Bagaimana perpanjang SIM C keliling

Perpanjang SIM C Keliling

Bismillahirrahmanirrahiim

Bagi anda pengendara motor dan mobil, memiliki SIM adalah syarat kelayakan anda dalam mengendarai kendaraan. SIM singkatan dari Surat Ijin Mengemudi. Jika anda memiliki motor, anda sebaiknya memiliki SIM C. Bila anda memilili mobil pribadi anda sebaiknya memiliki SIM A.

SIM yang anda miliki mempunyai masa berlaku selama 5 tahun. Jadi cek masa berlaku SIM anda agar tidak terlambat sehingga mengulangi kembali seperti anda membuat SIM baru. Sebelum masa berlaku SIM anda habis, anda sebaiknya lakukan perpanjangan.

Baca juga : Mengenal Komponen Smartpone beserta Cara Aman dalam Penggunaan dan Perawatannya

Memperpanjang masa berlaku SIM, dapat anda lakukan dengan mendatangi polres setempat, melalui online atau melalui pelayanan SIM keliling yang ada di kota anda. Kali ini, kami ingin berbagi pengalaman dengan memperpanjang masa berlaku SIM C dengan menggunakan pelayanan SIM Keliling di Kota Cirebon.

Ketika anda hendak memperpanjang SIM C dan berdomisili di kota Cirebon serta ingin menggunakan layanan SIM Keliling, maka anda hendaknya mengetahui jadwal pelayanan SIM Kelilimg, membawa persyaratannya serta dana. Ingat pakai masker sebagai salah satu cara mencegah penularan virus corona.

Baca juga : Mencegah penularan virus corona

Jadwal Pelayanan SIM Keliling Polres Kota Cirebon  selama bulan Maret 2021 dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

jadwal dan lokasi mobil pelayanan SIM Keliling Polresta Kota Cirebon bulan Maret 2021
Jadwal Pelayanan SIM Keliling Bulan Maret Kota Cirebon

Berdasarkan gambar dapat dilihat bahwa jadwal pelayanan SIM keliling dilakukan dari hari senin sampai sabtu, jam 9 sampai 12.00. Berikut ini hari, waktu dan tempat pelayanan SIM Keliling.

  • Senin, pukul 09.00-12.00, bertempat di Alfamart depan SMKN 1 Kedawung.
  • Selasa, Alfamart depan SMKN 1 Kedawung, Jl. Tuparev
  • Rabu, pukul 09.00-12.00, bertempat di Grage Mall Jl. Tentara Pelajar Kota Cirebon
  • Kamis, pukul 09.00-12.00, bertempat di Grage Mall Jl. Tentara Pelajar Kota Cirebon.
  • Jumat, pukul 09.00-12.00 bertempat di Disnakertrans Kota Cirebon Jl. Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon.
  • Sabtu, pukul 09.00-12.00 bertempat di Disnakertrans Kota Cirebon Jl. Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon.

Pelayanan SIM Keliling Polres Kota hanya melayani pelayanan perpanjangan SIM A dan C. Jadwal di atas mungkin dapat berubah. Di jadwal, tertulis waktunya pukul 09.00-12.00, tetapi sebaiknya anda datang jam 08.00 dan membuat daftar nama yang akan memperpanjang SIM (tidak wajib). Pengajuan permohonan perpanjangan masa berlaku SIM, pada masa pandemik dibatasi. Anda sebaiknya memperpanjang SIM satu hari sebelumnya atau hari masa berlaku SIM anda berakhir, kemungkinan dikarenakan pandemi dan untuk mengurangi kerumunan.

Baca juga : Mencegah penularan virus corona

Selain mengetahui jadwal pelayanan SIM keliling, anda juga sudah mempersiapkan syaratnya. Syarat memperpanjang masa berlaku SIM antara lain : SIM asli dan KTP bersama fotocopy masing-masing 1 lembar. Adapun surat keterangan sehat, sudah ada dokter yang memeriksa dan pemeriksaan dilakukan di dalam kendaraan SIM keliling.

Tahapan perpanjangan masa berlaku SIM melalui pelayanan SIM keliling dilakukan beberap tahap, antara lain :

  1. Menyerahkan SIM asli, fotocopy SIM dan fotocopy KTP 1 lembar kepada petugas pelayanan.
  2. Setelah itu, anda akan diberikan formulir pengajuan perpanjangan SIM. Isilah formulir tersebut sesuai data KTP dan SIM anda.
  3. Anda akan dipanggil oleh petugas kesehatan pelayanan SIM keliling, sambil menyerahkan formulir perpanjangan SIM kemudian anda akan diperiksa kondisi kesehatannya. Setelah selesai, anda membayar biaya pembuatan SIM dan pemeriksaan kesehatan.
  4. Setelah itu, anda menunggu panggilan dari petugas pelayanan SIM keliling untuk pemotretan, pengambilan sidik jari dan pencetakan kartu SIM.

Itulah ulasan mengenai perpanjangan masa berlaku SIM C dengan Pelayanan SIM keliling. Mudah-mudahan memberi manfaat kepada anda mengenai jadwal pelayanan SIM Keliling di Kota Cirebon, syarat-syarat yang harus dipenuhi dan tahapan perpanjangan masa berlaku SIM.

Baca juga : Dilema Pendidikan Ditengah Wabah Covid 19

Menurut saya, dengan adanya pelayanan SIM keliling sangat membantu dan memudahkan proses perpanjangan SIM. Akan tetapi itu terserah anda, apakah anda ingin memperpanjang masa berlaku SIM anda dengan menggunakan Pelayanan SIM keliling, dengan mendatangi Polresta atau melalui online.

Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada orang dekatmu yang membutuhkan untuk memperpanjang masa berlaku SIM. Baca juga artikel lainnya di www.ipamts.com.

Bagikan artikel :

Translate

Pencarian