Benda Penghantar Listrik dan Hambatan Jenis - IPA MTs

BENDA PENGHANTAR LISTRIK DAN HAMBATAN JENIS

Coba kalian perhatikan kenapa ketika kalian dicubit teman, kalian langsung berteriak?. Hal tersebut karena rasa sakit dari cubitan dihantarkan oleh akson dari sel saraf ke otak dan otak memerintahkan mulut untuk berteriak sebagai respon. Perhatikan pula saat kalian mengisi batu baterai hp. Ketika charger dimasukkan maka arus listrik mengalir melalui kabel menuju hp kemudian mengisi batu baterai hp. Jadi listrik dapat mengalir di dalam benda penghantar listrik. Salah satu benda penghantar listrik yang mudah dijumpai sehari-hari adalah kabel.

Kabel terdiri dari dua bagian yaitu bagian kawat dan penutup. Kawat berfungsi sebagai penghantar arus listrik atau konduktor. Konduktor terbuat dari bahan yang baik dalam menghantarkan listrik. Penutup kabel berfungsi sebagai isolator yang terbuat dari plastik atau karet. Isolator merupakan benda yang tidak dapat menghantarkan listrik. Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa benda penghantar listrik memiliki kemampuan yang berbeda dalam menghantarkan listrik tersebut. Kemampuan tersebut bergantung kepada hambatan jenis benda tersebut.

Artikel kali ini akan membahas tentang jenis-jenis benda penghantar listrik dan hambatan jenis bendanya. So, baca dengan tenang dan santai serta sampai tuntas agar tidak gagal paham. Jika artikel ini bermanfaat kalian dapat bagikannya ke media sosial kalian dan subscribe ke situs ini dengan email kalian lalu lihat pemberitahuan verifikasi di email kalian.

Baca artikel fisika bermanfaat :

Cahaya dan sifat-sifat cahaya

Memahami pengertian dan arus listrik

Memahami rumus medan listrik

Jenis Benda Penghantar Listrik

konduktor baik menghantarkan listrik, semi konduktor kurang baik dan isolator tidak dapat menghantarkan listrik
Jenis-jenis Benda Penghantar Listrik : Konduktor, Semi Konduktor dan Isolator

Listrik dapat mengalir dari satu kutub positif ke kutub negatif melalui benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik. Semakin baik kemampuannya dalam menghantarkan listrik, maka semakin cepat listrik tersebut mengalir. Biasanya logam merupakan benda yang memiliki kemampuan yang baik dalam menghantarkan listrik. So, hati-hati ketika kalian melihat ada kabel yang terbuka penutupnya dan terhubung dengan sumber arus listrik, jangan dipegang karena kalian akan tersengat arus listrik.

Berdasarkan kemampuan menghantarkan listrik, benda dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu :

1. Konduktor Listrik

Benda konduktor ini memiliki kemampuan yang baik dalam menghantarkan listrik. Hal tersebut karena benda tersebut memiliki hambatan jenis yang kecil. Logam sering dipakai sebagai konduktor listrik. Contoh logam konduktor adalah tembaga, perak dan emas. Pemilihan benda sebagai konduktor biasanya berdasarkan harga dan besar hambatan jenisnya. Perak dan emas merupakan logam yang memiliki hambatan jenis kecil tetapi harganya mahal sehingga tidak dipakai sebagai konduktor. Oleh karena itu, tembagalah yang sering dipakai sebagai konduktor di dalam kabel-kabel karena harganya murah dan hambatan jenisnya kecil. Bayangkan jika kawat di dalam kabel adalah emas, kira-kira berapa harga 10 meter kabelnya ya??...

2. Semi Konduktor Listrik

Benda semi konduktor merupakan benda dengan kemampuan menghantarkan listriknya di antara benda konduktor dan isolator atau disebut juga benda setengah penghantar listrik. Benda ini bila diberikan tegangan atau arus rendah, maka dia akan bersifat isolator. Tetapi bila di beri tegangan dan arus tinggi dapat bersifat konduktor. Oleh karena itu, benda ini digunakan sebagai penguat arus, tegangan dan daya listrik. Contoh benda semi konduktor antara lain silikon, germanium, galium arsenide dan karbon. Karbon biasanya digunakan sebagai transistor yang kemudian dirangkai menjadi IC.

3. Isolator Listrik

Isolator adalah benda yang kemampuan dalam menghantarkan listrik sangat buruk atau tidak dapat menghantarkan listrik. Hal tersebut disebabkan oleh elektron atau muatan listrik di dalam benda ini tidak dapat mengalir. Penggunaan isolator pada kabel atau alat-alat elektronik agar arus listrik dihambat alirannya sehingga alat-alat tersebut aman digunakan. Contoh benda isolator adalah karet dan plastik. Jika kalian perhatikan alat-alat elektronik yang digunakan sehari-hari seperti HP, televisi, charger dilapisi oleh plastik atau karet. Benar kan?

Baca juga artikel biologi bermanfaat :

Memahami cara reproduksi hewan dan siklus hidupnya

Memahami fase embrionik dan pasca embrionik

Memahami fenotip, genotip dan sifat gen

Hambatan Jenis Benda Penghantar Listrik

Salah satu faktor memilih benda sebagai konduktor adalah besar hambatan jenis benda tersebut. Nilai hambatan jenis benda menentukan kemampuan menghantarkan listrik dari benda tersebut. Semakin kecil nilai hambatan jenisnya, maka kemampuan menghantarkan listrik akan semakin baik. Nilai hambatan jenis benda dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

No

Nama Benda

Nilai Hambatan Jenis pada Suhu 20oC

(ÎĐm)

Konduktor

1

Alumunium (Al)

2,82 x 10-8

2

Tembaga (Cu)

1,72 x 10-8

3

Emas (Au)

2,44 x 10-8

4

Besi (Fe)

9,71 x 10-8

5

Konstantan

49 x 10-8

6

Nikrom (logam campuran Ni, Fe Cr)

100 x 10-8

7

Platina (Pt)

10,6 x 10-8

8

Perak (Ag)

1,59 x 10-8

9

Tungsen

5,65 x 10-8

10

Air Raksa (Hg)

98 x 10-8

Semi Konduktor

1

Karbon (C)

3,5 x 10-5

2

Germanium

0,5 x 10-5

2

Silikon (Si)

6,4 x 102

Isolator

1

Kaca

1010 - 1014

2

Kuarsa

7,5 x 1017

3

Karet padatan

1013 - 1015

4

Mika

2,0 x 1015

Berdasarkan tabel di atas, benda konduktor yang memiliki nilai hambatan jenis terkecil adalah perak dan tembaga, tetapi perak tidak gunakan dikarenakan harganya yang mahal sehingga tembaga menjadi pilihan terbaik.

Nilai hambatan suatu benda dapat dihitung dengan rumus : 

R = 𝛒.L / A

Keterangan :

  • R adalah hambatan kawat dengan satuan ohm (ðŪ)
  • 𝛒 adalah hambatan jenis kawat dengan satuan Ohm meter (ðŪm)
  • L adalah panjang kawat dengan ssatuan meter (m)
  • A adalah luas penampang kawat dengan satuan meter persegi (m²) ditentukan dengan rumus ⫪r²

Berdassarkan rumus di atas, hambatan suatu benda dipengaruhi oleh hambatan jenis, panjang dan luas penampang bendanya.

Baca artikel lainnya :

Memahami atom, ion dan molekul

Memahami model-model pembelajaran IPA

Memahami tujuan belajar di sekolah

Membuat blog dan artikel di Blogger agar sesuai Google Adssense

Penutup

Demikian penjelasan tentang jenis-jenis benda penghantar listrik dan hambatan jenis benda. Mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Ingat teruslah belajar dan mengerjakan apa yang sudah kalian pelajari, berbuat baiklah kepada orang lain berdasarkan apa yang sudah kalian pelajari.

Lihat Daftar Isi

Kembali ke Halaman Utama

Cari Artikel

Subscribe

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *