Aplikasi Konversi Nilai Harian dan PAS dengan Microsoft Excell - IPA MTs

APLIKASI KONVERSI NILAI DENGAN MICROSOFT EXCELL

mengunah nilai harian peserta didik beserta nilai pas dengan aplikasi di microsoft excel
Aplikasi konversi nilai harian dan pas

Bismillahirrahmaanirrahiim

Salah satu tugas guru adalah melaksanakan penilaian dari proses pembelajaran yang sudah dikerjakan. Kompetensi yang dinilai oleh guru ada empat yaitu kompetensi spritual (KI-1), sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4).

Penilaian kompetensi yang dikerjakan oleh semua guru mata pelajaran adalah penilaian pengetahuan dan keterampilan, adapun penilaian kompetensi spritual dan sosial biasanya bekerja sama dengan wali kelas dan guru BP/BK.

Terkadang ketika hendak memberikan nilai, ada peserta didik yang nilainya di bawah KKM, padahal sudah diremedial lebih dari satu kali tetapi tetap di bawah KKM. Berbagai cara pendekatan telah dilakukan tetapi memang kemampuan anak berbeda-beda. Ketika seorang guru memberikan nilai kepada peserta didik tersebut sesuai KKM maka bagaimana dengan nilai peserta didik lainnya yang sudah dan di atas KKM, tentunya harus dinaikkan juga agar ada keadilan diantara peserta didik. Hal tersebut terkadang membuat dilema, tetapi seorang guru itu sadar bahwa seorang peserta didik harus tetap melanjutkan pendidikannya dan meraih cita-citanya. Oleh karena itu, nilai harus tetap diberikan.

Berdasarkan hal tersebut, kami berusaha menyusun sebuah aplikasi yang memudahkan guru dalam memberikan nilai tepatnya mengubah nilai peserta didik agar dapat memenuhi KKM.

Pada artikel kali ini, kami ingin berbagi aplikasi konversi nilai harian dari KI-3 dan KI-4 agar memudahkan guru dalam memberikan nilai kepada peserta didiknya. Anda dapat mendownload aplikasinys di akhir artikel dengan nama Aplikasi Konversi Nilai Harian dan PAS. Artikel ini dapat anda akses di www.ipamts.com.

Manfaat yang diperoleh ketika menggunakan aplikasi konversi nilai harian antara lain:

  • Hanya menginput nilai harian dan penilaian akhir semester dalam bentuk angka saja maka jumlah dan rata-rata nilai sudah diperoleh.
  • Dengan mengubah nilai tertinggi dan terendah, maka nilai konversinya sudah diperoleh, jadi ga perlu repot-repot lagi mikrin gimana cara memperbaiki nilai.
  • Format nilainya juga sudah siap, tinggal cetak lalu tanda tangan dan diarsipkan
  • Ukuran file ini kecil, tidak sampai MB, jadi ga akan memakai ruang laptop banyak-banyak.

Aplikasi yang kami susun, menggunakan microsoft excell. Aplikasi ini terdiri dari :

1. Menu

Bagian menu terdiri dari :

  1. Data sekolah dan guru. Pada bagian ini, pengguna aplikasi diharuskan menuliskan nama sekolah, Kab/Kota, Titimangsa, Nama Guru, NIP, Mata Pelajaran, KKM, Kelas, Semester, Tahun Pelajaran, Nama Kepala Sekolah beserta NIP nya.
  2. Data peserta didik. Pada kolom ini, pengguna aplikasi diminta untuk mengisi nama-nama peserta didik dalam satu kelas. Anda dapat mengambil data dari file anda lalu copy dan paste dengan paste value.
  3. Nilai konversi tertinggi dan terendah. Pada kolom ini, anda diharuskan mengisi batas terendah dan tertinggi yang anda harapkan.
  4. Bobot nilai harian dan PAS. Pada kolom ini, anda diharuskan mengisi persentase atau bobot nilai dari nilai harian dan nilai dari penialain akhir semester.
  5. Link ke input nilai, cetak nilai pengetahuan dan keterampilan asli, serta cetak nilai pengetahuan dan keterampilan hasil konversi. Pada bagian ini, anda dapat menuju ke bagian-bagian lain dari aplikasi ini.

2. Input Nilai

Pada bagian input nilai, anda akan mengisi secara manual nilai-nilai peserta didik anda yang terdiri dari nilai pengetahuan dan nilai keterampilan. Nilai pengetahuan terdiri dari nilai harian dan nilai penilaian akhir semester. Jika ada peserta didik yang nilainya 0, tuliskan saja 0, nanti aplikasi ini akan mengkonversi secara otomatis.

3. Cetak Nilai Pengetahuan Asli

Cetak nilai pengetahuan asli adalah sheet dari nilai-nilai peserta didik yang belum dikonversi oleh aplikasi. Hal ini bertujuan agar dapat menjadi koreksi atau evaluasi bagi anda untuk menentukan langkah-langkah pembelajaran berikutnya dan juga mengingatkan peserta didik agar lebih meningkatkan usaha belajarnya. Anda dapat mencetaknya denga tekan ctrl+P ketika sheet terbuka.

4. Cetak Nilai Keterampilan Asli

Cetak nilai keterampilan asli adalah sheet yang berisi nilai-nilai dari keterampilan peserta didik, seperti portofolio, uji kinerja, proyek dan lain-lain.

5. Cetak Nilai Pengetahuan Konversi

Cetak nilai pengetahaun konversi merupakan sheet yang berisi nilai-nilai peserta didik yang sudah dikonversi oleh aplikasi. Daftar nilai pada sheet ini sudah kami format agar dapat digunakan sebagai dokumen administrasi anda. Anda dapat mencetaknya dengan menekan Ctrl+P di sheet tersebut

6. Cetak Nilai Keterampilan Konversi

Cetak nilai keterampilan konversi adalah sheet yang berisi daftar nilai keterampilan peserta didik yang sudah dikonversi. Kenapa sheet ini dibuat, karena jika ada peserta didik yang tidak mengikuti proses keterampilan karena berhalangan, maka ketika anda memberikan nilai 0, aplikasi dapat otomatis mengubahnya dengan nilai terendah dari kolom nilai konversi terendah.

Download jugaAplikasi analisis butir soal PG TSANI

PENUTUP

Demikian artikel aplikasi konversi nilai harian dan PAS dengan microsoft excell. Mudah-mudahan dapat memudahkan pekerjaan anda dalam menyusun nilai bagi peserta didik anda sehingga anda mudah dan peserta didik anda dapat merasakan kebaikan anda dalam pemberian nilai. Jika berminat, anda bisa download file nya di link ini :

Aplikasi Konversi Nilai Harian dan PAS

Kami berharap anda dapat membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar mereka memperoleh kemudahan juga dalam memberikan nilai kepada peserta didiknya.

Bagikan artikel :

Translate

Pencarian