Suka duka ngeblog

mengelola blog ada suka dan dukanya
suka duka ngeblog

Bismillahirrahmaanirrahiim

Ngeblog merupakan suatu kegiatan membuat blog dan membuat konten di blog. Membuat blog dapat menggunakan platform blog yang tersebar di dunia maya. Platform-platform blog yang ada antara lain blogger, wordpress, wix, dan lainnya. Konten blog dapat berupa tulisan, gambar dan video.

Bagi yang berminat buat blog dapat menggunakan platform-platform tersebut dan gratis. Kamu hanya perlu memiliki email kemudian daftar dan kamu dapat langsung membuat postingan baik berupa tulisan, gambar dan video maupun gabungan dari semuanya.

Dalam ngeblog, kamu sebaiknya menentukan satu niche atau judul blog yang khusus dan sesuai pengetahuanmu. Karena akan memudahkanmu dalam membuat postingan-postingan yang berkaitan dengan judul blog kamu. Ketika kamu menuliskan sendiri suatu konten dengan gaya tulisan dan bahasa serta kreatifitas sendiri maka kamu sudah membuat konten yang unik.

Mengelola sebuah blog diibaratkan mengelola sebuah toko. Platform blog adalah tempatnya, konten adalah barang dagangannya dan url adalah alamat tokonya. Jika blog diibaratkan toko berarti sebuah blog dapat menghasilkan uang dong? Betul, blog dapat menghasilkan uang jika blog tersebut dimonetisasi. Jadi jika blog kamu sudah siap monetisasi, maka sebaiknya kamu monetisasi saja. Salah satu monetisasi blog adalah mendaftarkan blog kamu ke google adsense.

Baca juga : Langkah Membuat Blog di Blogger dan Daftar ke Google Adsense

Google adsense merupakan salah satu program monetisasi dari perusahaan google. Ketika blog kamu didaftarkan ke google adsense kemudian dari pihak adsense menyetujuinya, maka blog kanu dapat menayangkan iklan. Dari situlah blog kamu dapat menghasilkan uang ketika ada pengunjung blog mengklik iklan yang mereka sukai di blog kamu. Ingat, jangan sampai ingin mendapatkan uang, lantas kamu berbuat curang. Ingat Allah Maha Melihat, jadi tetap junjung kejujuran walaupun berat.

Cara mendaftarkan blog ke google adsense itu mudah tapi memperoleh persetujuan dari pihak adsense itu yang butuh waktu bergantung penilaian adsense terhadap blog kamu. Ada yang cepat diterima ada juga yang lama dan butuh berbulan-bulan. Blog IPA MTs ini butuh 6 bulan sampai diterima oleh google adsense dan menayangkan iklan..maklum masih sangat baru dalam hal blogging.

Syarat agar blog kamu dapat mengikuti program monetisasi adsense, menurut pengalaman pribadi antara lain :

  1. Blog kamu sudah diindeks oleh mesin telusur google
  2. Blog kamu sudah memasang google verifikasi dan sudah diverifikasi bahwa blog tersebut milik kamu
  3. Menghapus dua baris atas dari robots.txt yang berkaitan dengan mediapartner
  4. Memiliki konten yang bermanfaat, orisinil, dan penulisan terstruktur
  5. Memasang kode adsense di blog kamu

Seandainya blog kamu sudah disetujui menayangkan iklan, bukan berarti perjuanganmu berakhir dan malas mengelola blog. Mengelola blog itu butuh konsistensi, komitmen diri dan kejujuran. Tentunya akan ada suka dan duka ketika kamu mengelola blog. Apa saja suka dukanya ngeblog? Di sini akan diberitahu. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi mungkin pengalaman kamu akan berbeda, tetapi mudah-mudahan dapat menjadi pembelajaran buat pribadi dan buat kamu, agar dapat bertahan dalam mengelola blog sehingga menjadi kebaikan buat bersama.

Sukanya ngeblog

Sukanya ngeblog itu, kamu dapat menuliskam ide-ide dan pengetahuan yang kamu pahami melalui tulisan atau postingan yang kamu buat. Jadi ide-ide dan pengetahuan itu tidak tersimpan saja dalam otak tetapi dapat disampaikan kepada orang lain melalui postingan blog.

Ketika membuat postingan di blog, tentunya kamu akan berpikir bagaimana membuat tulisan yang tepat menggambarkan apa yang kamu tahu sehingga mudah dipahami oleh orang lain. Hal itu akan mendidik kamu agar kamu memahami apa yang kamu rasa dan tahu sehingga dapat membentuk jati dirimu dan mudah memahami perasaan dan pengetahuanmu.

Postingan di blog, dapat juga berupa unek-unek atau keresahan hati terhadap sesuatu. Tetapi kamu perlu menuliskan unek-unek dan keresahanmu dengan bahasa yang sopan dan jelas serta tidak menyinggung orang lain, karena kamu dapat melanggar UU ITE. Ketika unek-unek dan keresahan tersebut sudah kamu keluarkan melalui tulisanmu, maka hati dan pikiranmu akan tenang kembali. Wah ternyata menulis di blog dapat membantu psikologi juga.

Selain tulisan, dalam membuat postingan biasanya diselipkan gambar dan video. Jadi, kamu juga akan mencari tahu bagaimana membuat gambar dengan aplikasi editor gambar seperti paint dan memasukkannya ke dalam postingan blog kamu. Oleh karena itu, kamu akan memiliki keahlian dalam mengedit gambar seperti aspek rasio gambar, resolusi dan ukuran gambar. Selain itu, kamu juga akan memperoleh pengetahuan bagaimana memasang link video dari youtube sehingga dapat ditonton di blog kamu.

Baca juga : Pendekatan saintifik untuk blog web

Melalui ngeblog, kamu akan memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru yang bermanfaat karena kamu akan banyak membaca ketika ingin membuat konten atau postingan buat blog kamu. Sadar atau tidak sadar wawasanmu bertambah dan itu sangat baik sekali.

Semakin bertambah wawasan dan pemahamanmu, maka bertambah pula kebijaksanaanmu, sehingga kamu dapat menghargai pengetahuan dan pendapat orang lain. Kebijaksanaan dapat membuatmu berpikir dan berprilaku yang baik terhadap diri dan sesama.

Yang terpenting, apa yang kamu tulis dalam postinganmu akan berguna dan memberikan kemudahan dalam memahami persoalan yang dihadapi pengunjung blog kamu. Jadi posting saja yang menurutmu baik dengan tulisan yang terstruktur dan bahasa yang mudah dipahami. Jika itu sudah dilakukan maka kamu sudah berbuat baik kepada orang lain melalui postingan blog kamu. Mudah-mudahan dicatat sebagai amal baik buat kamu.

Blog juga dapat kamu gunakan sebagai media penyimpanan dari hasil karyamu. Tetapi kamu juga perlu menyimpan hasil karyamu di laptop untuk berjaga-jaga.

Ketika blog yang kamu kelola sudah dimonetisasi, tentu setiap postingan yang kamu publish dapat memberikan tambahan pendapatan. Tentunya dapat membuat kamu senang, karena memperoleh penghasilan. Walaupun masih belum besar hehe

Itulah beberapa sukanya mengelola blog. Selain memperoleh kebaikan dalam blogging, tentu ada juga kedukaan ketika mengelola blog. Tidak mungkin kan, suka terus yang didapat, tentu ada dukanya juga. Karena di dunia ini seseorang akan mengalami senang dan susah, suka dan duka dalam segala hal.

Dukanya ngeblog

Jika kamu membayangkan dapat penghasilan besar dari ngeblog dalam waktu singkat, lebih baik kamu kembali ke realitas bahwa keberhasilan itu butuh proses. Sebaiknya kamu jalanin saja prosesmu dan menikmati proses dalam mengelola blog kamu.

Kamu harus siap dengan ejekan dan candaan orang-orang di sekitarmu tentang blog atau postingan yang kamu buat. Yang terpenting, kamu tetap konsisten dalam mengelola blog dan membuat postingan yang bermanfaat dan baik untuk dirimu dan orang lain.

Baca juga : Aplikasi laporan capaian kinerja harian dan bulanan pegawai negeri sipil

Ketika kamu ngeblog, kamu membutuhkan waktu yang tidak sedikit baik untuk memperbaiki blog, atau membuat postingan yang berkualitas. Kamu juga membutuhkan konsentrasi dan fokus agar blog dan postinganmu baik. Itu sangat melelahkan. Oleh karena itu, kamu sediakan cemilan dan minuman ketika kamu sedang mengecek, memperbaiki blog atau membuat postingan. Buat postingan ringan seperti ini, membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam sampai dipublish.

Dalam ngeblog ini, kamu harus benar-benar menyiapkan mental, karena apa yang kamu posting akan ada pujian dan kritikan. Ketika dipuji, ucapkan saja terima kasih dan alhamdulillah, kamu tidak perlu sombong atau merasa lebih baik dari orang lain. Ketika postinganmu dikritik, maka kamu tetap berlapang hati dan ucapkan terima kasih. Kamu tidak perlu marah ketika dikritik karena itu bagian dari proses. Proses menuju kesuksesan.

Ketika kamu ngeblog, kamu harus benar-benar ikhlas untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, pemikiran kepada pengunjung blogmu. Kamu tidak perlu mengharapkan sesuatu dari pengunjung blog kamu. Hanya bersyukur saja sudah ada yang mengunjungi blog kamu dan membaca postinganmu serta membagikan pengetahuanmu dengan gratis kepada orang lain walaupun kamu meraihnya dengan biaya, tenaga dan waktu. Insya Allah, Allah yang akan membalas kebaikanmu. Teruslah sebar kebaikan dan kemudahan bagi orang lain.

Sekian saja tulisan mengenai suka duka ngeblog. Tulisan ini bukan curhat tetapi berbagi pengalaman dan pengetahuan agar dapat bersama-sama berbuat baik dan bermanfaat bagi diri dan orang lain. Jika tulisan ini dirasa bermanfaat, kamu dapat membagikannya kepada orang lain secara langsung maupun melalui media sosial kamu. Baca juga tulisan-tulisan lainnya di www.ipamts.com.

Bagikan artikel :

Translate

Pencarian