Mengenal Komponen Smartpone beserta Cara Aman dalam Penggunaan dan Perawatannya

MENGENAL KOMPONEN SMARTPHONE BESERTA CARA AMAN DALAM PENGGUNAAN DAN PERAWATANNYA

Bismillahirrahmanirrahiim

Selamat datang di IPA MTs

Be smart with science

Apakah kalian memiliki Handphone? Sebagian besar tentu memilikinya. Handphone biasa disingkat dengan HP. Kadang juga disebut dengan telepon genggam atau mobile phone karena ukurannya yang dapat digenggam oleh tangan dan dapat dipakai dimana saja.

Fungsi utama dari hp adalah sebagai alat komunikasi. Tetapi seiring perkembangan teknologi, fungsinya dapat sebagai media pembayaran, belanja, pembelajaran, design dan lain-lain. Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut, hp dikenal dengan smartphone atau telepon cerdas. Wow..keren.

Menurut databoks.katadata.co.id, pengguna smartphone pada tahun 2019 berjumlah 3,2 milyar dan perangkat aktif yang digunakan mencapai 3,8 milyar unit. Tahun 2022 diprediksi jumlah pengguna smartphone akan meningkat sampai 3,9 milyar pengguna.

Besarnya manfaat dari smartphone dalam kegiatan sehari-hari, terkadang penggunaannya kurang terkontrol sehingga membebani kerja smartphone itu sendiri lalu timbul masalah seperi error, lemot, lowbat, smartphone cepat panas atau aplikasi yang tidak berjalan seperti biasanya. Terkadang itu membuat kalian kesal dan perlu ke tukang service atau bahkan membeli yang baru sehingga pengeluaran kalian bertambah. Oleh karena itu diperlukan perawatan smartphone agar dapat beroperasi dengan baik, tahan lama dan tentunya mengurangi pengeluaran untuk servis dan tidak perlu membeli lagi.

Artikel IPA MTs kali ini akan memberikan informasi mengenai komponen smartphone disertai cara aman dalam menggunakan dan merawatnya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian agar kalian dapat menggunakan smartphone dengan bijak dan tidak membahayakan diri dan orang lain juga dapat merawat sendiri smartphone kalian. So, baca sampai tuntas agar kalian dapat memahami apa yang kalian baca serta dapat merawat smartphone kalian sendiri sehingga dapat memcegah kerusakan. Kamu dapat mengakses artikel ini di www.ipamtss.com

Komponen Smartphone

Smartphone sebenarnya mirip laptop tetapi dengan ukuran mini dan dapat digenggam. Komponen utama smartphone terdiri dari hardware dan software.

A. Hardware

salah satu perangkat keras smartphone yaitu CPU, RAM dan memory
Komponen Hardware Smartphone

Hardware adalah perangkat keras penyusun smartphone. Fungsi dari hardware adalah mendukung kerja smartphone, menampilkan atau menerima input, mengolah data, menampilkan output dan menyimpan data. Perangkat keras smartphone antara lain :

1. Baterai

Baterai merupakan komponen smartphone yang berfungsi untuk menyimpan energi listrik dan pemberi daya kepada smartphone sehingga dapat dioperasikan. Baterai smartphone termasuk sumber elemen sekunder karena sifatnya yang rechargeable atau dapat disi ulang. Pada baterai terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik atau sebaliknya.

Baca juga :

Sumber Arus Listrik Searah dan Bolak-balik

Memahami Sumber Energi Tak Terbarukan dan Terbarukan

Setiap smartphone memiliki kapasitas baterai yang berbeda tergantung dari ram dan processor yang tertanam di dalam smartphone. Semakin besar ram dan processor sebuah smartphone, semakin besar kapasitas baterainya. Kapasitas baterai merupakan kemampuan baterai menyimpan muatan listrik atau juga kemampuan menyimpan arus listrik untuk digunakan selama waktu tertentu. Satuan kapasitas baterai adalah mAh (miliAmperehour). Jika kalian mengamati spesifikasi smartphone tentu tahu akan hal ini.

2. Layar Monitor

Komponen lainnya yaitu layar monitor. Layar monitor berfungsi untuk menampilkan input atau output ketika mengopersikan smarphone. Layar monitor smarphone menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Segala perintah dan navigasi di smartphone terdapat di layar sentuh, seperti : keypad, tombol kembali, tombol menghapus, membuka aplikasi dan lain-lain.

Tahukah kalian jika layar yang dipakai di smartphone ada 6 tipe yaitu TFT LCD (Thin Film Technology Liquid Crystal Display), IPS-LCD (In-Place Switching), Capacytive Touchscreen LCD, OLED (Organic Light Emitiing Diode), AMOLED (Active-Matric Organic Light Emitting Diode), Super AMOLED. Jika kalian ingin tahu pembahasannya kalian dapat mengunjungi jogja.idntimes.com.

3. Chipset (System on Chip)

Pada chipset ini terdapat CPU dan GPU. CPU kepanjangan dari Central Processor Unit. Fungsi dari CPU adalah mengendalikan seluruh kegiatan smartphone seperti memproses input, menghitung, kecepatan operasi dan lain-lain. Jadi CPU ini dapat disebut juga otaknya smartphone. Adapun GPU adalah perangkat untuk menampilkan gambar atau grafik dengan kualitas baik. Kalau di laptop adalah VGA.

4. RAM dan Memory

RAM singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk menyimpan data aplikasi yang ada di dalam smartphone, baik itu ketika sedang dipakai atau tidak terpakai. RAM juga menentukan kecepatan dalam membuka aplikasi dan membantu pengguna smartphone untuk membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu (multitasking). Semakin besar RAM yang tertanam di smartphone akan memudahkan penggunanya untuk melakukan itu semua. RAM juga dapat menentukan harga smartphone. Semakin besar RAM nya semakin mahal tentunya. Jadi jika hendak membeli smarphone, belilah sesuai kebutuhan kalian dan penggunaan smarphone nya.

Memory adalah media untuk menyimpan gambar, video atau dokumen. Memory bawaan yang terpasang di dalam smarphone disebut internal memory, sedangkan memory tambahan dinamakan external memory. Semakin besar memory di dalam smarphone kalian, maka semakin banyak gambar, video dan dokumen yang dapat disimpan. Memory juga menentukan harga dari sebuah smarphone.

5. Kamera

Kamera adalah perangkat keras yang berfungsi mengambil gambar atau foto pengguna maupun lingkungan sekitar. Kamera smartphone terdiri dari kamera depan dan belakang. Kamera depan untuk mengambil gambar dari depan smartphone, sedangkan kamera belakang untuk mengambil gambar yang terdapat di balakang smartphone. Biasanya resolusi kamera belakang lebih besar dari kamera depan. Resolusi sebuah kamera menentukan kualitas gambar atau foto yang diambil. Semakin besar resolusi gambarnya semakin baik kualitas gambar tersebut. Tetapi jika kalian setting kamera dengan resolusi besar maka ukuran file foto atau gambar juga akan besar dan tentunya akan menghabiskan memory penyimpanan. Satuan dari resolusi gambar adalah pixel. Foto atau gambar dengan resolusi tinggi dinamakan HD (high definition). 

6. Speaker

Speaker adalah alat untuk mengubah gelombang listrik menjadi gelombang suara atau bunyi. Melalui speaker yang tertanam di smartphone, kalian dapat mendengarkan suara percakapan, video atau pesan suara juga mendengarkan musik kesukaan kalian. Kayaknya jika tidak ada speaker, smartphone kalian tidak berguna lagi. Benar tidak ?.

7. Modem

Modem ini berfungsi untuk menerima sinyal internet (WIFI) dari perangkat lain, membagikan internet ke perangkat lain, juga berperan dalam komunikasi ketika menelpon.

B. Software

contoh aplikasi yaitu whatsapps, i manager, facebook, google apps
Aplikasi di Smartphone

Software merupakan perangkat lunak yang terpasang di sebuah smartphone. Software dibagi menjadi menjadi 2 macam yaitu operating system (os) dan aplikasi. Operating system adalah program untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem termasuk aplikasi. Os yang diinstal di smartphone antara lain Android, iOS, windows phone, Blackberry OS, Symbian OS, dan lainnya. Adapun aplikasi adalah program yang diinstal sebagai fitur untuk menjalankan fungsi tertentu seperi menelpon, mengambil gambar, mendengarkan musik, searching, pengaturan dan lain-lain. Contoh aplikasi antara lain : google, whatsapp, facebook, dan lain-lain

Penggunaan Aman Smartphone

Selain memiliki manfaat yang besar, smartphone juga dapat membahayakan bila penggunaannya tidak mengikuti aturan penggunaan. Sudah banyak di berita kejadian atau kecelakaan akibat kelalaian atau ketidakpahaman saat menggunakan smartphpone. Berikut beberapa cara menggunakan smartphone yang aman :

  1. Mematikan smartphone saat sedang dicharge. Ketika smartphone kalian sedang dicharge maka suhu smartphone akan meningkat apalagi sambil digunakan untuk nonton video, searching dan membuka aplikasi yang menkonsumsi baterai banyak. Jika melewati ambang batas suhu, mungkin smartphone dapat saja meledak. Tetapi sekarang, kemungkinan itu kecil sekali, namun tetap berhati-hati.
  2. Mematikan ponsel di sekitar perangkat medis, di dalam pesawat, saat mengisi bahan bakar dan di area yang mudah meledak. Ponsel memanfaatkan gelombang radio atau gelombang elektromagnet untuk berkomunikasi. Ketika gelombang radio tersebut bersinggungan dengan gelombang radio dari hal-hal di atas maka dapat mengganggu. Seperti di SPBU yang dapat mengakibatkan salah penghitungan atau takaran bensin yang dikeluarkan.
  3. Mematikan ponsel saat ada petir karena karena arus listrik dari petir dapat dihantarkan oleh gelombang radio ponsel dan mengenai penggunanya. Tentunya kalian tidak ingin terjadi hal seperti itu. So, matikan ponsel kalian saat ada petir atau tidak jauhkan ponsel dari kalian.
  4. Tidak menerima telpon atau membalas pesan saat berkendara karena itu akan mengganggu konsentrasi kalian ketika mengendari kendaraan dan akbiatnya dapat membahayakan diri kalian sendiri dan orang lain. Jika kalian ingin menerima telpon atau membalas pesan, sebaiknya berhentikan dulu kendaraan kalian di pinggir jalan.
  5. Gunakan ponsel kalian secara wajar dan sesuai spesifikasi ponselnya.
  6. Instalah aplikasi yang terpercaya dan bebas malware atau virus karena dapat mengakibatkan hilangnya data penting yang tersimpan bahkan uang tabungan kalian bisa habis tanpa kalian sadari.

Perawatan Smartphone

Memilik hp yang awet dan dapat beroperasi dengan normal merupakan harapan setiap pengguna hp, karena dapat mengurangi biaya servis, memudahkan kalian menggunakan aplikasi-aplikasi yang terinstal dan lain-lain. Tetapi sebagian orang mungkin belum mengetahui bagaimana cara untuk merawat hp. Berikut ini, cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk pemeliharaan hp :

  • Ketika membeli hp, belilah sesuai yang kalian butuhkan. Bila untuk keperluan searching, game atau edit foto atau video, maka kalian membeli hp dengan ram minimal 4gb dengan penyimpanan internal 128 gb, baterai 5000 mAh serta processor 2 Ghz dan tentunya harga lebih mahal. Tetapi bila hanya untuk keperluan telpon dan menerima pesan belilah yang di bawah itu spesifikasinya.
  • Buatlah akun google lalu pasang di akun hp kalian, karena ketika kalian memiliki akun google maka fitur-fitur google dapat kalian aktifkan selain itu kalian diberi ruang penyimpanan 15 Gb sehingga kalian dapat menyimpan foto, dokumen dan video di google foto atau google drive, dan tentunya akan mengurangi ruang penyimpanan hp kalian.
  • Optimalkan fitur-fitur yang ada di hp kalian, karena akan meningkatkan performa atau kecepatan dari hp tersebut.
  • Jauhkan hp dari jangkauan anak-anak dan pasanglah kunci agar tidak dapat dibuka oleh anak-anak, karena anak-anak ketika menggunakan hp, mereka tidak mengerti arti dari fitur-fitur yang ada di hp sehingga kadang mengubah pengaturan yang membuat kalian bingung bahkan dapat menghapus program penting. Lebih parah lagi, membanting atau menjatuhkan hp baik sengaja dan tidak sengaja.
  • Isilah baterai hp ketika sudah ada pemberitahuan dari hp kalian untuk isi daya. Jika di hp vivo akan ada pemberitahuan saat baterai tinggal 20% dan terus akan ada pemberitahuan sampai diisi ulang.
  • Cabutlah charge setelah hp 100% terisi atau ada pemberitahuan untuk lepaskan catu daya atau juga saat charge hp kalian sudah dingin. Jangan cabut charge saat masih mengisi dan suhunya panas karena akan berdampak buruk ke baterai hp kalian. Bisa-bisa kalian harus ganti baterai.
  • Bersihkan hp dari cahce atau file-file yang sudah tidak digunakan karena akan mengurangi penyimpanan. Semakin banyak ruang penyimpanan yang terpakai maka akan mempengaruhi performa hp kalian seperti kurang respon, erro, hang, tidak dapat update aplikasi dan sistem.
  • Scan hp kalian secara berkala dengan aplikasi anti virus yang sudah menjadi bawaan hp kalian, agar hp kalian terbebas dari virus yang membahayakan software kalian.
  • Update aplikasi dan os bila ada pemberitahuan update, karena akan meringankan kerja hardware dan software hp kalian. Tetapi ketika update usahakan kuota internet mencukupi terutama saat update sistem karena jika gagal dapat mengakibatkan hp kalian mati total dan harus di lem biru.
  • Instalah aplikasi yang dibutuhkan dan copot pemasangan aplikasi yang tidak dipakai, kecuali aplikasi bawaan hp ketika pertama kali membeli. Pemasangan aplikasi dapat mengurangi RAM hp kalian. Semakin banyak aplikasi yang diinstal semakin berkurang RAM kalian sehingga dapat membuat hp kalian low respon, atau loadingnya lama.
  • Perhatikan tegangan listrik yang sesuai denga hp kalian. Lihatlah besar tegangan listrik yang sesuai di boks ketika membeli. Biasanya tegangan listrik yang dibolehkan adalah 100-240 volt. Jangan charge hp kalian di bawah atau di atas tegangan itu karena akan merusak komponen hp kalian.
  • Hindari hp kalian dari air bila hp bukan tahan air karena bila komponen listrik hp terkena air akan mengakibatkan arus pendek dan akhirnya merusak komponen listriknya kemudian hp kalian akan mati.
  • Lengkapi hp kalian dengan pelindung tebal untuk mengurangi dampak dari benturan hp dengan benda lain secara langsung.

Penutup

Demikian informasi mengenai komponen smartphone disertai cara aman dalam penggunaan dan perawatannya. Mudah-mudahan kalian dapat menggunakan smartphone kalian dengan bijak dan hati-hati serta dapat merawat dengan baik guna mencegah bahaya dan kerusakan smartphone kesayangan kalian. Bila ada tambahan, kalian dapat menambahkannya di kolom komentar. Kami berharap kalian dapat membagikan artikel ini ke teman dan saudara, melalui ikon berbagi yang terletak di bawah artikel, agar mereka mendapatkan manfaat dari artikel ini. Saling bermanfaat.

Cari artikel di situs IPA MTs

Terjemahkan Artikel

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe