Pengertian bullying dan jenisnya

Pengertian Bullying dan Jenisnya

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum wr wb. Apa kabar pembaca situs IPA MTs ? Mudah-mudahan kalian senantiasa dalam kondisi yang sehat dan sejahtera.

Apakah kalian pernah mendengar kata bullying? jika pernah, apakah kalian mengetahui apakah bullying itu? Jika tidak pernah, apakah kalian pernah mengejek, menghina, meremehkan atau menulis kata-kata buruk tentang seseorang di media sosial seperti twitter, facebook, whatsapp atau yang lainnya?

Terkadang, sadar atau tidak sadar, mungkin, kalian pernah atau sering melakukan bullying terhadap teman, saudara, tetangga atau orang didekat kalian. Mungkin karena kurangnya literasi (membaca) membuat kalian kurang memahami bahwa apa yang kalian lakukan, ucapkan dan tuliskan merupakan bullying. so, perbanyak membaca ya..hehe.

Baca juga : Memahami Tujuan Belajar di Sekolah

Untuk menambah pengetahuan kalian mengenai bullying, postingan kali ini akan menjelaskan tentang pengertian bullying dan jenis-jenis bullying, supaya kalian mengerti dan menjauhi tindakan-tindakan bullying serta mampu menggantinya dengan tindakan memuliakan saudara, teman, tetangga dan orang-orang didekat kalian. Jadi, baca dengan santai dan sampai tuntas..

Pengertian Bullying

contoh kasus bullying untuk memahami pengertian bullying
Contoh kasus : seorang anak dijauhi oleh temannya

Perhatikan gambar contoh kasus di atas. Pada gambar kalian dapat melihat bahwa ada beberapa anak yang terlihat menunjuk sambil menertawai temannya sampai temannya menutup mukanya dengan kedua tangannya. Anggap saja keempat temannya tersebut sedang menjauhi dan mengejek. Berdasarkan kasus tersebut, apakah tindakan keempat anak yang menjauhi dan mengejek salah seorang temannya merupakan bullying atau tidak ?

Baca juga : Fazilla Chapter 2 : Keluh yang Tak Tersua 

Sebelum menjawabnya sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari bullying karena sebagai awal untuk memahami hal-hal berkaitan dengan bullying.

Kata bullying merupakan bahasa Inggris dengan kata dasar bully yang berarti menggertak atau mengganggu. Bullying menurut bahasa Indonesia diartikan sebagai perundungan. Perundungan berarti proses, cara, perbuatan merundung. Adapun arti kata merundung menurut KBBI yaitu mengganggu; mengusik terus menerus; menyusahkan. Jadi, perundungan dapat didefinisikan sebagai proses, cara atau perbuatan seseorang untuk mengganggu, mengusik terus menerus, menyusahkan, menyakiti atau mengintimidasi orang lain yang lebih lemah dengan memaksa orang lain tersebut untuk melakukan apa yang diinginkan pelaku perundungan.

Pengertian lain dari bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Berdasarkan dua definisi bullying di atas dapat diketahui bahwa bullying merupakan perbuatan yang menyakiti seseorang dan dilakukan secara terus menerus.  Setelah, kalian mengetahui arti dari bullying, Kira-kira kasus di atas termasuk bullying atau bukan?

Ok, pembahasan berikutnya mengenai jenis-jenis bullying agar kalian dapat mengetahui macam-macam bullying di sekitar kalian.

Jenis-jenis Bullying

Berdasarkan penelusuran dari beberapa laman, dapat disimpulkan bahwa terdapat enam jenis bullyng. Jenis-jenis bullyng tersebut antara lain :

A. Bullyng Fisik

Pada bullyng fisik terjadi kontak fisik antara pelaku dan korban. Contoh perbuatan yang termasuk bullyng fisik antara lain : memukul, mendorong, mencubit, menggigit, menjambak, menendang, mengunci seseorang dalam ruangan, mencakar, memeras dan merusak barang orang lain. Hayuu, kalian pernah ga melakukan hal-hal seperti diatas kepada adik dan teman main atau teman sekolah?

Bullying fisik menyebabkan rasa sakit pada tubuh korban serta kehilangan benda yang dimilikinya karena perbuatan pelaku bullyng. Jadi, kalian sebaiknya menahan diri dari melakukan perbuatan-perbuatan di atas terhadap teman, tetangga dan keluarga. Bukankah, perbuatan-perbuagan tersebut juga dilarang oleh agama, norma masyarakat maupun aturan negara.

B. Bu─║lyng Verbal

Bullying verbal merupakan tindakan bullyng dengan tulisan maupun ucapan pelaku kepada korban sehingga korban merasa sakit hati atau terintimidasi. Contoh bullying verbal antara lain mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, memanggil dengan nama yang tidak pantas, sarkasme, mencela/mengejek, memfitnah, memaki dan lainnya.

Apakah kalian pernah mengucapkan sesuatu seperti mengejek/menghina teman, tetangga atau saudara sehingga orang yang kalian ejek marah dan sakit hati? Jika iya, maka kalian sudah melakukan bullying. Mulai sekarang belajarlah untuk mengatakan hal baik kepada teman, tetangga dan saudara. Islam mengajarkan kepada pemeluknya agar berkata yang baik dan benar atau diam.

C. Bullyng Non Verbal

Bullying non verbal dilakukan dengan menggerakkan salah satu anggota badan atau ekspresi muka kepada seseorang yang bertujuan merendahkan orang lain sehingga dapat merusak hubungan pertemanan dan keluarga.

Bullyng non verbal dikategorikan menjadi dua yaitu :

1. Bullyng non verbal langsung

Bullying non verbal langsung dilakukan saat pelaku bertemu atau berhadapan dengan korban kemudian melakukan gerakan anggota tubuh atau ekspresi yang merendahkan korban. Contoh bullyng non verbal langsung antara lain : melihat dengan sinis, mengacungkan jari tengah, menjulurkan lidah, menampilkan ekspresi muka yang merendahkan, mengejek atau mengancam. Bullying non verbal langsung terkadang disertai bullying fisik dan verbal.

2. Bullying non verbal tidak langsung

Tindakan yang termasuk bullying non verbal tidak langsung antara lain : mendiamkan atau mengabaikan korban karena merasa kedudukan atau fisiknya lebih baik, menceritakan kekurangan atau kelemahan korban kepada orang lain dan menghasut orang lain untuk menjauhi korban sehingga korban merasa terasingkan padahal korban tidak melakukan kesalahan, mengirimkan surat kaleng atau chat dengan nomor asing yang merendahkan korban.

D. Bullying sosial

Bullying sosial adalah penindasan yang menyebabkan nama baik atau hubungan seseorang dengan orang lain di masyarakat menjadi rusak. Tindakan yang termasuk bullying sosial antara lain : berbohong, menyebarkan rumor negatif tentang korban kepada masyarakat sekitarnya, mempermalukan korban di depan umum, dan mengucilkan korban dari lingkungan masyarakatnya.

E. Cyber bullying

Cyber bullying adalah tindakan yang merendahkan atau menyakiti seseorang melalui media sosial atau media elektronik. Contoh tindakan cyber bullying antara lain : menyebarkan video tidak pantas dari korban, membuat status yang merendahkan korban, menceritakan informasi negatif atau hoaks tentang seseorang melalui media sosial seperti facebook, youtube, instagram dan lain-lain.

Nah, sekarang ini, cyber bullying marak terjadi. Banyak berita hoax bertebaran di media sosial. Selain berita hoax, juga banyak informasi negatif yang menimbulkan kebencian kepada seseorang atau kelompok tertentu sehingga sampai menimbulkan pertikaian di dunia nyata. Jadi kalian sebaiknya dapat memilah informasi-informasi tersebut dan tidak terprovokasi terhadap berinta-berita tersebut. Tetap fokuslah dengan tindakan-tindakan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi kalian.

F. Bullyng seksual

Bullying seksual adalah perbuatan merendahkan seseorang secara seksual. Bullying seksual dapat dikategorikan sebagai perilaku agresi fisik atau verbal. Bullying seksual dapat menimpa pria maupun perempuan. Contoh tindakan dan ucapan yang termasuk bullying seksual antara lain : menggoda, memandang bagian tertentu yang membuat korban risih, menyentuh bagian tertentu dan lain-lain.

Penutup

Ok, demikian pembahasan mengenai pengertian bullying dan jenis-jenisnya, mudaha-mudahan kalian dapat menambah pengetahuan mengenai bullying dan jenis-jenisnya kemudian kalian mampu menjauhi setiap tindakan yang termasuk bullying sehingga kalian menjadi orang yang membawa kebaikan dan kedamaian bagi orang lain.

Jika postingan ini dirasa memberikan manfaat, silahkan kalian bagikan kepada teman-teman kalian agar mereka memperoleh wawasan tentang pengertian bullying berserta jenis-jenisnya lalu dapat menghindari atau mencegah diri dari melakukan perbuatan-perbuatan bullying.

Postingan ini dapat diakses di www.ipamts.com. Baca juga postingan-postingan bermanfaat lainnya di situs IPA MTs. Terima kasih sudah berkunjung, membaca postingan dan membagikan postingan di situs ini.

Bagikan  artikel :

Alih Bahasa

Pencarian