniat mendownloadnya, anda dapat mendownload aplikasi ini di link berikut :

"Aplikasi Laporan Capaian Kinerja Harian dan Bulanan PNS"

Aplikasi ini gratis dan tidak diberi password kecuali di bagian menu saja. Hal ini dimaksudkan agar anda dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai kebutuhan anda. Tapi saya sarankan bila anda kurang menguasai excel, lebih baik gunakan apa adanya saja dan tidak menghapus rumus excel yang terdapat di dalam aplikasi APLAPKIN. Jika anda hendak mencetak, gunakanlah kertas A4.

Aplikasi laporan capaian kinerja harian dan bulanan terdiri dari 5 komponen utama yaitu bagian MENU, DATA PEGAWAI, INPUT KEGIATAN, RENCANA KINERJA, INPUT BULAN, TAHUN DAN HARI SERTA LAPORAN BULANAN.

Menu

Bagian menu merupakan tampilan awal dari aplikasi laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil yang berisi link ke komponen lain seperti data pegawai, input kegiatan, lisensi, rencana kerja, input bulan, tahun dan hari juga laporan bulanan.

Data Pegawai

Bagian dapat pegawai merupakan sheet yang berisi data-data mengenai pejabat atau pegawai yang dinilai, NIP, jabatan, unit kerja, unit organisasi, dan nama pejabat yang dinilai. Sheet ini harus diisi secara manual oleh pengguna aplikasi.

Input Kegiatan

Bagian input kegiatan adalah sheet yang berisi kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu bulan. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan sebaiknya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Pada sheet (lembar kerja) ini, anda diminta mengisi kegiatan-kegiatan beserta output dan satuan dari output kegiatan tersebut. Contohnya ketika anda menyusun naskah soal, maka kegiatannya diisi dengan menyusun naskah soal ulangan harian, outputnya diisi dengan naskah soal dan satuannya dapat diisi dengan butir atau dokumen. Tapi itu bergantung persepsi anda.

Kegiatan yang dapat diinput paling banyak 30 kegiatan yang berbeda, tidak boleh lebih. Jika lebih mungkin tidak terbaca di aplikasi.

Input Bulan, Tahun dan Hari

Bagian ini merupakan sheet yang berisi bulan, tahun dan hari yang sedang berlangsung serta tanggal pelaporan capaian kinerja bulanan. Anda harus mengisi secara manual di kolom nama bulan (sudah ada pilihannya), tahun dan hari pertama (sudah ada pilihannya) di bulan berlangsung. Adapun pada bagian tanggal laporan, anda diharapkan mengisi bagian tanggal, bulan dan tahun.

Pada sheet bulan, tahun dan hari ini, yaitu pada kolom hari, ada kolom yang berisi tulisan ISI. Kolom ISI tersebut merupakan link yang menuju format kegiatan harian yang akan anda isi atau menuju sheet tanggal dimana anda akan mengisi kegiatan pada hari itu.

Download juga : Aplikasi Konversi Nilai Harian dan PAS dengan Microsoft Excell - IPA MTs

Pada aplikasi ini terdapat sheet dengan nama 1,2,3 sampai 31. Sheet 1 merupakan sheet yang berisi kegiatan anda pada tanggal satu, begitu juga dengan sheet 2 sampai 31. Isilah sheet tersebut sesuai dengan kegiatan-kegiatan anda pada hari kerja berlangsung dan pada bulan berlangsung dengan cara memilih kegiatan dari yang sudah ada dalam pilihan ketika anda mengklik tanda panah ke bawah di kanan bawah sel pada kolom kegiatan lalu isi juga volumenya secara manual.

Untuk hari minggu anda dapat mengosongkannya dengan menghapus data kegiatan dan volume pada hari minggu karena jika hari minggu anda isi, maka akan mempengaruhi rekap kegiatan di laporan bulanan. Ingat jangan menghapus kolom yang berisi rumus.

Pada bagian input, bulan, tahun dan hari juga terdapat link lihat laporan bulanan, ketika anda klik link tersebut anda akan menuju format laporan bulanan. Ingat anda tidak boleh menginput kegiatan yang sama dalam satu hari. Jika ada kegiatan yang sama dalam satu hari cukup dengan mengisi volumenya saja.

Ketika anda ingin mencetak laporan capaian kinerja harian, anda harus mengklik sheet 1,2,3 sampai 31 atau sheet yang anda inginkaan, kemudian tekan Ctrl+P lalu tekan ENTER pada keyboard anda.

Laporan Bulanan

Bagian laporan bulanan merupakan rekap dari kegiatan-kegiatan harian anda yang anda sudah isi di sheet 1,2,3 sampai 31. Kertas yang digunakan adalah kertas A4. Ketika anda ingin mencetaknya anda klik laporan bulanan lalu tekan Ctrl+P kemudian tekan ENTER.

 Penutup

Demikian penjelasan mengenai penggunaan aplikasi laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil atau APLAPKIN. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda, dan besar harapan saya, agar anda dapat membagikan artikel ini ke teman kerja yang lain, agar mereka dapat mendownload dan menggunakan aplikasi ini. Jika ada pertanyaan, dapat gunakan fitur hubungi kami. Baca juga artikel-artikel lainnya di ipamts.com. Terima kasih

Bagikan artikel :

Translate

Pencarian