Aplikasi analisis butir soal PG Tsani

APLIKASI ANALISIS BUTIR SOAL PG TSANI

aplikasi analisis butir soal PG tsani
Aplikasi analisis butir soal PG Tsani

Bismillahirrahmaniirahiim.

Assalamualaikum wr wb.

Sebagai seorang guru, menganalisis soal ulangan harian, akhir semester maupun ujian lainnya merupakan satu kebutuhan agar mengetahui apakah soal-soal itu valid atau tidak sehingga dapat dipakai lagi atau tidak. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi yang tepat agar hasil analisisnya bisa tepat.

Aplikasi analisis soal sudah banyak dan mudah diperoleh di internet, tetapi kadang kurang sesuai dengan kebutuhan kita. Oleh karena itu, sebaiknya seorang guru mampu membuat sendiri aplikasi yang sesuai kebutuhannya.

Salah satu program yang dapat dipakai untuk membuat aplikasi adalah microsoft excel. Pada postingan ini, kami akan membagikan aplikasi analisis butir soal PG yang diberi nama TSANI. Anda dapat memdownloadnya di akhir artikel.

Tetapi sebelumnya akan dikenalkan terlebih dahulu apa saja isi dari aplikasi yang sudah kami buat. Berikut ulasannya.

Profil Soal

Profil ini harus diisi secara manual, jika ingin copy paste maka gunakan paste special value, supaya tidak merubah format yang ada, karena aplikasi ini tidak diprotect dengan password.

Data Soal

Merupakan data-data mengenai ujian/ulangan yang harus diisi. isian tersebut antara lain : Nama Ujian, Jenis Ujian, Jumlah soal, Skala ilai, Skor benar, skor salah, skor tidak menjawab, kunci jawaban, hari ujian, tanggal ujian dan tanggal koreksi.

tetapi di dalam sheet ini ada sel yang berwarna merah, maka itu tanda sel tersebut sudah diberi rumus, jadi ga perlu diisi.

Jawaban PG

Merupakan jawaban dari peserta ujian yang harus diisi satu persatu. Di sheet ini hanya mengetikkan jawaban pesertanya saja. setelah itu biarkan aplikasi yang bekerja.

Skor PG

Sheet yang berisi skor dari tiap jawaban peserta ujian, dan jumlah, benar, salah, tidak menjawab , serta skor total juga nilai dari peserta ujian sudah dapat diketahui.

Daftar Nilai

Merupakan rekap nilai dari seluruh peserta, ini dapat menjadi administrasi di dalam buku kerja 3. Selain itu juga dapat diketahui skor dan nilai dari peserta ujian.

Konversi Nilai

Sheet ini merupakan konversi dari nilai awal peserta. pada bagian ini, harus mengisi nilai terendah dan tertinggi yang diinginkan oleh penguji.

Analisis butir soal PG

Lembar kerja ini berisi hasil analisis butir soal pilihan ganda. Aspek yang dianalisis antara lain indeks pembeda soal, tingkat kesukaran dan validitas soal sehingga diharapkan menjadi evaluasi bagi pengguna aplikasi untuk memperbaiki sola yang tidak valid atau terlalu sukar.

Analisis ulangan

Analisis ulangan ini berbeda dengan analisis butir soal, karena hanya menentukan rangking peserta, ketuntasan peserta, daya serap dan standar deviasi dari nilai-nilai peserta sehingga dapat diketahui kemampuan peserta berdasarkan hasil yang diperoleh. Berikut adalah gambarnya.

Program Remedial

Sheet ini menginformasikan kepada pengguna aplikasi tentang peserta yang mengikuti remedial atau tidak. Lihat gambar berikut.

Akhirnya saya mengucapkan terima kasih karena anda berkenan berkunjung ke blog saya dan membaca tulisan ini, mudah-mudahan aplikasi yang saya bagikan bisa bermanfaat dalam memudahkan tugas anda dalam mengkoreksi dan menganalisis soal, serta dapat menambah pengetahuan dan pemahaman anda dalam mengoperasikan Ms Excel. Anda dapat mendownload Aplikasi tsani di link di bawah ini.

Aplikasi Analisis Butir Soal PG Tsani

Silahkan beri tanggapan mengenai aplikasi ini, dan jika ingin dapat postingan dari IPA MTs, silahkan subscribe dengan mengisi alamat email yang aktif. Silahkan baca artikel-artikel lainnya di ipamts.com.

Bagikan artikel :

Translate

Pencarian