Memahami Pemuliaan Tumbuhan dan Hewan Beserta Contohnya - IPA MTs

 PEMULIAAN TUMBUHAN DAN HEWAN

Pemuliaan merupakan usaha manusia untuk mendapatkan tumbuhan dan hewan yang unggul melalui persilangan yang bertujuan mendapatkan sifat-sifat baik dan menghasilkan tumbuhan dan hewan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi maupun daya tahan terhadap penyakit sehingga mudah dalam pemeliharaannya.

Persilangan dilakukan dengan mengkawinkan dua hewan atau tumbuhan. Jadi persilangan ini ditandai dengan proses bertemunya sel sperma dan sel telur atau disebut dengan fertilisasi. Persilangan, terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  1. Single Cross yaitu persilangan antara hewan atau tumbuhan yang masih memiliki kekerabatan disebut dengan galur inbreed.
  2. Double Crosses adalah persilangan antara hasil keturunan single cross yang berbeda.
  3. Three Way Crosses adalah persilangan hasil keturunan single crosses dengan galur inbreed.
  4. Top Cross merupakan persilangan antara populasi bersari bebas dengan dengan keturunan hasil single cross.

Pernahkah kalian mendengar ayam boiler?, Ayam boiler merupakan ayam yang memiliki konversi pakan yang tinggi dibandingkan ayam kampung. Umur ayam boiler yang baru 1 bulan bobot badannya sudah mencapai 1 kilogram lebih dan ukurannya pun lebih besar dari ayam kampung. Oleh karena itu ayam ini banyak dipelihara untuk dikonsumsi dagingnya.

Ayam boiler disebut juga final stock dan merupakan hasil persilangan yang membutuhkan waktu yang lama. Proses persilangannya dengan mengambil sifat pertumbuhan daging yang bagus dari ayam-ayam lokal sampai dihasilkan ayam boiler ini. Itu adalah salah satu contoh dari pemuliaan pada hewan. selain hewan, manusia juga melakukan pemulian pada tumbuhan.

Postingan kali ini akan membahas beberapa contoh pemuliaan pada tumbuhan dan hewan, sehingga kalian mengetahui begitu besar manfaat dari ilmu genetika tentang pewarisan sifat khususnya persilangan.

Baca juga :

Reproduksi Tumbuhan Paku dan Lumut

Memahami Atom, Ion dan Molekul

Pemuliaan Tumbuhan

jagung hasil pemuliaan tumbuhan memiliki potensi unggul

Pemuliaan tumbuhan dilakukan oleh manusia bertujuan agar tumbuhan memiliki produktivitas yang tinggi, sifat-sifat yang unggul, tanaman menghasilkan buah yang seragam, dan lebih tahan terhadap hama serta penyakit (sumber : https://dosenpendidikan.co,id/pengertian-tanaman-hibrida). Hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemuliaan ini adalah pemilihan bibit unggul dan seleksi sifat-sifat unggul yang akan disilangakan. Tumbuhan hasil persilangan disebut dengan tumbuhan hibrida.

Tumbuhan hasil pemuliaan ini biasanya memiliki bentuk, rasa dan warna yang berbeda dari buah induknya. 

Contoh pemuliaan tumbuhan seperti yang disampaikan oleh kominfo.jatimprov.go,id bahwa pada bulan Juni 2019 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Indonesia telah merilis jagung hibrida dengan nama JH29 dan JH30, Varietas jagung ini, selain ditingkatkan dalam hasil produksinya, juga ditingkatkan pula kandungan protein dan karbohidratnya. Hasil panen dari JH29 mampu mencapai 13,6 ton per hektar dengan rata-rata 11,7 ton per hektar, sedangkan JH30 potensi hasilnya mencapai12,6 ton per hektar dengan rata-rata 11,3 ton per hektar. Keunggulan lainnya adalah JH29 memiliki stabilitas hasil yang luas sedangkan JH30 cocok dibudidayakan di dataran menengah dan tinggi karena memiliki daya tahan terhadap penyakit hawar daun di dataran tinggi (kominfo.jatimprov.go,id). Jagung hibrida juga biasanya memiliki umur yang singkat dari pada jagung biasa sehingga dapat dipanen beberapa kali dalam setahun.

Selain jagung hibrid, terdapat padi hibrida. Padi hibrida merupakan hasil persilangan dari dua induk yang mampu menunjukkan sifat superior (efek heterosis) terutama potensi hasilnya, akan tetapi, efek heterosis ini akan hilang pada generasi berikutnya. Padi termasuk tanaman self polinated atau mampu melakukan penyerbukan sendiri dimana serbuk sari dan ovum dihasilkan pada bunga yang sama, sehingga bila ingin disilangkan diperlukan tanaman jantan steril agar hibridisasi berlangsung sempurna.

Contoh padi hibrida antara lain varietas Arize, Intani, PPH, Bernas Prima, dan varietas IPB 4S. Varietas padi IPB 4S merupakan padi hibrida yang dikembangkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Pengembangan padi ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mencegah krisi pangan. Padi varietas ini dapat dipanen pada usia + 112 hari, memiliki tekstur yang pulen, tahan terhadap hama Tungro dan mampu menghasilkan panen sebesar 10,5 ton per hektar (Buku IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2). Salah satu kekurangan padi hibrida yaitu susah dalam memperoleh bibit/benih karena dalam mendapatkan benihnya diperlukan keahlian khusus dalam persilangan.

Tanaman lain hasil persilangan yaitu :

  • Jerpaya (jeruk pepaya). Buah ini memiliki kulit dan isi seperti jeruk tetapi bentuk dan daging buahnya seperti pepaya.
  • Cucamelon. Buah ini hasil persilangan antara buah semangka, mentimun dan jeruk nipis. Bentuknya seperti buah semangka dengan ukuran seperti jeruk purut dan rasanya perpaduan antara ketiga buah penyusunnya.
  • Memble, merupakan perpaduan antara buah melon dan blewah.
  • Nangkadak. Buah dari persilangan antara nangka dan cempedak. Bentuk seperti buah nangka dengan rasa perpaduan antara nangka dan cempedak.

Pemuliaan Hewan

ayam boiler adalah salah satu hasil persilangan pada hewan
Ayam Boiler - sumber : ilmuternak.com

Selain pada tumbuhan, pemuliaan juga dilakukan terhadap hewan. Tujuan dari pemuliaan hewan ini adalah menghasilkan hewan ternak yang berkualitas, seperti unggas (ayam) yang dapat memproduksi telur dengan jumlah banyak, menghasilkan daging, atau pada sapi yang dapat memproduksi susu dan daging dengan kualitas yang baik.

Contoh pemuliaan pada hewan yaitu ayam boiler. Ayam boiler atau ayam potong dipelihara untuk mendapatkan dagingnya. Usia pemeliharaannya kurang lebih 40 hari dengan bobot 1,4 Kg. Ayam boiler yang ada di Indonesia berasal dari Amerika, Mediterania, Inggris dan Asia. Ayam boiler dari Asia berasal dari India dengan nama Brahma. Ayam dari Inggris merupakan jenis Cornish yang memiliki tubuh pendek tetapi menghasilkan banyak daging. Ayam boiler dari Amerika berasal dari jenis Playmouth Rock dengan ciri-ciri bulu putih keabuan, tubuh besar, daging yang lezat dan menghasilkan telur dengan baik. Ayam ini berasal dari persilangan antara ayam jenis Dominique  dengan ayam jenis Black Cochin.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai pemulian tumbuhan dan hewan, mudah-mudahan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kalian. Teruslah belajar dan jadilan ahli di bidang kalian lalu gunakan pengetahuan dan keahlian kalian untuk kebaikan orang banyak.

Baca juga postingan di IPA MTs :

Karakter dan Kelainan yang Diturunkan

Struktur dan Pembelahan Sel Manusia

Cari Artikel

Subscribe

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *