Memahami Sumber Energi Tak Terbarukan dan Terbarukan - IPA MTs

SUMBER ENERGI TAK TERBARUKAN DAN TERBARUKAN

Bismillahirrahmanirrahiim

Selamat datang di situs IPA MTs

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha. Energi memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan seperti melakukan aktivitas, pemeliharaan tubuh, bahkan setiap teknologi yang dipakai membutuhkan energi.

Sumber energi utama bagi kehidupan mahluk di bumi berasal dari matahari. Energi panas matahari bagi manusia digunakan untuk memanaskan air, menjemur pakaian, menguapkan kandungan air dalam proses pembuatan garam, menghasilkan energi listrik dan lain-lain.

Sumber energi dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu energi tak terbarukan dan energi terbarukan. Sumber energi tak terbarukan adalah sumber energi yang ketersedianya terbatas, sedangkan sumber energi terbarukan merupakan sumber energi yang ketersediaanya terus menerus.

Artikel IPA MTs kali ini akan membahas tentang beberapa sumber energi tak terbarukan dan sumber energi terbarukan yang ada dalam kehidupan manusia. So, baca dengan santai dan tuntas agar kalian tidak gagal paham. Setelah kalian sselesai membaca, kalian dapat subscribe melalui email kalian dan membagikan artikel di situs IPA MTs.

Baca juga artikel Biologi bermanfaat di IPA MTs :

Memahami teknologi reproduksi tumbuhan dan hewan

Memahami reproduksi tumbuhan berbiji

Memahami proses pada sistem reproduksi manusia

Sumber Energi Tak Terbarukan

penambangan minyak bumi dari lautan, minyak bumi sebagai sumber energi tak terbarukan
Penambangan minyak di lautan - sumber : siplawfirm.id

Manusia dalam melakukan aktivitasnya membutuhkan alat atau teknologi untuk memudahkan pekerjaannya. Apakah kalian tahu apa saja teknologi yang kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari?yups, kalian belajar membutuhkan lampu, kalian ingin mengawetkan dan mendapatkan minuman yang segar kalian menggunakan lemari pendingin, ketika ingin bepergian kalian menggunakan kendaraan bermotor, kalian ingin berkomunikasi kalian menggunakan HP, kalian memasak menggunakan gas.

Ketika kalian menggunakan teknologi-teknologi di atas, agar teknologi tersebut dapat digunakan dibutuhkan energi. Lampu, lemari pendingin, HP, menggunakan listrik. Kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar seperti pertalite, premium dan pertamak. Saat kalian memasak, maka sebagian besar dari kalian menggunakan gas. Apakah kalian tahu dari mana  listrik, bahan bakar dan gas itu dihasilkan?. Listrik dan bahan bakar kendaraan sebagian besar dihasilkan dari minyak bumi, dan gas dihasilkan dari gas alam. So, minyak bumi dan gas alam merupakan sumber energi. Tetapi sayang sekali jumalahnya terbatas dan seiring waktu akan habis sehingga dikategorikan ke dalam sumber energi tak terbarukan.

Sumber energi tak terbarukan seperti minyak bumi berasal dari organisme yang mati dan terkubur di lapisan pasir dan batuan. Proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu jutaan tahun. Minyak bumi diperoleh melalui penambangan ke perut bumi. Tempat penambangannya dapat di lautan maupun daratan. Saat ini teknologi-teknologi yang digunakan manusia sebagian besar menggunakan minyak bumi sebagai sumber energinya. Bayangkan prosesnya membutuhkan jutaan tahun tapi penggunaannya dalam skala besar. Tentu ketersediaan minyak bumi akan semakin menipis. So, kalian belajarlah bijaksana dalam menggunakan teknologi-teknologi tersebut.

Sumber energi tak terbarukan lainnya antara lain : batu bara dan gas alam. Batu bara dan gas alam selain digunakan dalam keperluan rumah tangga seperti memasak, juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga uap. Minyak bumi, batu bara dan gas diperoleh melalui usaha penambangan atau eksploitasi ke dalam perut bumi.

Menurut Wahono dkk (2017) menulis bahwa sumber energi tak terbarukan seperti minyak bumi akan habis sekitar 30 tahun lagi, gas alam 47 tahun dan batu bara 193 tahun lagi. Tetapi ada artikel menarik yang ditulis oleh Flea (2015) bahwa minyak bumi tidak akan habis. Silahkan kalian baca selengkapnya di artikel Ternyata Minyak Bumi Tidak Akan Habis.

Selain ketiga sumber energi tak terbarukan yang merupakan hasil tambang di atas, sumber energi lainnya adalah nuklir. Energi nuklir merupakan energi potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus (inti) dari atom penyusunya. Nuklir diperoleh melalui reaksi fisi dan fusi. Reaksi fisi merupakan reaksi pembelahan inti atom yang menghasilkan foton dan neutron bebas (dalam bentuk sinar gamma) dan melepaskan energi yang sangat besar. Reaksi fusi adalah reaksi penggabungan atau peleburan dua atau lebih inti atom sehingga menjadi atom baru dan menghasilkan energi. Energi panas yang dihasilkan nuklir disebut radiasi nuklir. Energi yang dihasilkan oleh reaksi fisi atau fusi dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir.

Keuntungan penggunaan sumber energi tak terbarukan nuklir sebagai pembangkit listrik antara lain : efisien karena hanya membutuhkan bahan bakar sedikit, tidak menghasilkan emisi gas (gas buangan) sehingga tidak mencemari udara, tidak menghasilkan limbah padat, biaya bahan bakar rendah dan ketersediaan melimpah. Adapun kerugian yang ditimbulkan antara lain : bila terjadi kebocoran seperti di chernobyl maka limbah radioaktifnya akan bertahan selama ribuan tahun, instalasi pembangkit listrik yang super aman sehingga membutuhkan biaya besar.

Baca juga artikel fisika bermanfaat di IPA MTs :

Tumbuhan dan hewan penghasil listrik

Rumus dan contoh soal hukum coulomb

Penjelasan besaran dan satuan

Sumber Energi Terbarukan

Semakin menipisnya minyak bumi, batu bara dan gas sebagai sumber energi karena eksploitasi, maka dibutuhkan sumber energi yang dapat diperbarui atau sumber energi terbarukan dimana ketersediaannya akan terus ada sepanjang kehidupan masih berlangsung sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam hal energi.

Apakah kalian tahu, apa saja sumber energi terbarukan tersebut?. Berikut ini beberapa sumber energi terbarukan yang sudah dimanfaatkan manusia.

1. Matahari

Kalian tentu sudah mengetahui bahwa matahari merupakan pusat tata surya dan sumber energi bagi kehidupan di bumi. Energi panas yang dihasilkan oleh matahari digunakan oleh tumbuhan untuk berfotosintesis sehingga tumbuhan dapat hidup dan menghasilkan buah atau manfaat lainnya bagi manusia dan hewan. Seorang petani garam dapat menghasilkan garam melalui proses evaporasi. Panas matahari juga dapat digunakan sebagai penghasil listrik dengan menggunakan alat panel tenaga surya. Panel ini akan menyerap energi panas kemudian disimpan lalu digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Matahari akan terus ada selama belum kiamat, sehingga matahari termasuk sumber energi terbarukan. Keuntungan memanfaatkan energi matahari antara lain : sumber energi yang gratis dan produksi energi bersih. Adapun kerugiannya antara lain : sumber energi tidak tersedia selama 24 jam, memerlukan biaya pemasangan yang besar dan perlu biaya perawatan.

2. Air

pembangkit listrik tenaga air sebagai wujud pemanfaatan air sebagai sumber energi terbarukan
Pemanfaatan air sebagai pembangkit tenaga listrik - sumber : bicnets.com

Sumber energi terbarukan berikutnya adalah air. Air. Air memiliki energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial terdapat pada air terjun dan energi kinetik terdapat pada arus air. Energi inilah yang akan menggerakkan kincir air lalu menggerakkan turbin sehingga memutar komponen magnet di dalam kumparan generator kemudian terjadilah perpotongan garis-garis gaya magnet. Potongan-potongan garis gaya magnet terseebut akan menghasilkan listrik. Semakin kencang putaran magnet maka semakin besar listrik yang dihasilkan. Proses listrik yang dihasilkan pada pembangkit listrik tenaga air disebut induksi elektromagnet. Pemanfaatan air sebagai sumber energi alternatif memiliki prospek yang baik ke depannya. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dipasang di waduk atau bendungan. Menurut berita dari ayosemarang.com tahun 2019 bahwa Dinas ESDM Jawa Tengah sudah membangun sekitar 20 PLTA sebagai upaya membangun energi terbarukan.

3. Angin

kincir angin memanfaatkan angin untuk menghasilkan listrik, pemanfaatan angin sebagai sumber energi terbarukan
Kincir angin untuk pembangkit tenaga listrik - sumber : kuasakata.com

Angin merupakan aliran udara yang diakibatkan dari rotasi bumi dan karena perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Angin dapat dijadikan sebagai sumber energi terbarukan.

Angin dapat dijadikan sumber energi untuk menghasilkan listrik dengan cara memasang kincir angin di tempat terbuka. Kincir angin tersebut akan memutar turbin lalu memutar komponen magnet di dalam kumparan sehingga dihasilkan fluks magnet. Fluks magnet inilah yang dapat menghasilkan GGL Induksi (Gerak Gaya Listrik). GGL merupakan beda potensial listrik yang terjadi di ujung kumparan karena induksi elektromagnet. GGL ini yang dapat menimbulkan arus listrik.

4. Biogas

Biogas adalah gas yang diperoleh dari proses pembusukan bahan-bahan organik seperti kotoran hewan, sayur-sayuran dan lain-lain melalui proses fermentasi. Gas yang dihasilkan adalah gas metan. Gas metan dapat dijadikan sebagai bahan bakar untuk memasak dan menghasilkan listrik.

Pemanfaatan biogas sebagai pembangkit listrik dengan membakar gas metan tersebut lalu dihasilkan aliran uap bersuhu tinggi. Aliran uap itulah yang akan menggerakkan turbin di dalam generator kemudian memutar magnet di dalam kumparan sehingga dihasilkan listrik di ujung-ujung kumparan tersebut.

Baca arttikel bermanfaat di IPA MTs :

Memahami atom, ion dan molekul

Contoh soal IPA PTS Ganjil Kelas 9 SMP/MTs

Contoh soal pewarisan sifat

Soal Latihan PAT IPA Kelas 8 semester 2

Penutup

Demikian penjelasan tentang sumber energi tak terbarukan dan terbarukan. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kepada kalian. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel di situs IPA MTs. Silahkan baca artikel-artikel bermanfaat lainnya yang terdapat di situs IPA MTs dan kalian juga dapat membagikan artikel-artikel tersebut ke media sosial kalian.

Daftar Isi

Halaman Utama

Cari Artikel

Subscribe

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *