Peran tanah bagi mahluk hidup

peran tanah bagi mahluk hidup
Peran tanah bagi kehidupan mahluk

Bismillahirrahmaanirrahiim

Bumi yang kamu tinggali ini terdiri dari daratan dan lautan. Persentase luas daratan adalah sekitar 30%, dan lautan adalah 70%. Walaupun hanya 30% dari luas permukaan bumi, daratan tersebut merupakan tempat tinggal bagi manusia dan mahluk darat. Daratan berupa tanah.

Tanah berasal dari proses pelapukan batuan dengan bantuan organisme. Proses pembentukan tanah disebut pedogenesis. Tanah tersusun dari mineral (bahan anorganik), bahan organik, air dan udara.

Tanah merupakan tempat hidup bagi mahluk hidup. Struktur tanah yang berongga memungkinkan akar tumbuhan bernafas. Tanah juga merupakan salah satu komponen penting bagi keberlangsungan hidup mahluk di bumi.

Jadi, tanah memiliki peranan yang penting bagi mahluk hidup yang tinggal di atasnya. Apa saja peran tanah bagi kehidupan mahluk bumi? Artikel ini akan membahas mengenai peran tanah bagi mahluk hidup. Baca sampai tuntas ya.

Tanah Sebagai Tempat Tinggal

Tanah memiliki peran sebagai tempat tinggal bagi manusia, tumbuhan, hewan, bakteri dan organisme lainnya. Ada yang hidup di atas permukaan tanah dan ada juga yang hidup di dalam tanah.

Manusia, hewan dan tumbuhan tingkat tinggi, serta jamur hidup di atas permukaan tanah. Adapun organisme dekomposer, sebagian serangga, monera dan protista hidup di dalam tanah.

Mahluk hidup yang tinggal di atas permukaan tanah akan membangun rumah atau sarang, kecuali tumbuhan. Rumah atau sarang dibangun sebagai tempat tinggal, untuk menyimpan makanan, dan berlindung dari serangan mahluk lain maupun lingkungan seperti hujan, panas, angin dan lainnya.

Ayah, ibu, dan saudaramu tinggal di dalam rumah yang dibangun di atas permukaan tanah. Rumahmu melindungi kamu dari hujan, cuaca panas atau dingin sehingga memberikan rasa aman dan nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bersyukur kepada Tuhan dan ayah ibumu yang sudah membangunkan rumah untuk tempat tinggal.

Tanah sebagai Tempat Aktivitas

Sebagian besar aktivitas mahluk darat dilakukan di atas tanah. Tujuan mahluk hidup beraktivitas adalah untuk mencari makan, berkembang biak, melindungi diri dan lainnya.

Oleh karena itu, dengan melakukan aktivitas mahluk hidup dapat memenuhi kebutuhan untuk tubuhnya, mahluk lain dan lingkungannya. Jadi kamu sebaiknya tetap beraktivitas. Tentunya akvitas yang baik dan bermanfaat.

Ketika kamu bergerak, maka otot-ototmu akan ikut bergerak sehingga tetap terjaga elastisitasnya. Hal tersebut membuat otot badanmu sehat.

Aktivitas tumbuhan disebabkan oleh rangsangan dan disebut irritabilitas. Bagian tumbuhan seperti akar akan bergerak mencari kemudian menyerapnya melalui rambut akar lalu menyalurkannya ke batang dan daun. Gerak akar tumbuhan mencari air disebut hidrotropisme.

Tanah sebagai Penyedia Air dan Mineral

Air merupakan salah satu bahan yang sangat dibutuhkan oleh mahluk hidup. Tanpa air mahluk hidup akan mengalami kepunahan.

Manusia dan hewan membutuhkan air untuk proses metabolisme tubuh, menjaga suhu tubuh, mencegah terjadinya dehidrasi dan lainnya. Tumbuhan memerlukan air agar dapat melakukan fotosintesis yang akan menghasilkan glukosa untuk bahan pembentukan energi sehingga tumbuhan dapat bertahan hidup. Bakteri membutuhkan air agar dapat tumbuh dan berkembang.

Baca juga : Pengertian, bahan, proses, hasil dan manfaat fotosintesis pada tumbuhan

Air yang dibutuhkan mahluk darat berasal dari air dalam tanah. Hal tersebut menunjukkan bahwa tanah memiliki kemampuan menyimpan air. Selain dari tanah, air juga dapat diperoleh dari sungai. Manusia memperoleh air dengan memanfaatkan sumur bor atau sumur tradiolsional atau juga mengambil dari sungai. Air yang baik dikonsumsi adalah air yang jernih, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa.

Selain menyediakan air, tanah juga menyediakan mineral-mineral. Mineral dalam tanah berasal dari pelapukan batuan secara fisik maupun kimia, dan pembentukan kembali kristal-kristal dari senyawa hasil pelapukan lainnya.

Mineral-mineral dalam tanah berperan sebagai indikator cadangan sumber hara dalam tanah, indikator muatan tanah dan indikator lingkungan pembentukannya. Mineral-mineral tersebut dibutuhkan oleh tumbuhan dan organisme lain dalam tanah. Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan, mineral dikelompokkan menjadi dua yaitu mineral makro dan mikro.

Mineral makro adalah mineral-mineral.yamg dibutuhkan dalam jumlah banyak. Contoh mineral makro antara lain : karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur, fosfor, kalium, kalisium dan magnesium. Mineral-mineral tersebut biasa disingkat CHONSPKCaMg.

Mineral mikro merupakan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Contohnya adalah besi (Fe), tembaga (Cu), seng (Zn), klor (Cl), mangan (Mn), borium (Bo) dan molibdenum (Mo).

Tanah sebagai Penyedia Bahan Kebutuhan Sehari-hari

Coba kamu perhatikan seseorang yang sedang membangun rumah. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan ? Ok. Kamu benar. Bahan yang dibutuhkan dalam membangun rumah antara lain batu bata, semen, pasir dan air.

Batu bata dibuat dari tanah liat basah. Tanah liat basah tersebut diletakkan di dalam cetakan lalu dijemur kemudian dibakar. Selain bahan untuk membuat batu bata, tanah liat juga digunakan untuk membuat karya seni patung, kerajinan, dan alat-alat rumah tangga tradisional seperti kendi, penampung air dan lainnya.

Semen merupakan alat perekat antar bahan-bahan bangunan seperti merekatkan pasir, merekatkan batu bata dan lainnya. Semen terbuat dari campuran kapur dan tanah liat. Semua itu berasal dari tanah. 

Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas, kamu dapat mengetahui bahwa tanah memiliki peran yang sangat penting bagi mahluk hidup. Tanah dapat berperan sebagai tempat tinggal, tempat aktivitas, penyedia air dan mineral serta penyedia bahan-baham kebutuhan sehari-hari. Kamu dapat mencari peran-peran tanah yang lainnya.

Karena tanah memiliki peran yang penting, sebaiknya kamu berusaha menjaga tanah tersebut dengan baik agar tidak rusak sehingga menyebabkan kesusahan bagi kamu sendiri. Sebaiknya kamu juga tidak mengekspliotasi tanah secara berlebihan karena pembentukan tanah memerlukan waktu yang sangat lama. Jadilah orang yang bijak dalam mengelola tanah.

Sekian penjelasan mengenai peran tanah bagi mahluk hidup. Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan kamu bagikan kepada teman-temanmu agar mereka memperoleh manfaat dari apa yang kamu bagikan. Baca juga artikel lainnya di www.ipamts.com.

Bagikan artikel

Translate

Pencarian