Manfaat Ingus, Urin dan Feses - IPA MTs

MANFAAT INGUS, URIN DAN FESES BAGI KESEHATAN

ingus disebut juga mukos, urin normal berwarna kuning atau jernih, warna feses menunjukkan kesehatan
Manfaat Ingus, Urin dan Feses bagi Kesehatan

Bismillahirrahmanirrahiim

Selamat datang di IPA MTs

Jika kalian mengunjungi halaman ini dan membaca judulnya, mungkin ada sebagian dari kalian yang merasa jijik padahal ketiga hal tersebut ada di dalam diri kalian masing-masing. Bahkan tubuh kalian selalu memproduksinya.

Mungkin kalian pernah mendengar istilah "anak ingusan". Istilah tersebut biasanya ditujukan kepada orang yang belum banyak pengalamannya atau dianggap masih anak-anak. Tetapi kenapa ada istilah tersebut? Biasanya istilah diambil berdasarkan kondisi nyata tetapi maknanya menuju kepada sifatnya.

Anak ingusan, menunjukkan anak balita yang masih keluar ingusnya yang tanpa disadari diseka pakai telapak tangannya dan mungkin sampai dijilatnya..hehehe..

Tahukah kalian, ingus itu apa dan manfaatnya apa?. Nah. Artikel kali ini akan membahas tentang itu. Selain membahas ingus, dibahas juga tentang urin dan feses. So, baca dengan tenang, santai dan sampai tuntas supaya dapat mengerti apa yang kalian baca.

Ingus

Ingus adalah cairan kental yang terdapat di organ dalam tubuh manusia. Ingus dalam bahasa biologi disebut dengan mukos. Jadi ingus itu bukan yang keluar dari hidung saja.

Mukos diproduksi oleh kelenjar melalui proses sekresi. Mukos bisa berfungsi sebagai enzim, membasahi organ dalam sehingga organ tersebut terjaga kelembabanya, menyesuaikan suhu udara yang masuk ke organ pernafasan agar sesuai dengan suhu tubuh. Bila organ dalam tubuh manusia tidak dilapisi dengan mukos ini, kayaknya organnya akan cepat rusak, jika organnya rusak maka kalian tentu bisa membayangkannya sendiri.

Pada mulut terdapat mukos berupa cairan ludah. Cairan ludah ini diproduksi oleh kelenjar ludah atau kelenjar saliva. Cairan ini bermanfaat untuk memudahkan gigi untuk memecahkan makanan yang masuk serta menghaluskannya juga untuk mencerna kandungan karbohidrat di dalam makanan dengan enzim ptialin.

Kerongkongan kalian dilapisi oleh mukos yang berguna untuk memudahkan makanan menuju lambung. Bayangkan bila tidak ada mukos, apa yang terjadi dengan kalian?

Pada sistem pernafasan kalian, organ-organnya seperti hidung, tenggorokan, bronkus dan paru-paru dilapisi dengan mukos. Mukos pada hidung berguna untuk menyesuaikan suhu udara yang masuk ke sistem pernafasan dan melekatkan debu atau bakteri yang masuk bersama udara yang dihirup. Ketika ada bakteri atau virus yang masuk maka mukos akan lebih banyak diproduksi sehingga kadang membuat hidung tersumbat atau keluar dari hidung. Tujuannya agar dapat menghambat virus atau bakteri tersebut masuk lebih dalam sehingga nanti dapat menginfeksi organ lainnya. Wow ternyata tubuh punya mekanisme penjagaan yang super ketat..makanya manusia selalu dalam keadaan sehat.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai ingus atau mukos. Jika dijelaskan satu persatu maka akan jadi tulisan yang panjaaaaaang banget. Sekarang kalian ikuti pembahasan mengenai urin di bawah ini.

Urin

Selain ingus, cairan lainnya adalah urin atau air kencing atau air seni.. Kenapa ya disebut air seni ? Seninya di mana? Hehe.

Urin merupakan cairan yang dihasilkan dari metabolisme tubuh atau dikenal dengan zat sisa metabolisme. Proses pembentukannya disebut dengan proses ekskresi. Urin dihasilkan oleh organ ginjal. Jumlah ginjal ada dua, letaknya di pinggang kanan dan kiri. Ginjal memproduksi urin dalam tiga tahap yaitu filtrasi, reabsorbsi dan augmentasi.

Urin sebagian besar mengandung air, bilirubin dan urea yang berasal dari hati. Urea walaupun merupakan protein dan berguna bagi tanaman tapi racun bagi tubuh manusia sehingga harus dikeluarkan. Jadi jika kalian ingin pupuk gratis untuk tanaman kalian. Kalian tahu kan harus bagaimana? Haha, jangan dilakukan deh karena itu melanggar etika.

Selain membuang zat yang tidak berguna bagi tubuh, urin juga berperan dalam pelepasan panas tubuh sehingga suhu tubuh tetap stabil dan mengatur cairan dalam tubuh agar tetap seimbang. Jika kalian buang air kecil sebaiknya kalian minum segelas air jernih untuk mengembalikan cairan yang sudah terbuang. Kalian sebaiknya minum air jernih sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 30 cc per kg bobot badan. Misal bobot badan kalian 40 kg maka kebutuhan air jernih sebanyak 1200 cc atau 1,2 liter per hari dan jumlah tersebut sebaiknya dipenuhi baik musim panas atau dingin. Kebutuhan akan air akan bertambah seiring aktivitas kalian juga. Kenapa tubuh butuh air sebanyak itu ? Karena menjaga keseimbangan cairan tubuh yang dapat hilang melalui pengeluaran urin dan keringat juga menjaga ginjal tetap sehat dan normal.

Ciri-ciri urin orang sehat antara lain warna jernih atau kekuningan tetapi bergantung kepada apa yang sudah kalian minum. Selaim itu urin tidak mengandung protein maupun glukosa atau batu ginjal. Frekuensi pengeluarannya juga tidak melebihi 4-7 kali sehari juga tidak ada keraguan dalam diri kalian apakah ingin kencing atau tidak.

Jika urin kalian berwarna merah, mengandung glukosa, protein, batu/kristal dan frekuensi pengeluaran urin lebih dari biasanya maka kalian perlu waspada. Mungkin kalian terkena gejala penyakit gagal ginjal, albuminaria atau diabetes. Kalian sebaiknya segera menormalkan kembali minum kalian.

Apabila kalian merasa ada keraguan antara ingin kencing atau tidak, maka itu juga sebagai gejala dehudrasi atau tubuh kalian kurang cairan. Sebaiknya segera minum air jernih secukupnya sampai hilang keraguan tersebut. Ternyata urin juga dapat dijadikan indikasi kesehatan tubuh.

Baca juga artikel :

Penyakit reproduksi manusia dan pola hidup sehat

Feses

Sebagian kalian mungkin asing dengan kata feses. Padahal feses sering kalian keluarkan setiap pagi..hehe.. Yups feses disebut juga tinja.

Feses adalah zat sisa pencernaan yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan memiliki bau khas juga warna. Bau khas tersebut berasal dari proses pembusukan oleh bakteri di dalam usus besar atau kolon.

Menurut tirto.id kandungan feses terdii dari 30% bakeri mati, 10-20% lemak, 10-20% zat anorganik seperti kalsium fosfat dan magnesium fosfat, 2-3% protein dan 30% zat tidak tercerna seperti selulosa atau serat kasar.

Warna, bentuk, dan kandungan air dalam feses menunjukkan kesehatan kalian lho. Warna feses normal biasanya berwarna kuning, tetapi kadang ada juga yang berwarna kehijauan atau gelap. Bila berwarna hijau biasanya makanan yang kalian makan banyak mengandung lemak, bila berwarna gelap biasanya frekuensi pengeluaran fesesnya tidak setiap hari. Jika warna feses merah, putih dan hitam maka kalian perlu waspada dan segera konsultasi dengan dokter karena kemungkinan ada infeksi bakteri atau penyakit lainnya.

Bentuk feses juga menunjukkan kondisi organ pencernaan kalian. Bila feses kalian berbentuk cair itu menandakan penyerapan air di usus besar mengalami gangguan sehingga tidak mampu menyerap sisa air di dalam sisa makanan dan menyrbabkan kandungan air dalam feses tinggi. Gangguan tersebut dapat dikarenakan oleh infeksi bakteri atau juga karena magh kalian kambuh. Nama gangguan atau penyakitnya yaitu diare. Penyakit ini menyebabkan frekuensi buang air besar meningkat bahkan dapat menimbukan dehidrasi dan berbahaya bagi balita. Jadi kalian sebelum makan cuci tangan terlebih dahulu agar mengurangi bakteri yang masuk bersama makanan kalian.

Bila fesesnya terlalu padat maka menujukkan kurangnya kandungan air dalam feses sehingga menyebabkan susah buang air besar. Gangguan ini disebut konstipasi. Penyebabnya dapat disebabkan kurang air minum, sering menahan buang air besar atau makanan kalian kurang serat kasar seperti buah dan sayur. Bila kalian sering konstipasi, dapat menimbulkan bengkak atau luka pada anus kalian sehingga feses kalian berwarna merah karena bercampur darah. Kalian hendaknya makanan yang berserat, cukup minum air dan tidak perlu menahan buang air besar karena kalian sedang main game atau nonton tv.

Baca juga artikel lain :

Contoh sifat dan kelainan yang diturunkan

Penutup

Ternyata ingus, urin dan feses memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kalian dan juga sebagai penunjuk atau indikator bagi kondisi organ tubuh kalian. Kalian hendaknya memperhatikan ketiga hal tersebut dan berprilaku sehat seperti cuci tangan sebelum makan, minum 8 gelas sehari, makan yang teratur dan cukup serat agar  tubuh kalian tetap sehat, dapat beraktivitas normal dan dapat belajar serta berbuat baik juga beribadah. Jika kalian sakit bagaimana kalian dapat mengerjakan itu semua..benar kan?

Sekian artikel mengenai manfaat ingus, urin dan feses. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian dan kalian dapat membagikan artikel ini melalui media sosial kalian dengan tekan tombol lingkaran tiga kecil di bawah artikel ini agar orang lain dapat memperoleh pengetahuan dan manfaat juga. Terima kasih.

Cari artikel di situs IPA MTs

Terjemahkan Artikel

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe