Jawaban soal uji komptensi bioteknologi kelas 9

JAWABAN SOAL UJI KOMPETENSI BIOTEKNOLOGI

Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di IPA MTs

Kesempatan kali ini, kami akan memberikan jawaban dari soal uji kompetensi pada bab bioteknologi yang terdapat di buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas 9 semester 2 tahun 2018 diterbitkan oleh kemdikbud Republik Indonesia, halaman 90 sampai 93, dan disertai alasannya.

Tujuan pembahasan soal ini adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman mengenai bab bioteknologi dan cara menjawab soal IPA. Jadi dalam menjawab soal IPA sebaiknya disertai alasan yang tepat bukan menebak.

A. Soal pilihan ganda

1. Produk berikut yang dibuat dengan bantuan bakteri adalah....

  • A. Tahu
  • B. Kecap
  • C. Yoghurt
  • D. Tempe

Jawaban : C

Alasan : 

Yoghurt dibuat melalui fermentasi dengan menggunakan bakteri Lactobacillus casei, Lactobacillus bulgaricus, dan streptococcus thermophillus. Adapun kecap dan tempe menggunakan jamur jenis kapang, walaupun pada kecap ditambahkan juga bakteri. Tetapi soal ini bermaksud agar memilih produk yang hanya menggunakan bakteri. Adapun tahu dalam proses pembuatannya tidak melibatkan bakteri maupun jamur.

2. Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah....

  • A. Pemanfaatan kedelai untuk membuat tahu
  • B. Pemanfaatan bakteri untuk pengomposan
  • C. Menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi
  • D. Pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka

Jawaban : D

Alasan :

Sebelum menjawab kamu perlu memahami pengertian bioteknologi. Bioteknologi adalah pemanfaatan bakteri, jamur dan virus untuk memperoleh makanan, minuman, hewan, tanaman dan lainnya melalui proses fermentasi maupun rekayasa genetika.

Opsi A, B dan C bukan termasuk bioteknologi karena tidak terjadi proses fermentasi maupun rekayasa genetika. Jadi jawaban yang tepat adalah D karena asam cuka (asam asetat) merupakan hasil fermentasi bakteri terhadap alkohol.

Baca juga Pengertian bioteknologi konvensional dan modern serta perbedaannya

3. Adonan roti yang sudah diberi khamir (Saccharomyces cerevisiae) harus ditutup rapat dengan tujuan agar....

  • A. Khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
  • B. Khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan oksigen
  • C. Khamir melakukan respirasi aerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon diolsida
  • D. Khamir melakukan respirasi anaerob yang akan menghasilkan alkohol dan karbon dioksida

Jawaban : D

Alasan :

Perhatikan pertanyaannya ada kata ditutup rapat itu menandakan tidak boleh ada udara yang masuk. Berarti saat pembuatan roti, terjadi fermentasi anaerob dimana respirasi bakteri yang ditambahkan tidak membutuhkan oksigen. Kamu juga perlu ingat bahwa fermentasi anaerob akan mengubah karbohidrat menjadi alkohol dan karbon dioksida. Alkohol akan memberikan aroma khas pada roti, dan karbon dioksida membuat adonan roti mengembang.

4. Jamur Aspergillus wentii berperan dalam pembuatan....

  • A. Tapai
  • B. Oncom
  • C. Tempe
  • D. Kecap

Jawaban : D

Alasan :

Tapai menggunakan bakteri Sacharomyces cerevisiae yang mengubah karbohidrat menjadi alkohol dan karbondioksida. Oncom menggunakan jamur jenis neurospora seperti Neurospora sitophila dan Neurospora intermedia untuk oncom merah, sedangkan oncom hitam menggunakan jamur Rhizopus oligosporus. Tempe menggunakan jamur Rhizopus oryzae dan Rhizopus oligosporus. Kecap memanfaatkan jenis jamur Aspergillus seperti Aspergillus oryzae, Aspergillus sojae dan Aspergillus wentii.

Baca juga : Produk bioteknologi konvensional

5. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi seperti pembuatan tapai adalah....

  • A. Glukosa → CO₂ + H₂O + energi
  • B. Glukosa → CO₂ + Alkohol + energi
  • C. Glukosa + O₂ → CO₂ + H₂O + energi
  • D. Glukosa + O₂ → CO₂ + Alkohol + energi

Jawaban : B

Alasan : 

Fermentasi pada tapai terjadi secara anaerob dan bakterinya akan mengubah karbohidrat (glukosa) menjadi alkohol dan karbondioksida serta energi. Jadi bakteri tersebut mendapat energi untuk bertahan hidup dengan cara menguraikan glukosa kemudian dihasilkan juga produk sampingan berupa alkohol dan karbon dioksida.

6. Prinsip pada bioteknologi industri adalah...

  • A. Menggunakan teknik fermentasi
  • B. Memproduksi barang dan jasa untuk kebutuhan komersil
  • C. Menggunakan bioteknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen
  • D. Memproduksi barang dan jasa dalam skala besar dengan cara efisien melalui pemanfaatan mikroorganisme

Jawaban : D

Alasan :

Bioteknologi dalam kegiatan industri dilakukan untuk menghasilkan produk bioteknologi dalam jumlah besar dan dengan waktu yang singkat

7. Semakin meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia, mendorong dikembangkannya bioteknologi yang dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan dengan kualitas tinggi. Berikut upaya yang dapat dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, kecuali....

  • A. Pengambangan kloning
  • B. Pengembangan hewan transgenik
  • C. Pengembangan protein sel tunggal
  • D. Pengembangan teknik fermentasi makanan

Jawaban : D

Alasan :

Jumlah penduduk yang semakin banyak maka jumlah bahan pangan yang harus diproduksi juga harus semakin banyak dan dengan waktu yang singkat agar bahan pangan selalu tersedia sehimgga mampu mencukupi kebutuhan penduduk. Cara yang tepat untuk meningkatkan produksi bahan pangan dengan waktu yang singkat dapat dilakukan melalui bioteknologi modern atau rekayasa genetika seperti kloning yang akan menghasilkan hewan dan tumbuhan transgenik. Selain itu dapat juga dengan membuat makanan baru yang berasal dari mikroorganisme uniseluler yang kaya protein melalui pengembangan protein sel tunggal (PST). Adapun teknik fermentasi kurang cocok karena proses fermentasi membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada teknik rekayasa genetika.

8. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak negatif bagi lingkungan. Salah satu dampak negatif bioteknologi bagi lingkungan adalah...

  • A. Menghasilkan limbah yang tinggi
  • B. Menghasilkan alkohol yang tinggi
  • C. Menciptakan bahan pangan transgenik
  • D. Mengurangi plasma nutfah

Jawaban : D

Alasan :

Bila serbuk sari tanaman transgenik menempel pada putik tanaman alami akan dapat mengubah tanaman alami tersebut menjadi tanaman transgenik beserta keturunannya dan hal tersebut akan mengurangi plasma nutfah tanaman alami. Selain itu, serbuk sari tanaman transgenik juga dapat membunuh serangga bila termakan sehingga mengurangi jumlah populasi serangga serta mengganggu ekosistem.

Baca juga : Dampak penerapan bioteknologi

9. Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ....

  • A. Kloning
  • B. Mutasi
  • C. Transplantasi
  • D. Rekayasa genetika

Jawaban : C

Alasan :

Penyisipan gen pembentuk insulin disebut dengan transplantasi gen. Proses transplantasi gen ini terdapat pada pembuatan hewan dan tumbuhan dengan cara kloning. Kloning merupakan salah satu teknik dalam rekayasa genetika untuk menghasilkan tumbuhan dan hewan yang identik dengan induknya. Adapun mutasi merupakan perubahan susunan DNA atau gen yang dapat diakibatkan oleh radiasi sehingga mengubah fenotip dari individu.

10. Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena ....

  • A. Diproduksi dalam skala besar dengan memanfaatkan mikroorganisme
  • B. Proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan bakteri
  • C. Proses pembuatannya melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan Saccharomyces
  • D. Proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan Saccharomyces

Jawaban : D

Alasan :

Vaksin merupakan bakteri atau virus tertentu yang dilemahkan kemudian dimasukkan ke dalam tubuh guna mencegah penyakit atau gangguan dari bakteri atau virus yang sebenarnya jika memasuki tubuh. Bakteri atau virus termasuk mikroorganisme (organisme yang berukuran sangat kecil). Jadi pembuatan vaksin memanfaatkan mikroorganisme. Bila suatu produk dihasilkan dengan memanfaatkan mikroorganisme maka produk tersebut disebut produk bioteknologi.

B. Soal essai

1. Perhatikan data gizi bahan makanan pada tabel berikut :

perbedaan kandungan zat gizi kedelai dan tempe
Tabel komposisi zat gizi kedelai dan tempe

Data tabel di atas merupakan komposisi zat gizi pada kedelai dan tempe. Berdasarkan tabel tersebut komposisi gizi kedelai lebih bagus dari pada tempe, tetapi mengapa mengonsumsi tempe lebih baik daripada mengonsumsi kedelai ?

Karena keunggulan yang dimiliki tempe yaitu kandungan energi dan lemak yang lebih rendah dari kedelai sehingga tidak membuat badan gemuk, terhindar dari resiko penyakit kolesterol yang dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah, juga aman dikonsumsi penderita diabetes. Kelebihan tempe lainnya adalah kandungan karotin dan air yang lebih tinggi dari kedelai sehingga baik untuk kesehatan mata dan melancarkan metabolisme tubuh.

2. Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan ?

Proses kloning dilakukan dengan memasukkan inti sel somatis dari bagian tubuh hewan kemudian dimasukkan ke dalam sel telur yang sudah dipisahkan inti selnya lalu menanamkan sel telur tersebut ke dalam hewan lain agar dapat tumbuh dan berkembang sampai dilahirkan

3. Bioteknologi berkembang dengan sangat pesat. Sebutkan lima contoh bahan pangan yang merupakan produk hasil bioteknologi yang dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari !

Lima contoh bahan pangan hasil bioteknologi antara lain tempe, oncom, keju, golden rice dan jagung.

Baca juga : Contoh produk bioteknologi modern

4. Perkembangan bioteknologi terus meningkat, sejalan dengan peningkatan kebutuhan pangan masyarakat. Menurut kamu apa dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan ?

Dampak negatif penerapan bioteknologi bagi lingkungan adalah timbulnya polusi gen yang menyebabkan berkurangnya plasma nutfah dan variasi genetik pada tumbuhan juga membunuh serangga sehingga mengganggu kestabilan ekosistem di masa mendatang.

5. Sebutkan tiga alasan mengapa perlu dikembangkan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik?

Tiga alasan perlunya pengembangan bioteknologi hewan dan tumbuhan transgenik yaitu :

  1. Jumlah penduduk yang semakin bertambah sehingga jumlah pangan yang berasal dari hewan dan tumbuhan perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduk.
  2. Kandungan gizi dalam pangan yang perlu ditingkatkan agar dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Melalui pengembangan hewan dan tumbuhan transgenik, hal tersebut dapat dilakukan.
  3. Perlunya bahan pangan yang murah agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Budidaya hewan dan tumbuhan biasanya mengeluarkan biaya yang besar agar hewan dan tumbuhan dapat tumbuh optimal juga terhindar dari penyakit. Hewan dan tumbuhan transgenik dapat dimodifikasi gennya agar tahan terhadap hama dan penyakit

Demikian jawaban beserta alasan dari soal-soal pada uji kompetensi bioteknologi mata pelajaran IPA SMP/MTs kelas 9. Mudah-mudahan dapat membantu kamu memahami materi bioteknologi ini. Jika ada jawaban atau alasan yang kurang tepat, kamu dapat menghubungi kami di bagiaj hubungi kami. Tolong bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar mereka juga dapat memahami materi bioteknologi.

Bagikan artikel :

Translate

Pencarian