Cara Penyebaran Biji pada Tumbuhan - IPA MTs

PENYEBARAN BIJI PADA TUMBUHAN

Pernahkah kalian melihat di halaman rumah atau pot tanaman tiba-tiba ada tumbuhan lain padahal kalian tidak pernah menanamnya? Kok bisa ada tanaman yang tumbuh di halaman atau pot tanaman, padahal kalian tidak pernah menanamnya.

Jika kalian melihat ada tumbuhan lain di halaman rumah kalian atau pot kalian, berarti kalian sudah melihat penyebaran biji tumbuhan. Penyebaran biji tumbuhan itu dapat dilakukan oleh angin, serangga bahkan kalian sendiri. Jadi penyebaran biji tumbuhan tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan ada perantara atau vektor atau media.

Apa saja yang menjadi perantara dalam penyebaran biji tumbuhan dan bagaimana caranya?. Postingan kali ini, akan membahas perantara atau media yang dapat membuat biji tumbuhan tersebar disertai cara penyebarannya. 

Cara Penyebaran Biji Tumbuhan

A. Anemokori (angin)

Anemokori merupakan proses penyebaran biji dengan bantuan angin. Ciri tumbuhan yang penyebarannya dengan cara ini adalah bijinya kecil, ringan, dan bersayap. Contohnya adalah biji bunga Dandelion. Biji yang ringan dan kecil tidak terlalu dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Keberadaan sayap pada biji membantu biji mudah terbawa angin. Arah gerak biji mengikuti arah gerak angin.

anemokori adalah salah satu cara penyebaran biji yaitu melalui angin
Penyebaran Biji dengan Angin

B. Hidrokori (air)

Hidrokori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan air. Ciri tumbuhan yang penyebarannya dengan cara ini adalah hidupnya di dekat daerah perairan, misalnya di pantai ataupun tumbuhan yang hidup di air, contohnya adalah pohon kelapa dan bakau.

Biji kelapa tergolong biji tumbuhan yang berukuran besar, dapat mencapai ukuran diameter 15 cm. Biji kelapa diselubungi oleh buah yang terdiri atas tempurung kelapa, sabut kelapa, dan kulit kelapa. Meskipun berukuran besar, buah dan biji kelapa dapat mengapung di air dan dapat mengalir mengikuti arus air. Kelapa dapat mengapung di air karena sabut buah kelapa memiliki banyak rongga udara. Pada saat berada di air, sabut kelapa dapat terapung karena bagian dalamnya berongga, sehingga mengurangi massa jenis kelapa dari air. 

c) Zookori (hewan)

Zookori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan hewan. Penyebaran ini dibagi menjadi empat, yaitu entomokori, kiropterokori, ornitokori, dan mammokori.

Entomokori adalah penyebaran biji dengan perantara serangga. Contoh biji yang disebar dengan cara ini adalah wijen dan tembakau.

Kiropterokori adalah penyebaran biji dengan perantara kelelawar. Contohnya pada tanaman jambu biji dan pepaya.

Ornitokori adalah penyebaran biji dengan perantara burung. Tumbuhan yang penyebarannya dengan cara ini adalah tumbuhan yang buahnya menjadi makanan burung, tetapi bijinya tidak dapat tercerna. Biji tersebut akan keluar dari tubuh burung bersamaan dengan kotoran burung. Contohnya adalah beringin dan benalu.

Mammokori adalah penyebaran biji dengan perantara mamalia. Contohnya adalah hewan luwak yang membantu dalam proses penyebaran biji kopi. 

d) Antropokori (manusia)

Antropokori adalah proses penyebaran biji dengan bantuan manusia. Proses penyebaran dengan cara ini dapat terjadi secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Penyebaran biji yang secara tidak sengaja dilakukan oleh manusia apabila biji tumbuhan tersebut memiliki struktur yang mudah melekat pada pakaian atau sandal atau sepatu. Sebagai contohnya adalah rumput dan lumut. Ketika kalian menginjak rumput atau lumut, pada saat itulah spora dari lumut menempel pada sepatu atau sandal kalian, kemudian spora tersebut berpindah dari tempat asalnya sesuai perpindahan kalian.

Penyebaran biji dengan sengaja merupakan proses penyebaran biji atau benih tumbuhan dengan kesadaran kalian seperti kalian menanam biji di halaman kalian atau di bidang pertanian, yaitu ketika menanam padi, jagung, dan tanaman lain.

Baca juga artikel bermanfaat lain :

Pengertian dan Jenis-jenis Penyerbukan pada Tumbuhan

Hikmah 

Berdasarkan uraian di atas, penyebaran biji dapat dilakukan oleh angin, air, hewan dan manusia. Biji tersebut dapat berkembang dengan baik bila kondisi lingkungannya optimal. Apa hikmah yang dapat diambil? 

Kita hendaknya tinggal di lingkungan yang baik agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Jauhi pergaulan buruk yang dapat menghancurkan kehidupan kita. Bergaulah dengan orang-orang yang baik, karena itu akan mempengaruhi cara berpikir dan bertindak kita. 

Penutup 

Sekian pembahasan tentang penyebaran biji tumbuhan, mudah-mudahan dapat menambah referensi bacaan dan wawasan kalian. Silahkan kalian share postingan ini.

Baca artikel bermanfaat lain:

Meraih kebahagiaan sebenarnya

Cara format flasdisk error

Alih Bahasa

Pencarian